Thursday, March 21, 2013

Pengertian Game


Game
Game adalah suatu hiburan yang menarik pada manusia. Jika dahulu game hanya menjadi monopoli anak kecil, lain halnya dengan yang terjadi sekarang. Yang namanya game saat ini sudah bisa dibilang sebagai mainan universal. Mulai dari balita, anak muda sampai dengan orang dewasa pun sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya game. Jika dahulu orang mungkin hanya mengenal GameWatch ataupun GameBoy, saat ini orang dapat memilih beragam media permainannya. Untuk bermain game, saat ini tinggal memilih, ingin memakai komputer dekstop (PC) atau melalui laptop, atau dapat juga melalui perlengkapan game pabrikan seperti PlayStation atau Xbox. Bahkan saat ini PlayStation juga telah mengeluarkan perlengkapan game-nya tersebut dalam versi personal, yang disebut PSP. Sepintas, PSP sendiri mungkin mengingatkan kita pada era GameBoy, dimana sebuah game dapat dimainkan dimana pun melalui sebuah alat yang ukurannya hanya agak lebih besar dari sebuah handphone. Perlengkapan pendukung permainan yang ditawarkan pun sekarang sangat beragam, mulai dari mouse & keyboard standart, QuickCam, headset, joystick, gamepad, racing wheel, PlayGear, dan lain sebagainya.
Game pun dibuat dengan berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari level ‘Beginner’ sampai dengan ‘Advance’-pun dibuat untuk disesuaikan dengan tingkat kemahiran si pemain. Kalau sudah begini, maka game-pun mungkin juga sudah dapat dimainkan oleh balita hingga orang dewasa. Masing-masing telah dibuatkan porsi permainan mereka. Masih tentang porsi permainan, tidak hanya tingkat kesulitan saja yang disediakan secara beragam. Tipe permainan sendiri juga disediakan secara beragam. Mulai dari ‘career’ atau yang bersifat karir personal, hingga yang bersifat kompetisi dimainkan dengan banyak kompetitor atau musuh juga ada. Dan yang semakin menarik lagi dari perkembangan game adalah sifat personalisasi. Entah itu dalam jenis game logika, balapan, perang hingga sepakbola, setiap pemain dimungkinkan untuk mendandani mobil, atau mengatur siasat perang, atau juga menyusun team atau kesebelasan sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Hal yang sangat luar biasa, karena pemain diijinkan untuk mempersonalisasikan diri mereka dalam setiap game yang dimainkan. Hal ini semakin mendekatkan imajinasi pemain ke dalam bentuk real virtual sebuah game. (Sumber: unikom.ac.id/searchq=game)
  
Metode Linear Congruent Method
Bilangan acak yang dibangkitkan oleh komputer merupakan bilangan acak semu, karena pembangkitannya menggunakan operasi – operasi aritmatika. Banyak algoritma atau metode yang di gunakan untuk membangkitkan bilangan acak .Linear Congruent Method (LCM) merupakan metode pembangkitkan bilangan acak yang banyak digunakan dalam program komputer.LCM memanfaatkan model linear untuk membangkitkan bilangan acak yang didefinisikan dengan :
I (n+1) =(aI (n)+c) mod m
Dimana:  n = adalah bil acak ke n
   a dan c adalah konstanta Linear Congruent Method.
   m adalah batas maksimum bilangan acak.
Keunggulan dari algoritma ini adalah kecepatannya yang baik, dikarenakan operasi yang dilakukan hanyalah beberapa operasi manipulasi bit saja. (Sumber. Membangkitkan Bilangan Acak Menggunakan Matlab,2004)
Metode Linear Congruent Method disusun oleh elemen-elemen berikut:
1.      Himpunan kandidat
Berisi elemen-elemen pembentuk solusi.
2.      Himpunan solusi
      Berisi kandidat-kandidat yang terpilih sebagai solusi  persoalan.
3.      Fungsi seleksi (selection function)
Memilih kandidat yang paling memungkinkan mencapai solusi optimal. Kandidat yang sudah dipilih pada suatu langkah tidak pernah dipertimbangkan lagi pada langkah selanjutnya.  
4.      Fungsi kelayakan (feasible)
Memeriksa apakah suatu kandidat yang telah dipilih dapat memberikan solusi yang layak, yakni kandidat tersebut bersama-sama dengan himpunan solusi yang sudah terbentuk tidak melanggar kendala (constraints) yang ada. Kandidat yang layak dimasukkan ke dalam himpunan solusi, sedangkan kandidat yang tidak layak dibuang dan tidak pernah dipertimbangkan lagi.  
5.      Fungsi obyektif, yaitu fungsi yang memaksimumkan atau meminimumkan nilai solusi (misalnya panjang lintasan, keuntungan, dan lain-lain).
Namun adakalanya optimum global merupakan solusi sub-optimum atau pseudo-optimum. Alasan:
1.      Metode LCM tidak beroperasi secara menyeluruh terhadap semua alternatif solusi yang ada (sebagaimana pada metode exhaustive search)
2.      Pemilihan fungsi seleksi Mungkin saja terdapat beberapa fungsi seleksi yang berbeda, sehingga kita harus memilih fungsi yang tepat jika kita ingin algoritma bekerja dengan benar dan menghasilkan solusi yang benar-benar optimum.
Karena itu, pada sebagian masalah metode LCM tidak selalu berhasil memberikan solusi yang benar-benar optimum. Jika jawaban terbaik mutlak (benar-benar optimum) tidak diperlukan, maka metode LCM sering berguna untuk menghasilkan solusi yang menghampiri (approximation) optimum, daripada menggunakan algoritma yang lebih rumit untuk menghasilkan solusi yang eksak.


 Susun Kata Acak 
Permainan ini merupakan permainan sederhana, dimana user harus menyusun huruf-huruf menjadi satu bagian dan membentuk sebuah kata yang sesuai dengan kumpulan huruf dimaksud.
Dalam Permainan ini diharapkan pemain harus cepat dan tangkas dalam menentukan pergerakan dalam menyusun sebuah kata yang acak dan kata-kata tersebut harus disatukan dengan benar. Semakin cepat permainan semakin baik karena skor yang anda miliki akan semakin tinggi. Kejelian pemain sangat menentukan karena semakin lama permaian otomatis tingkat kesulitan pemain akan semakin meningkat dengan bertambahnya rintangan dan level permainan.


No comments:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.