Sunday, October 25, 2009

BAB I Pendahuluan Skripsi Teknik Informatika

BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang Masalah
Pada saat ini perkembangan dunia telekomunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya adalah perkembangan dari teknologi telepon selular( handphone). Saat ini fungsi dari telepon selular tidak hanya sebagai alat komunikasi suara tetapi dapat juga sebagai pengaksesan data serta berbagai macam jenis layanan yang dapat dinikmati. Salah satu jenis layanan yang sekarang ini banyak dimanfaatkan adalah Short Message Services (SMS), Multimedia Message Services (MMS), General Package Radio System (GPRS) dan lain sebagainya. Semua fasilitas yang disediakan merupakan perkembangan industri telekomunikasi. 

Walaupun fitur atau berbagai jenis layanan yang ditawarkan telepon selular terus berkembang secara pesat, tetapi masyarakat masih menyukai fitur SMS sebagai layanan yang murah dan mudah. Disamping murah dan mudah, SMS merupakan layanan yang dipunyai oleh semua tipe telepon selular. SMS merupakan jenis layanan informasi yang pengiriman datanya dibatasi sebanyak 160 karakter. Dan untuk pembuatan tugas akhir kali ini di pilih salah satu aplikasi yang berbasiskan SMS yaitu dengan membuat aplikasi SMS polling.

Polling adalah salah satu metode untuk mencari data, sehingga data tersebut dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan atau kesimpulan terhadap suatu pernyataan atau pertanyaan yang di ajukan kepada responden polling. Metode polling merupakan metode yang relatif mudah, sederhana, dan cukup efisien waktu. Dan dari realita yang ada maka penulis mencoba untuk membuat sebuah aplikasi SMS polling, yang diharapkan dari pembuatan aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan yang ada.

Dalam tugas akhir ini fitur SMS dimanfaatkan untuk mengetahui informasi siapakah dosen yang paling di gemari di fakultas teknik informatika UISU (Universitas Islam Sumatera Utara). SMS polling ini di gunakan untuk menggantikan angket mengenai data dosen yang prosesnya begitu lama dan kurang akurat, untuk itu di bangunlah aplikasi SMS polling yang akan memudahkan mahasiswa untuk memberikan penilaian terhadap dosen berdasarkan kriteria penguasaan materi pelajarannya.

1.2. Identifikasi Masalah
Perancanagn SMS polling ini di maksudkan untuk memudahkan mahasiswa untuk memberikan penilaian terhadap dosen melalui polling berdasarkan kriteria penguasaan materi pelajarannya tanpa mengisi angket dosen yang prosesnya begitu lama dan kurang akurat.

1.3. Batasan Masalah
Dalam penulisan tugas akhir ini permasalahan yang ada akan dibatasi hanya pada :
  1. Masalah yang dibatasi hanya pada informasi mengenai dosen yang paling di gemari di fakultas teknik informatika UISU berdasarkan kriteria penguasaan materi pengajarannya.
  2. Aplikasi SMS polling yang digunakan untuk melayani pilihan dari pengguna. Komponen yang digunakan untuk membangun infrastruktur adalah MobileFBUS 1.5.
  3. Pemanfaatan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 pada pembangunan infrastruktur SMS polling.
  4. Aplikasi SMS Gateway digunakan untuk menghubungkan telepon selular dengan database server. Pada perancangan ini digunakan database MYSQL
  5. Hasil dari polling di gambarkan dalam bentuk grafik.
1.4. Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
  1. Bagaimana survey/polling dosen terfavorit dapat dilakukan menggunakan aplikasi SMS dan ponsel?
  2. Bagaimana cara mengimplementasikan dan membangun SMS polling?
  3. Bagaimana cara menghubungkan dan mengambil pesan pada ponsel, agar pesan tersebut bisa masuk pada database server.
1.5. Maksud dan Tujuan 
Adapun maksud dan tujuan dari pembuatan tugas akhir ini adalah
  1. Memanfaatkan bahasa pemograman Visual basic 6.0 untuk membangun suatu sistem informasi berbasis SMS.
  2. Memanfaatkan fitur SMS pada setiap ponsel untuk membangun sebuah aplikasi SMS polling.
  3. Mamanfaatkan database server yaitu MYSQL sebagai penyimpanan pesan yang masuk pada telepon selular.

1.6. Metodologi 
Metodologi dalam pembuatan tugas akhir ini adalah metodologi dengan pendekatan terstruktur, adapun teknik-teknik yang digunakan tersebut adalah sebagai berikut:

1. menentukan topik permasalahan
sebelum membuat tugas akhir ini terlebih dahulu penulis menentukan topik yang akan dibahas. Lalu mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan topik permasalahan

2. Studi Literatur
Studi literature atau studi pustaka ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan mencari teori – teori yang mendasari dan berkatian dengan pembuatan tugas akhir.

3. Tahapan Identifikasi topik
Tahapan identifikasi topik merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam tahap analisis sistem. Masalah-masalah yang diidentifikasi sebagai pertanyaan yang akan dipecahkan pada penulisan tugas akhir 

4. Tahap analisa sistem
Tahap ini merupakan tahap untuk menganalisa sistem informasi yang ada pada SMS polling. Cara yang dilakukan untuk menganalisa sistem tersebut adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan dan pengumpulan data yang diperlukan oleh kebutuhan sistem yang akan dibangun. Alat yang dipakai dalam menganalisa sistem tersebut adalah diagram prosedur dan diagram arus data (DAD)

5. Tahapan desain dan perancangan
Tahap desain dan perancangan ini meliputi perancangan struktur sistem, perancangan user interface, dan perancangan database.

6. Implementasi
Tahapan ini merupakan implementasi dari semua analisa dan perancangan yang telah dibuat. Tahap ini juga meliputi pembuatan program yang akan diimplementasikan. Dalam tahap ini program Bantu yang akan digunakan untuk pembuatan user interface dan aplikasi SMS polling adalah Visual Basic 6.0 serta MYSQL untuk database servernya.

7. Testing
Tahapan ini merupakan tahapan paling akhir dalam pembuatan tugas akhir. Pada tahap ini semua program yang telah dibuat akan diuji coba dan selanjutnya akan dipersentasikan.

1.7. Sistematika Isi
Berikut adalah sistematika penulisan tugas akhir adalah:

BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan di paparkan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan masalah dari pembuatan tugas akhir. Di bab ini juga akan berisi metode-metode yang digunakan dalam pengumpulan data yang diperlukan, serta terdapat juga sistematika isi dari penulisan tugas akhir ini.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini berisi tentang teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan yang akan dibahas pada pembuatan tugas akhir. teori-teori yang dikemukakan yaitu perancangan SMS polling, perancangan user interfacenya dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan teori yang membahas tentang penggunaan database servernya yaitu MYSQL.

BAB III METODE
Dalam bab ini dijelaskan tentang waktu pelaksanaan penelitian,alat dan bahan yang digunakan dan metode penyelesaian masalah

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini berisi tentang bagaimana mengimplementasikan aplikasi yang telah dibuat. Serta melakukan analisa dan pembahasan hasil keseluruhan proses pembuatan program pada tugas akhir.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran pada pembuatan tugas akhir.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com