Friday, November 15, 2013

Pengertian TIM Kerja

Pengertian TIM Kerja  - Menurut Drs. H. Melayu SP. Hasibuan (2001:72)
“Pendelegasian wewenang adalah memberikan sebagian pekerjaan atau wewenang oleh delegator (pemberi wewenang) kepada degate (penerima wewenang) untuk dikerjakannya atas nama delegator”.

Dengan adanya pendelegasian wewenang karyawan atau pegawai dapat melaksanakan aktifitas atau pekerjaannya dengan baik dan mengambil tindakan atau memutuskan suatu hal tanpa menunggu perintah dari atasan. Sehingga dapat mencapai efektivitas kerja karyawan atau pegawai sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh perusahaann.

Menurut Yuli (2009:67), Efektivitas menunjukkan kemampuan suatu perusahaan dalam mencapai sasaran-sasaran (hasil akhir) yang telah ditetapkan secara tepat. Pencapaian hasil akhir yang sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan dan ukuran maupun standar yang berlaku mencerminkan suatu perusahaan tersebut telah memperhatikan efektivitas operasionalnya.

Menurut Stephen, Timothy (2008:406) ; Tim Kerja adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi dari pada jumlah masukan individual. Menurut Allen (2004:21) Hal ini memiliki pengertian bahwa kinerja yang dicapai oleh sebuah tim baik dari pada kinerja perindividu di suatu organisasi ataupun suatu perusahaan. Pekerja tim atau tim kerja adalah orang yang sportif, sensitif dan senang bergaul, serta mampu mengenali aliran emosi yang terpendam dalam tim dengan sangat jelas.

Tim kerja menghasilkan sinergi positif melalui usaha yang terkoordinasi. Usaha-usaha individual mereka menghasilkan satu tingkat kinerja yang lebih tinggi dari pada jumlah masukan individual. Penggunaan tim secara ekstensif menghasilkan potensi bagi sebuah organisasi untuk membuahkan banyak hasil yang lebih besar tanpa peningkatan masukan. Kinerja tim akan lebih unggul dari pada kinerja individu jika tugas yang harus dilakukan menurut keterampilan ganda.

Menurut Richard L. Darf (2003:171)
Sebuah tim (team) adalah sebuah unit yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang berinteraksi dan mengkoordinasi pekerjaan mereka untuk menyelesaikan sebuah tugas yang spesifik. Definisi ini mempunyai tiga komponen yaitu :

1. Diperlukan 2 orang atau lebih tim dapat cukup besar walaupun kebanyakan kurang dari 15 orang
2. Orang dalam sebuah tim melakukan interaksi secara teratur. Orang yang tidak berinteraksi, dan tidak 
    membentuk sebuah tim
3. Orang dalam sebuah tim terbagi sebuah tujuan berkinerja.

Tabel Perbedaan antara Kelompok dan Tim
Kelompok
Tim
Memiliki pemimpin yang ditunjuk
Berbagi peran kepemimpinan
Akuntabilitas Individual
Akuntabilitas mutual danIndividu
Tujuan kelompok dan organisasi sama
V isi atau tujuan khusus tim
Hasil kerja Individual
Hasil Kerja Kolektif
Mengadakan pertemuan-pertemuan efisien
Pertemuan-pertemuan mendorong diskusi terbuka
Efektifitas secara tidak langsung diukur oleh pengaruh bisnis
Efektifitas secara langsung diukur dengan menikai kerja kolektif
Mendiskusikan,memutuskan, mendelegasikan, pekerjaan untuk para individu
Mendidskusikan, memutuskan, pekerjaan
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com