Pencarian BFS dan DFS Tidak Mendapatkan Solusi : Apabila node (keadaan) pada pohon pelacakan BFS dan DFS tidak dapat dikembangkan lagi untuk mendapatkan node baru (keadaan baru) dan solusi belum didapatkan, maka pencarian BFS dan DFS tidak mendapatkan solusi. Atau dengan kata lain, permasalahan yang sedang diselesaikan tidak memiliki solusi.
Pencarian Terbimbing (Heuristic Search) : Heuristic search
adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti menemukan /
menyingkap. Heuristic adalah suatu
perbuatan yang membantu kita menemukan jalan dalam pohon pelacakan yang
menuntut kita kepada suatu solusi masalah. Heuristic
dapat diartikan juga sebagai suatu kaidah yang merupakan metoda / prosedur yang
didasarkan kepada pengalaman dan praktek, syarat, trik atau bantuan lainnya
yang membantu mempersempit dan memfokuskan proses pelacakan kepada suatu tujuan
tertentu.
Pencarian
terbimbing (heuristic search)
dibutuhkan karena pencarian buta (blind search) tidak selalu dapat diterapkan
dengan baik, hal ini disebabkan waktu aksesnya yang cukup lama serta besarnya
memori yang diperlukan. George Poyla mendefinisikan heuristik sebagai studi
metode dan kaidah penemuan. Dalam pencarian ruang keadaan, heuristik dinyatakan
sebagai aturan untuk melakukan pemilihan cabang-cabang dalam ruang keadaan yang
paling tepat untuk mencapai solusi permasalahan yang dapat diterima. Heuristic dapat digunakan pada beberapa
kondisi berikut ini :
1. Mengatasi
combinatorial explosion.
Ada
masalah yang kemungkinan arah penyelesaiannya berkembang pesat (bersifat
faktorial) sehingga menimbulkan combinatorial
explosion. Heuristic merupakan cara untuk menentukan kemungkinan arah
penyelesaian masalah secara efisien.
2. Solusi
paling optimal mungkin tidak diperlukan.
Dalam
suatu keadaan, mungkin lebih baik mendapatkan solusi yang mendekati optimal
dalam waktu yang singkat daripada solusi yang paling optimal dalam waktu yang
lama.
3. Pada
umumnya hasilnya cukup baik.
Sekalipun
tidak optimal, tetapi biasanya mendekati optimal.
4. Membantu
pemahaman bagi orang yang menyelesaikan persoalan.
Banyak
alternatif heuristic yang dapat
diterapkan dalam suatu percobaan. Orang yang menyelesaikan persoalan tersebut
akan lebih mengerti persoalannya jika mencoba heuristic yang diterapkannya.
Sayangnya, seperti
semua kaidah penemuan lainnya, heuristik juga dapat salah. Heuristik hanyalah
panduan informasi untuk menebak langkah berikutnya yang harus diambil dalam
menyelesaikan suatu permasalahan, dan sering dilakukan berdasarkan
eksperimen/percobaan atau secara intuisi. Oleh karena, menggunakan informasi
yang terbatas, heuristik jarang dapat memprediksi tingkah laku yang eksak dari
ruang keadaan saat dilakukan pencarian. Heuristik dapat membimbing algoritma
pencarian untuk mendapatkan solusi suboptimal atau gagal menemukan solusi
apapun, karena tidak ada solusi yang dapat menuju keadaan akhir.
Representasi Pengetahuan
Penyelesaian suatu permasalahan dalam AI membutuhkan
pengetahuan yang cukup. Tidak hanya itu, sistem juga harus memiliki kemampuan
unuk menalar. Basis pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan penalaran
merupakan bagian terpenting dari sistem yang menggunakan AI. Meskipun suatu
sistem memiliki banyak pengetahuan, namun apabila tidak memiliki kemampuan
untuk menalar, tentu akan menjadi percuma saja. Demikian pula sebaliknya,
apabila suatu sistem memiliki kemampuan yang sangat handal untuk menalar, namun
basis pengetahuan yang dimilikinya tidak cukup, maka solusi yang diperoleh pun
menjadi tidak maksimal.
Pohon
Pohon
merupakan struktur penggambaran secara hirarkis. Struktur pohon terdiri dari
node-node yang menunjukkan objek dan arc
(busur) yang menunjukkan hubungan antar objek. Contoh struktur pohon seperti
terlihat pada gambar 2.5 berikut ini.
.Node-node pada pohon mencakup nama list
dan arc yang menunjukkan hubungan
antar node. Struktur atau grafik ini
disebut pohon karena mempunyai cabang-cabang. Tapi cabang dari pohon yang
terbalik, berbeda dengan pohon yang sebenarnya. Pohon sangat umum dipakai untuk
menggambarkan pengetahuan yang akan digunakan dalam AI.
Jaringan
Semantik
Jaringan semantik merupakan gambaran
pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek. Jaringan
semantik terdiri dari lingkaran-lingkaran yang menunjukkan objek dan informasi
tentang objek-objek tersebut. Objek bisa berupa benda atau peristiwa.
Salah satu kelebihan dari jaringan
semantik adalah ‘bisa mewariskan’. Sistem jaringan semantik ini selalu
tergantung pada jenis masalah yang akan dipecahkan. Jika masalah itu bersifat
umum, maka hanya memerlukan sedikit rincian. Jika ternyata masalah itu banyak
melibatkan hal-hal lain, maka di dalam jaringan awalnya diperlukan penjelasan
yang lebih rinci lagi.
Flowchart
Pengertian Flowchart
Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah
dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer
untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong
dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah
penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan
dievaluasi lebih lanjut.
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan
urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya (Irma, 2008). Gambaran
ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan
proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis
penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.