Thursday, March 21, 2013

Perpindahan Kalor


Perpindahan Kalor
Kalor berpindah dan benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah.Perpindahan kalor terdiri dari : konduksi, koveksi, Radiasi.
       a. Perpindahan Kalor Secara Konduksi
Perpindahan kalor secara konduksi adalah perpindahan kalor tanpa disertai oleh perpindahan partikel-partikelnya. Salah satu contohnya adalah dengan memanaskan sebuah sendok maka dalam beberapa waktu ujung sendok yang lain akan terasa panas. Kemampuan benda menghantar panas dibagi atas : Konduktor, semi konduktor dan isolator. Konduktor adalah penghantar panas yang baik, contohnya baja, besi, tembaga dan sebagainya. Isolator adalah penghantar panas yang buruk, contohnya karet, plastik, kayu dan sebagainya.
       b. Perpindahan Kalor Secara Konveksi
                 Perpindahan kalor secara konveksi adalah perpindahan yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat di dalam fluida itu sendiri. Salah satu contohnya adalah konveksi yang terjadi pada saat kita memasak air maka akan terlihat ada air pada bagian bawah akan naik kebagian atas karena perbedaan suhu.
c. Perpindahan kalor Secara Radiasi
                 Perpindahan kalor secara radiasi adalah perpindahan kalor tanpa zat perantara, contohnya adalah sinar matahari yang sampai kebumi.

Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com