Friday, July 12, 2013

PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KERJASAMA INTERNASION

TOR PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN KERJASAMA INTERNASIONAL
(Program Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan UNY Tahun 2013)

A.      PENDAHULUAN
Reputasi perguruan tinggi di dunia internasional, ditentukan salah satunya oleh seberapa banyak perguruan tinggi tersebut menjadi rujukan oleh sesame perguruan tinggi atau oleh para pengguna produk/jasa perguruan tinggi lainnya.  Terkait dengan hal tersebut, publikasi dan promosi menjadi alat yang sangat komunikatif untuk memperkenalkan apa sajayang dihasilkan dan dimiliki oleh perguruan tinggi dan yang dibutuhkan masyarakat. Dengan publikasi lokal dan nasional, pengenalan tersebut hanya sebatas pada masyarakat lokal dan nasional. Dengan publikasi internasional, pengenalan dan promosi akan sampai ke dunia internasional.
Untuk menembus dunia internasional yang sangat kompetitif memerlukan kerja keras, karena di samping kualitas produk/jasa, kemasannya pun juga harus berkualitas internasional. Untuk itu dengan penelitian kerjasama internasional ini, dimungkinkan terjadinya interaksi dan jalinan kerjasama dengan berbagai pihak yang sudah berkiprah di tingkat internsional; dengan demikian dimungkinkan produk penelitian akan dapat memenuhi tuntutan kualitas untuk dipublikasikan ke masyarakat internasional. Sejalan dengan pemikiran tersebut di atas, berikut disajikan rambu-rambu penelitian kerjasama internasional yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK)  UNY pada tahun 2013.

B.      KRITERIA PENELITI DAN PENELITIAN
  1. Tim Peneliti terdiri atas peneliti utama dan anggota berjumlah 3-5 orang. Diutamakan adanya keanggotaan lintas fakultas (antarfakultas).
  2. Penelitian diwajibkan melibatkan mahasiswa secara intensif dalam dalam rangka mendukung penyusunan skripsi /tugas akhir (minimal 2 mahasiswa).
  3.  Seorang dosen hanya diperbolehkan menjadi ketua dalam 1 (satu) judul penelitian dan anggota dalam maksimal 2 (dua) judul penelitian.
  4. Ketua tidak sedang terikat sebagai ketua peneliti dalam penelitian lain yang dibiayai dengan ana internal (DIPA UNY).
  5. Ketua dan anggota peneliti tidak sedang melanjutkan studi.
  6. Ketua tim peneliti adalah penanggung jawab utama dalam penelitian ini. Tanggung jawab tersebut mencakup: akurasi dan keautentikan hasil penelitian, penyampaian dalam pemaparan, dan pertanggungjawaban akademik, serta pertanggungjawaban keuangan.
  7. Perguruan tinggi mitra adalah perguruan tinggi yang memiliki MoU dengan UNY atau akan memiliki MoU di tahun 2013.
  8. MoU tersebut harus dilampirkan dalam proposal penelitian yang sistematika dan tata cara usul penelitiannya terlampir.
  9. Melampirkan Surat Pernyataan Kesediaan Tim Peneliti dari institusi/perguruan tinggi mitra diketahui oleh pejabat dari institusi/perguruan tinggi mitra.
  10. Rincian anggaran biaya disertakan dalam proposal.
  11. Proposal yang lolos seleksi wajib diterjemahkan dalam bahasa Inggris.
C.      TUJUAN
Penelitian Kerjasama Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan jalinan kerjasama dengan berbagai institusi/perguruan tinggi di luar negeri dalam bidang penelitian seiring dengan usaha pengembangan keilmuan.

D.      SIFAT DAN BESAR HIBAH
Hibah ini bersifat kompetitif, diperuntukkan bagi dosen di lingkungan UNY. Proposal akan diseleksi kelayakannya dan akan dipilih yang terbaik. Dana hibah diberikan sebesar Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). Tahun 2013 tersedia alokasi untuk 1 pemenang.

E.       LUARAN
1.       Publikasi/artikel jurnal internasional                        5. Propotipe industri
2.       Prosiding internasional                                                  6. Karya terpakai (desain terpakai)
3.       Hak Paten/HKI                                                                  7. Karya usulan (desain usulan)
4.       Prototipe laboratorium                                                 8. Kebijakan yang diimplementasikan

F.       PEMBIAYAAN PENELITIAN
Anggaran penelitian ini dialokasikan dari DIPA UNY RKPT Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan dengan total dana Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dirinci dengan jelas untuk setiap komponen biaya:
1.       Gaji dan upah, maksimal 30% dari anggaran penelitian.
2.       Peralatan, bahan habis pakai dan transport, maksimal 60%
  • Bahan habis pakai adalah bahan yang dibeli harus jelas nama bahan, spesifikasi bahan, jumlah, harga satuan dan jumlah harga.
  • Peralatan diperlukan untuk melakukan percobaan/penelitian, jelas cara pengadaannya (beli atau sewa), nama alat, jumlah, harga satuan, dan jumlah harga.
3.    Lain-lain, maksimal 10% dari anggaran penelitian, yaitu administrasi, komunikasi, seminar (seminar 
     proposal, instrument dan hasil penelitian), publikasi (laporan, penerbitan, artikel ilmiah, dan dokumentasi).

TABEL PERKIRAAN BIAYA

No
Komponen Pembiayaan
Perkiraan persentase maksimum
1
Gaji dan upah
30
2
Biaya operasional: peralatan habis pakai dan transport
60
3
Lain-lain
10
Jumlah
100

G.     MEKANISME PENGAJUAN DAN SELEKSI PROPOSAL
1.       Mekanisme pengajuan proposal
  • Mengajukan proposal rencana kegiatan penelitian sebanyak 4 eksemplar yang sudah ditandatangani oleh Dekan Fakultas ke KUIK untuk didata dan diteruskan ke LPPM UNY, dengan lembar pengesahan seperti format terlampir pada lampiran 2.
  • Sampul muka plastik putih, sampul belakang kertas warna merah dengan format seperti pada lampiran 1.
  • Proposal penelitian ditulis pada kertas ukuran  A4 dengan huruf Times New Roman/Arial, Font 12, dengan jarak satu setengah spasi.
  • Penulisan proposal mengikuti format dan sistematika yang ditetapkan.
  • Track record ketua tim, minimal mempunyai bidang keahlian yang mendukung dan terkait dengan judul penelitian yang diajukan.
  • Personalia dapat berjumlah 1 orang atau lebih, lengkap dengan biodata masing-masing yang minimal berisi: Nama, tempat dan tanggal lahir, alamat surat, nomor telepon (rumah, kantor, dan handphone), faksimili, e-mail, riwayat pendidikan, riwayat penelitian dan publikasi.
  • Jangka waktu kegiatan penelitian selama 6-8 bulan.
2.       Mekanisme seleksi proposal
Pada prinsipnya pemberian hibah ini didasarkan atas kompetensi antarpengusul. Penilaian dilakukan oleh tim penilai (reviewer) yang terdiri atas Badan Pertimbangan Penelitian dan reviewer independen yang ditunjuk oleh LPPM.

Tahapan dan jadwal seleksi proposal sebagai berikut:

No.
Tahap-tahap
Waktu
Keterangan
1
Sosialisasi/tawaran penelitian
7 Mei
Unggah ke web (online) dan edaran ke fakultas
2
Penerimaan proposal
Selambatnya
31 Mei
Tempat penyerahan KUIK UNY, Rektorat sayap utara lt. 3
3
Penilaian proposal
1-5 Juni
Reviewer LPPM
4
Penetapan dan pengumuman hasil seleksi
6-7 Juni
KUIK melalui pengunggahan online dan surat
5
Penandatanganan kontrak
28 Juni
LPPM UNY
6
Seminar instrumen

LPPM UNY
7
Pelaksanaan penelitian
Mei-Oktober

8
Monitoring Penelitian dan laporan kemajuan
September
LPPM UNY
9
Seminar hasil
20-30 Oktober
LPPM UNY
10
Pengumpulan Laporan
Selambatnya
20 November
KUIK UNY

No comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

Post a Comment