Wednesday, March 13, 2013

FLUOR DALAM PASTA GIGI ANAK

FLUOR DALAM PASTA GIGI ANAK : Telah banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya fluor untuk mencegah terjadinya karies atau menghentikan karies dini. Proses karis menjadi lambat atau berhenti pada orang yang tinggal di daeah yang mengalami fluoridasi (penambahan fluor ke dalam air minumnya) atau yang mendapatkan tambahan fluor melalui berbagai cara baik secara sistematik maupun secara lokal. Pemakain fluor secara lokal yang biasa dilakukan sehari-hari adalah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor. Pasta gigi dapat didefenisikan sebgai suatu bahan yang dipakai bersama sikat gigi untuk membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan yati alba, film, food debris dan stain dari permukaan gigi. Menurut American Council on Dental Therapeutics (1970) pasta gigi adalah suatu bahan yang digunakan dengan sikat gigi untuk membersihkan tempat-tempat yang dapat dicapai. Saat ini hampir seluruh pasta gigi yang beredar di masyarakat, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, mengandung fluor.

Klasifikasi Pasta Gigi
Semula pasta gigi hanya digunakan untuk mendapatkan efek kosmetik, yaitu membersihkan dan mengkilatkan gigi. Menurut kegunaannya, pasta gigi dapat dibagi dalam tiga bagian yaitu :
  1. Fungsi kosmetik. Pasta gii kosmetik ini tidak mengandung bahan obat-obatan. Efek penggunaan pasta gigi yang bersifat kosmetik ini adalah untuk
  2. Fungsi kosmetik terapeutik. Penggunaan pasta gigi ini adalah untuk memelihara secara cermat dan menghilangkan plak gigi secara fisis-mekanisme. Efek dari pasta gigi ini adalah sebagai bahan terapi untuk mencegah karies, kalkulus dan menghambat penyakit gingiva
  3. Fungsi terapeutik. Pasta gigi ini mengandung obat-obatan. Fungsi pasta gigi ini adalah membawa obat-obatan ke permukaan gigi atau ke sekitar gigi, misalnya : plak, saliva, dan jaringan mukosa. Efek pasta gigi ini secara klinis dapat mengurangi plak, kalkulus, karies, dan penyakit gingiva, akan tetapi pasta gigi akan berfungsi atau dapat memberikan efek jika obat-obatan tersebut bereaksi secara kimiawi atau secara farmakologi dengan hidroxil apatit. Efek pasta gigi juga tergantung pada ketepatan prosedur atau cara menyikat gigi. Pasta gigi terapeutik ini dibagi lagi dalam dua kelompok, yaitu pasta gigi terapeutik yang tidak mengandung fluor dan pasta gigi terapeutik yang mengandung fluor.
Pasta gigi terapeutik yang tidak mengandung fluor
Ada beberapa macam pasta gigi yang termasuk ke dalam pasta gigi terapeutik yang tidak mengandung fluor, yaitu ;
-          pasta gigi yang mengandung ammonium
-          pasta gigi yang mengandung klorofil
-          pasta gigi yang mengandung antibioktik
-          pasta gigi yang mengandung antienzim
-          pasta gigi yang mengandung oksidator
-          pasta gigi yang mengandung enzim proteolitik

Pasta gigi terapeutik yang mengandung fluor
Penggunaan pasta gigi yang mengandung fluor merupakan suatu cara pengulasan fluor pada gigi yang telah erupsi. Fungsi dari senyawa fluor pada pasta gigi adalah berekasi dengan permukaan email gigi untuk membentuk suatu senyawa email fluor yang lebih sukar larut dalam suasana asam.
Menurut Fejerskov, reaksi dari aplikasi fluor pada permukaan gigi adalah meningkatkan remineralisasi dan mencegah demineralisasi. Ion kimia yang paling penting dan diharapkan banyak diikat oleh hidroxil apatit adalah ion fluor.

 Perbedaan Pasta Gigi Anak dengan Pasta gigi Dewasa
Pembersihan gigi anak dimulai sejak gigi mulai erupsi karena menurut penelitian terakhir yang dilakukan oleh Edwardson dan Mejare (1978), bakteri penyebab penyakit gigi ada di rongga mulut, begitu gigi mulai muncul di rongga mulut.
Pemakaian pasta gigi pada anak dianjurkan setelah anak dapat berkumur dan meludahkan cairan yang terdapat di dalam mulut. Penyikatan gigi ini harus sepengetahuan orang tua, artinya orang tua harus mengawasi anak saat anak menggosok giginya. Pada mulanya pasta gigi yang dipakai sebaiknya pasta gigi yang tidak mengandung fluor. Kemudian, ketika anak sudah dapat berkumur dengan baik, orang tua dapat memberikan pasta gigi yang mengandung fluor.
Namun, jarang sekali kita jumpai pasta gigi untuk anak yang tidak mengandung fluor. Banyak orangtua yang memberikan pasta gigi untuk anaknya sama dengan pasta gigi yang dipakai oleh orang dewasa, hal tersebut bisa terjadi karena harga pasta gigi anak yang lebih mahal dan beranggapan bahwa komposisi pasta gigi untuk anak-anak dan orang dewasa adalah sama, yang membedakannya hanyalah dalam hal rasa, sehingga orangtua lebih menyukai memberikan pasta gigi dewasa untuk anaknya.
Pasta gigi anak, idealnya aman untuk kesehatan giginya, dengan perkataan lain, tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia yang biasanya ada dalam pasta gigi orang dewasa, tetapi mampu bereaksi terhadap plak.
Antara pasta gigi anak dan pasta gigi untuk orang dewasa terdapat beberapa perbedaan, antara lain :
  • Pasta gigi orang dewasa mengandung kadar fluor yang tinggi. Kadar fluor yang tinggi tidak dianjurkan untuk pasta gigi anak karena apabila fluor tertelan dalam jumlah yang banyak bisa mengakibatkan keracunan pada anak. Pasta ggi untuk anak, idealnya mengandung fluor sebanyak 30 % dari jumlah kandungan fluor pada pasta gigi untuk dewasa, berarti mengandung 0,03 % fluor. Diharapkan dengan konsentrasi fluor 0,03 % dapat menghambat proses terjadinya karies.
  • Pasta gigi orang dewasa mengandung deterjen yang cukup kuat. Apabila anak menggunakan pasta gigi untuk orang dewasa yang mengandung bahan ini maka bisa mengakibatkan mulut terasa kering dan perih
  • Pasta gigi orang dewasa biasanya ada yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang merupakan deterjen sintetis yang sangat ampuh untuk membersihkan lantai. Apabila anak memakai pasta gigi yang mengandung bahan tersebut, bahkan bila sampai termakan maka zat ini dapat membuat mulut anak terasa terbakar
  • Pasta gigi orang dewasa biasanya mengandung harsh abrasive yang dapat mengikis lapisan email gigi anak
  • Pasta gigi orang dewasa sering mengandung perasa yang kuat (harsh flavorings) yang justru tidak disukai oleh anak karena meninggalkan rasa yang tidak enak di mulut usai menyikat gigi

Data Pasta Gigi Anak Yang Beredar di Indonesia
            Ada banyak merek pasta gigi anak yang beredar di Indonesia. Setiap merek pasta gigi mengandung komposisi yang secara umum adalah sama, tetapi dalam konsentrasi yang berbeda. Hampir semua pasta gigi anak yang beredar di pasaran mengandung fluor, bahkan kita tidak bisa menjumpai pasta gigi anak yang tidak mengandung fluor.
            Menurut dr. Pankaj Goel, seorang ahli penyakit mulut dari Maulana Azad Medical College, India, pemakaian pasta gigi yang mengandung fluor tidak bleh diberikan pada anak di bawah umur 4 tahun. Maka pasta gigi yang sangat baik dan dianjurkan untuk digunakan oleh anak-anak da adalah pasta gigi dengan merk Macleans Milkteeth yang kandungan fluor yang terdapat di dalammnya hanya sebesar 448,43 ppm, serta tidak menggunakan tambahan rasa, sehingga anak tidak tertarik untuk menelannya.

Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com