HARGA DAN OUTPUT DALAM PASAR
· Suatu industri dikatakan bersaing sempurna (perfectly competitive) jika:
1. Terdiri dari sejumlah besar penjual yang independen dari suatu komoditi, masing-masing memiliki kekuatan yang terlalu kecil untuk mempengaruhi harga komoditi yang bersangkutan
2. Produk homogen (sejenis/identik)
3. Terdapat mobilitas yang sempurna dari sumber-sumber daya, sehingga perusahaan-perusahaan bisa masuk dan keluar ke dalam industri yang bersangkutan dalam jangka panjang tanpa harus menghadapi kesulitan, sehingga perusahaan yang bersaing secara sempurna adalah suatu pengikut harga (price taker) dan dapat menjual setiap jumlah komoditi dengan harga pasar yang berlaku.
4. Tidak ada regulasi pemerintah
· Suatu perusahaan memaksimalkan jumlah keuntungan dalam jangka waktu pendek apabila perbedaan (positif) antara jumlah pendapatan (total revenue/TR) dan jumlah biayanya (total cos / TC) adalah yang paling besar, dimana :
TR = Pq . Q dan TC = Px . X, sehingga:
p = TR - TC
· Pada pasar persaingan sempurna perusahaan akan menjual komoditinya dalam kuantitas seberapapun menurut harga yang berlaku, sehingga keuntungan maksimal jangka pendek pada saat P = MR = MC (MC naik).
· Jika dalam perusahaan dalam industri yang bersaing sempurna bisa menciptakan keuntungan jangka pendek, maka dalam jangka panjang akan semakin banyak perusahaan yang memasuki bidang industri tersebut, keseimbangan jangka panjang perusahaan akan berproduksi dimana pada saat P = LAC yang terendah.
· Jika output dari industri menjadi bertambah karena perusahaan banyak memasuki industri dan semakin banyak faktor produksi diminta dalam jangka panjang, maka mungkin saja harga-harga dari faktor itu akan konstan, naik , dan turun
1. Kurva penawaran jangka panjang dari suatu industri dengan biaya konstan (constan cost industry) akan berbentuk horisontal
2. Kurva penawaran jangka panjang dari suatu industri dengan biaya naik (increasing cost industry) akan semakin naik.
3. Kurva penawaran jangka panjang dari suatu industri dengan biaya turun (decreasing cost industry) akan menurun.
· Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari beberapa macam struktur pasar seperti pasar monopoli ( hanya ada satu penjual sebagai penentu harga), oligopoli, monopolistik, dan lainnya. Dalam pasar monopoli harga ditentukan oleh satu penjual yang berkuasa dan keuntungan maksimum diperoleh saat MR = MC
Contoh soal :
Jika TC jangka pendek dari suatu perusahaan untuk
berbagai tingkat output adalah sebesar nilai-nilai dalam tabel dan P = $ 8 maka
keuntungan maksimal perusahaan ?
Q
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
6,5
|
7
|
8
|
TC
|
8
|
20
|
23
|
24
|
25,40
|
28
|
32
|
35,10
|
40
|
64
|
Jawab :
Q
|
P ($)
|
TR ($)
|
TC ($)
|
p ($)
|
0
|
8
|
0
|
8
|
-8
|
1
|
8
|
8
|
20
|
-12
|
2
|
8
|
16
|
23
|
-7
|
3
|
8
|
24
|
24
|
0
|
4
|
8
|
32
|
25,40
|
6,60
|
5
|
8
|
40
|
28
|
12
|
6
|
8
|
48
|
32
|
16
|
6,5
|
8
|
52
|
35,10
|
16,90
|
7
|
8
|
56
|
40
|
16
|
8
|
8
|
64
|
64
|
0
|
Tingkat output yang memaksimalkan keuntungan bagi
perusahaan dapat dilihat pada grafik. TR adalah garis positif melandai lurus
pada titik asalnya karena P konstan pada $ 8. Pada output < 8 TC > TR dan
mengalami rugi. Pada output 3 dan 8, TR = TC dan perusahaan pada keadaan BEP.
Dan di antara 3 dan 8 mengalami keuntungan, keuntungan maksimal pada output 6,5
dengan asumsi TR melebihi TC dengan jumlah $ 16,90.
SOAL LATIHAN
1. Selesaikan persamaan di bawah ini dan
carilah berapa harga, jumlah barang dan keuntungan yang akan diperoleh produsen
yang berada pada pasar persaingan sempurna :
P = 100 – 4Q
TC
= 50 + 20Q
Jawab :
2. Dengan data yang tercantum pada tabel
berikut, carilah AFC, AVC, AC dan MC kemudian gambarkan grafiknya.
Q
|
TFC
|
TVC
|
TC
|
0
|
$ 100
|
$ 0
|
$ 100
|
1
|
100
|
100
|
200
|
2
|
100
|
150
|
250
|
3
|
100
|
250
|
350
|
4
|
100
|
400
|
500
|
5
|
100
|
600
|
600
|
Jawab :
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.