METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN PEMBERIAN
KUIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI
PENJUALANSEMESTER 2
SMK NEGERI
7 YOGYAKARTA
Oleh:
Anna Rifatul Hannifah
04301241050
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
meningkatkan motivasi belajar
matematika siswa kelas XI
Penjualan SMK Negeri 7 Yogyakarta jika
selama pembelajaran menggunakan metode ekspositori diberikan kuis.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru. Partisipan penelitian
adalah guru dan siswa kelas XI Penjualan SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah
37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2
pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan, siswa
diberikan kuis yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan siswa
terhadap materi dan memotivasi siswa dalam belajar. Instrumen penelitian terdiri
dari peneliti sebagai instrumen utama, lembar observasi, angket, wawancara, catatan
lapangan, kuis, tes prestasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan
dengan reduksi data, triangulasi, display
data, dan penarikan kesimpulan serta untuk data angket dilakukan analisis data
deskriptif .
Didapat hasil penelitian sebagai berikut. (1) Pelaksanaan
pembelajaran matematika menggunakan mentode ekspositori dengan pemberian kuis
di SMK Negeri 7 Yogyakarata yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika: (a) guru
membimbing siswa dalam memahami materi dan memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya, (b) siswa mengerjakan laithan soal dengan berdiskusi, (c) pemberian
kuis yang dikerjakan oleh siswa secara mandiri dan close book, (d) kuis berupa pertanyaan singkat yang terdiri dari
satu soal yang dikerjakan selama 5 – 10 menit, (e) soal kuis diambil dari
materi yang sudah diajarkan atau materi yang baru saja dipelajari (f) adanya
pemberitahuan dari guru bahwa akan diberikan kuis pada setiap pertemuan. (2) Persentase
skor rata-rata tiap aspek motivasi belajar matematika terhadap skor maksimal
tiap aspek motivasi belajar matematika
ada kenaikan
dari siklus I ke siklus
II, yaitu: (a) motivasi
mengerjakan kuis matematika
dari 66,39% menjadi
70,54%, (b) ketekunan siswa dalam
mengerjakan dan menyelesaikan kuis matematika dari 67,68% menjadi 70,7%, (c) usaha
siswa untuk meningkatkan prestasi belajar dari 54,19% menjadi 66,89%, (d) besarnya
perhatian siswa terhadap kuis matematika dari 65,71% menjadi 70,19%. (3) Rata-rata
hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 55,7 pada siklus I menjadi 66,89
pada siklus II. (4) Berdasarkan angket dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa
motivasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran
ekspositori dengan pemberian kuis.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.