Thursday, October 15, 2009

PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL UNTUK MENYUSUN TUGAS AKHIR ATAUPUN SKRIPSI

1.1 LATAR BELAKANG
Pembangunan kelurahan merupakan bagian integral dari pembangunan daerah dan pembangunan nasional. Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah memberikan kewenangan yang lebih luas kepada daerah, terutama daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan tugas pemerintahn dan pembangunan yang sifatnya multi sektoral. Sebagai wujud kemampuan melaksanakan kewenangan yang merupakan sebagian dari esensi otonomi daerah tersebut, daerah dituntut untuk merumuskan program pembangunan secara komprehensif mulai dari pembangunan tingkat kelurahan hingga Kabupaten/Kota. Program pembangunan yang disusun secara komprehensif sangat membutuhkan informasi yang komprehensif pula yang diperoleh melalui pengolahan data yang akurat.
Secara khusu profil kelurahan sebagai alat pendataan pendataan kelurahan merupakan kumpulan data komprehensif (multi sektor), yang diharapkan dapat mengakomodasikan kebutuhan data bagi pemanfaat data kelrahan. Pendataan kelurahan selama ini dilakukan secara parsial sesuai kebutuhan masing-masing pihak yang melakukannya sehingga kegiatan pembangunan kelurahan juga dilakukan secara parsial, suatu hal yang harus diatasi dengan adanya suatu sistem pendataan yang komprehensif sebagaimana pada profil kelurahan.
Oleh karena itu, dibutuhkan langkah penyempurnaan terhadap data profil kelurahan yang telah ada untuk menghasilkan profil kelurahan yang lebih sistematis, akseptabel dan applikabel. Hal ini dapat dilakukan penyederhanaan mekanisme materi dan pengolahan pendataan, pengembangan sistem pengolahan data yang efektif dan efesien, penyiapan alat pendataan sistem peningkatan kapasitas pengolah data kelurahan. Oleh sebab itu penulis mengangkat judul “Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi data Kependudukan Pada Kantor Kelurahan Sudirejo II Medan”.
1.2 Lokasi Riset dan Ruang Lingkup Masalah
Lokasi riset penulis
Dilihat dari segi atau sistem pelayanan pada kantor kelurahan Sudirejo II untuk ruang lingkup masalah yang dibuat akan menunjuk pada ruang lingup masalah ada beberapa aspek permasalahan yang terkait yaitu :
1. Bagaimana cara merancang pelayanan perancangan perangkat lunak sistem informasi data kependudukan pada kantor kelurahan.
1.3 Batasan Masalah
Agar penyusun tugas akhir ini lebih terarah, maka ruang lingkup penelitian dibatasi sebagai berikut :
1. Untuk mengatehuai kinerja di dalam kantor kelurahan secara mendetail
2. Mengetahui gambaran dari sistem yang sedang berjalan dan menganalisa sistem yang digunakan di kantor lurah yang diteliti.
3. Untuk melakukan kinerja yang membutuhkan perioritas penanganan masalah-masalah politik dan kebangsaan.
1.4 Tujuan
Tujuan yang dicapai dari penyempurnaan sistem pendataan profil kelurahan ini adalah untuk :
a. Menunjang pelaksanaan otonomi/kabupaten kota, khusunya dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan pembangunan kelurahan.
b. Menunjang peningkatan kualitas perencanaan kegiatan pembangunan di kelurahan dan kabupaten/kota.
c. Mendukung terwujudnya trasparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pembangunan atau pengelolaan sumberdaya publik, baik di kelurahan maupun di kabupaten/kota.
1.5 Manfaat
Adapun manfaat atau kegunaan penelitian antara lain :
  1. Membantu masyarakat dalam pelayanan dan perlindungan terhadap masyarakat.
  2. Untuk merumuskan program pembangunan secara komprehendif mulai dari pembanguan tingkat kelurahan hingga kabupaten.
  3. Untuk menghasilkan profil kelurahan yang lebih sistematis dan aplikabel.
  4. Meningkatkan kapasitas pengolahan data di dalam kelurahan.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com