Pada saat kita menerima telepon ataupun informasi dari suatu perusahaan yang kita lamar, dimana Perusahaan memanggila Saudara untuk hadir pada Hari..... tanggal......Jam.....untuk menghadiri dan melaksanakan test Wawancara, maka ada baiknya Saudara membaca sedikit Artikel ini karena sangat berarti untuk saudara. Persiapan Untuk menghadapi Wawancara, agar Kelak semoga diterima di perusahaan yang Saudara Idam-idam kan sesuai dengan posisi atau jabatan yang anda lamar. terima kasih.
11.1 Arti Penting Wawancara
Wawancara
merupakan salah satu cara yang sangat penting bagi suatu perusahaan untuk
menjaring pelamar yang ada. Jumlah pelamar pada umumnya jauh lebih banyak
daripada posisi atau lowongan yang tersedia. Oleh karena itu, dibutuhkan alat
penyaring/alat seleksi yang dapat menemukan orang-orang yang paling cocok untuk
menempati posisi tersebut. Mengingat ketatnya seleksi dari perusahaan, seorang
pelamar mungkin saja diwawancarai lebih dari satu kali.
Berbagai
aspek, khususnya aspek kepribadian, baik secara verbal maupun nonverbal, sejak
memasuki ruang wawancara akan diperhatikan oleh pewawancara. Aspek-aspek
kepribadian (personality aspects) yang
akan dinilai mencakup :
-
Penampilan
secara fisik
-
Gerak-gerik
dan sopan santun
-
Rasa
percaya diri
-
Inisiatif
-
Kebijaksanaan
-
Tanggap
dan kerja sama
-
Ekspresi
wajah
-
Kemampuan
berkomunikasi
-
Sikap
terhadap pekerjaan
-
Selera
humor
11.2 Persiapan Wawancara
Mengingat
pentingnya wawancara dalam memasuki dunia kerja, sudah selayaknya pelamar
mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Berikut merupakan berbagai hal yang
perlu diperhatikan saat melakukan wawancara kerja :
- Datang tepat waktu
- Bersikap yakin
- Siapkan sertifikat diploma, dan
surat-surat penghargaan
- Berpakaian yang rapi dan sopan
- Bersikap tenang
- Ketuk pintu sebelum memasuki ruang
wawancara, kecuali jika ada yang mengantar
- Tersenyumlah, tetapi jangan tersenyum
terus
- Tunggu sampai dipersilakan duduk,
atau mintalah izin untuk duduk
- Ingat nama pewawancara dengan benar
- Tataplah pewawancara saat berbicara
- Tunjukkan kemampuan diri tetapi
jangan berlebihan
- Perhatikan pertanyaan pewawancara
dengan baik
- Bicaralah dengan jelas
- Atur nada suara
- Tunjukkan minat dan kesungguhan
- Bersikaplah jujur
11.3 Cara Mengenali Pekerjaan dan Perusahaan
Sebelum
melakukan wawancara, perlu dicari berbagai informasi yang berkaitan dengan
pekerjaan yang dilamar dan perkembangan perusahaan yang bersangkutan. Informasi
dapat diperoleh dari berbagai publikasi resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan
tersebut, baik yang berbentuk jurnal, majalah, atau buletin.
Wawancara
sebagai bentuk komunikasi dua arah (two-way communication) merupakan kesempatan
yang baik bagi pelamar untuk menanyakan secara langsung berbagai hal mengenai
pekerjaan dan perusahaan kepada pewawancara. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat
diajukan antara lain :
- Apa tugas dan tanggung jawab dari
pekerjaan yang dilamar
- Bagaimana kebijakan perusahaan
mengenai promosi
- Bagaimana kesempatan berkembang dalam
perusahaan
- Apakah tersedia program pelatihan
bagi pegawai baru
- Apa yang menjadi produk unggulan
perusahaan
- Siapa pesaing utama perusahaan
- Bagaimana pangsa pasar bagi produk-produk yang diproduksi perusahaan
11.4 Pertanyaan Penting Dalam Wawancara
Dalam
wawancara, berbagai pertanyaan akan diajukan kepada pelamar sehingga pelamar sehingga
pelamar harus benar-benar mempersiapkan diri agar bisa menjawab semua
pertanyaan yang diajukan dengan baik dan benar. Pertanyaan-pertanyaan dalam
wawancara bisa berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar, program pelatihan dan
pendidikan yang pernah diikuti, pengalaman kerja, pergaulan antarsesama,
penilaian kepribadian, hobi, kepribadian, latar belakang keluarga, dan tujuan
karier.
11.5 Tindak Lanjut Wawancara
1. Ucapan terima kasih
Apa
yang perlu dilakukan setelah wawancara berakhir ? Segera setelah wawancara
usai, berikan ucapan terima kasih kepada pewawancara meskipun kecil
kemungkinannya diterima bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini perlu dilakukan
untuk menunjukkan penghargaan atas waktu yang telah disediakan untuk wawancara.
2. Surat Penerimaan Kerja
Diterima
bekerja dengan jabatan serta di perusahaan yang diinginkan merupakan harapan
setiap orang. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa membuat surat pemberitahuan
dengan baik, dan mengirimkannya sesegera mungkin.
3. Surat Pengunduran Diri
Surat
pengunduran diri (letter declining a job
offer) merupakan surat yang dibuat oleh pelamar kerja atau mereka yang
sudah bekerja, tetapi mendapat atau mengharapkan pekerjaan di tempat lain yang
lebih menguntungkan atau yang menjanjikan prospek yang lebih baik daripada
pekerjaan yang telah ada.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.