Thursday, October 15, 2009

Apa itu Wide Area Network

Apa itu Wide-Area Network (WAN) ? : WAN itu Jaringan (network) Komputer yang Luas secara geografik. Maksudnya, satu WAN terdiri dari dua atau lebih local-area networks (LAN). LAN itu Jaringan Komputer yang tidak luas, misalnya kebanyakan LAN terbatas di satu gedung atau beberapa gedung saja. 

Komputer-komputer yang disambung ke wide-area network sering disumbunkan melewat jaringan umum (public networks), seperti sistem telepon. Juga dapat menggunakan "leased lines or satellites". WAN yang terbesar adalah Internet.

Hal-Hal WAN (Di Indonesia)
Di Indonesia, seperti di negara lain, Internet berangsur-angsur menggantikan system telekomikasi konvensional di banyak bagian telekomunikasi. Internet tampil sebagai isu utama terhadap telekomunikasi konvensional and industri informasi, walaupun industri konvensional mengambil peran dalam pembangunan. Kenyataannya suatu isu utama yang menjamin kita bahwa kita mempunyai pendukung backbone internet yang memadai untuk kebutuhan sekarang dan masa mendatang. 

Di Indonesia perusahaan-perusahaan besar dan pemerintah menggunakan Local Area Network (LAN) yang dihubungkan ke WAN untuk telekomunikasi yang lebih luas, bisinis dan pelayanan informasi. WAN telah berkembang pesat dan telah dipakai secara luas untuk transfer suara seperti penggunaan Voice over IP technology. Dengan perkembangan pesat dari tehnolgi dan system tanpa kabel (wireless), menjadi mudah untuk penggunakan WAN tanpa kabel (wireless) di kota maupun desa. Hal ini telah digunakan oleh beberapa kota besar dan kecil untuk memperluas dan membangun layanan secara ekonomis. 

Banyak individual umum dan bisnis-bisnis masih menggunakan tehnologi akses Internet Dialup ke Internet Service Provider (ISP). Sementara pelayanan ini layak dipakai dan cukup cepat untuk banyak penggunaan, harga dari penggunaan Dialup merupakan isu utama. Ini merupakan kasus khusus untuk sekolah dan institusi pendidikan yang beroperasi dengan budget minimal. Di Indonesia waktu mengguna telepon lokal dihitung, tidak seperti di Australia, membayar sekali waktu sambung saja. Di Indonesia ongkos telepon per jam jauh lebih besar dari penggunaan ISP (typically 5:1) 

TV Kabel merupakan sarana ekonomis untuk mereka yang ingin mempunyai stasiun TV internasional di rumah atau bisnis mereka. Dengan biaya yang relatip rendah penggunaan 24 jam Internet tanpa batas disediakan. Untuk mereka yang tidak berbahasa Inggris dan jarang memakai Internet, ini dapat menjadi suatu pilihan yang mahal. 

Tehnologi lain untuk mengakses dan mentransfer broadband, high-speed services adalah Digital Subscriber Line (ADSL) dan pasaran ADSL telah berkembang pesat khususnya di rumah-rumah dan bisnis-bisnis kecil karena satu line telepon bisa digunakan untuk telpon dan internet secara berbarengan. Dengan berkembangnya tehnologi dan kemampuan untuk mentransfer apa yang dibutuhkan pelanggan. Isu utama ADSL adalah kualitas dari line, harga langganan untuk penggunaan line dari point of supply and jarak pelanggan. 

Indonesia menyadari kebutuhan untuk berpatisipasi dalam era globalisasi ini dan masa yang datang dalam tahun 2000 pemerintah memperkenalkan peraturan telekomunikasi baru yang mengizinkan persaingan antara pelayanan lokal dan internasional. Indonesia merupakan pasar yang pontensial dan kesempatan bisnis yang bagus untuk pemain bisnis untuk jangka waktu panjang dalam industri tehnologi. 

"Fiber Optics" pada saat ini merupakan media transmisi pilihan untuk backbone broadband multimedia dan akses umum. Yang dialamatkan pada banyak penciptaan kebutuhan dengan peningkatan Internet data traffic dan VOIP. 

Untuk Indonesia beberapa isu kunci adalah: Menjaga keseimbangan dengan perkembangan internasional Prakiraan dan perencenaan untuk kemampunan data masa datang (Future Data Capacity Needs) Bagaimana menghasilkan keseimbanagn antara Keuntungan bisnis dan pengembangan akses komuniti (Business Profits dan Improved Community Access) Pengembangan Industri praktis dan standard (The development of Industry Best Practices and standards) 

WAN (Internet) dan Pendidikan
Ada suatu hal yang penting terhadap WAN (Internet) dan Pendidikan di Indonesia yaitu akses umum (publis access). Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk "semua masyarakat" dan Informasi di dalam Bahasa Indonesia yang bermutu sangat terbatas. Saya sudah mampir ke beberapa situs Internet yang memakai kata rahasia (password) untuk masuk ke situsnya. Informasi pendidikan dan informasi mengenai pendidikan adalah sangat penting dan seharusnya dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang mencarinya. Kalau situs web yang diisi dengan informasi khusus administrasi, seharusnya dibuat bagian khusus untuk Login.

Akuntansi Pertanggung Jawaban
Akuntansi pertanggung jawaban adalah (responsibility accounting ) adalah suatu system yang mengukur hasil pusat- pusat pertanggung jawaban ( responsibility center ) dan membandingkan hasilnya dengan hasil yang diharapkan. Hal 109.

Akuntansi manajemen, mahfud sholihin se ak, m.acc., yokyakarta, BPFE UGM. 2004. Skema penilaian karya umumnya memiliki ciri2 seabagi berikut :
ketentuan skema penilaian kinerja ditetapkan oleh departemen personalia dan penerapannya dilakukan oleh manajer lini.
skema penilaian kinerja berfokus pada hubungan manajer dengan anak buahnya, yang didalamnya mencakup pula kegiatan penerapan sasaran yang akn dinilai.
kegiatan utama dalam skema penilaian kinerja adalah pertemuan penilaian kinerja. Dalam pertemuan tersebut, manajer menilai kinerja anak buahnya. Kinerja bias dinilai sebagai suatu kesatuan menyeluruh atau dari segi atau aspek tertentu dengan membandingkannya dengan skala tertentu.
hasil dari pertemuan tersebut didokumentasikan dalam formulir penilaian. Dalam pendokumentasian ini, sering dikolaborasi untuk menjaga keadilan.
formulir penilaian tersebut disimpan di departemen personalia. Sangat sering dokumen tersebut tidak dibuka- buka lagi kecuali jika diperlukan, misalnya sebagai bukti dalam kasus PHK yang tidak adil. Hal 153.

Sumber data :
data primer yaitu data yang didapat langsung oleh peneliti dari objek penelitian
data sekunder adalah data yang didapat secara tidak langsung dari objek penelitian.

Metode pengumpulan data :
interviu/ wawancara yaitu percakapan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang berhubungan penelitian dari seorang pelaku sebagi responden.
obsevasi yaitu kegiatan dimana peneliti melibatkan dirinya secara langsung pada situasi yang diteliti dan secara sistematis mengamati berbagai dimensi yang ada termasuk interksi, hubungan, tindakan, kejadian, dan sebagainya.
analisis dokumen yaitu salah satu metode terpenting pada penelitian kualitatif untuk mendapatkan data yang berasal dari catatan- catatan tertulis.

Criteria pengukuran kinerja:
Dikaitkan dengan tujuan strategis dan mengukur apa yang secara organisasonal penting dan mendorong kinerja bisnis.
Relevan denga sasaran dan akuntabilitas tim dan individu yang berkepentingan.
Menfokuskan pada out putyang terukur dan penyelesaian tugas dan bagaimana orang bertindak dan bagaimana tingkah laku mereka.
Mengidentifikasi data yang akan tersedia sebagai dasar pengukuran  dapat didiverifikasikan, dengan mengusahakan informasi yang dapat mengomfirmasikan tingkat seberapa jauh harapa dapat di penuhi.
menjadi setepat mungkin dalam hubungan dengan maksud pengukuran dan ketersediaan data
mengusahakan dasar untuk umpan balik dan tindakan.
bersifat komprehensif, mencakup semua aspek pengukuran sehingga keluarga ukuran tersedia. Hal 323karakteristik ukuran kinerja antara lain adalah :
secara akurat mengukur variable kunci kinerja.
termasuk basis komporasi untuk membantu pemahaman yang lebih baik yang ditujukan tingkat kinerja.
dikumpulkan dan didistribusikan berdasarkan waktu 
dapat dianalisisi secara makro dan mikro.
tidak mudah dimanipulasi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Hal 324

Pengertian Informasi Akuntansi Pertanggung Jawaban
Informasi akuntansi pertanggung jawaban merupakan keluaran sistem akuntansi pertanggung jawaban yaitu sistem akuntansi yang disusun sehingga pengumpulan pelaporan pendapatan dilakukan sesuai dengan pusat pertanggung jawaban dalam perusahaan.

Menurut Sunarto (2002, hal 217) menyatakan bahwa : “informasi akuntansi pertanggung jawaban sebagai informasi aktiva, pendapatan, dan biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggung jawab terhadap pusat pertanggung jawaban tertentu.”

Mulyadi (2001, hal 173) juga menyatakan bahwa : “sistem informasi akuntansi merupakan informasi aktiva, pendapatan dan biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggung jawab”

Sedangkan Mahfud Sholihin (2004, hal 109) menyatakan bahwa : “Akuntansi pertanggung jawaban adalah (responsibility accounting ) adalah suatu sistem yang mengukur hasil pusat- pusat pertanggung jawaban (responsibility center) dan membandingkan hasilnya dengan hasil yang diharapkan.”

Dari beberapa kutipan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa informasi akuntansi pertanggung jawaban adalah informasi mengenai biaya, pendapatan, dan aktiva untuk mengukur hasil pusat- pusat pertanggung jawaban dan membandingkan hasilnya dengan hasil yang diharapkan atau dianggarkan perusahaan.

Manfaat Informasi Akuntansi Pertanggug Jawaban
Manfaaat akuntansi pertanggung jawaban menurut Mulyadi (2001, hal 174 ) bahwa : “informasi akuntansi pertanggung jawaban yang berupa informasi masa yang akan datang yang bermanfaat untuk penyusunan anggaran. Sedangkan informasi akuntansi pertanggung jawaban yang berupa informasi masa lalu bermanfaat sebagai penilaian kinerja manajer pusat pertanggung jawaban dan memotivasi manajer”.

Dalam bukunya yang sama Mulyadi ( 2001, hal 175 ) juga menyatakan bahwa : “pada hakekatnya manfaat akuntansi pertanggung jawaban terbagi atas 5 bagian yaitu :
  1. Informasi akuntansi pertanggung jawaban sebagai dasar penyusunan anggaran.
  2. Informasi akuntansi pertanggung jawaban sebagai dasar penilaian kinerja manajer pusat pertanggung jawaban.
  3. Informasi akuntansi pertanggung jawaban sebagai pemotivasi manajer.
  4. Informasi akuntansi pertanggung jawaban sebagai dasar meningkatkan pengelolaan aktivitas
  5. Informasi akuntansi pertanggung jawaban sebagai dasar memungkinkan pemantauan efektifitas program pengelolaan aktivitas.” 
Dari kutipan diatas dapat diuraikan sebagai berikut yaitu dalam proses penyusunan anggaran ditetapkan siapa yang akan berperan dalam melaksanakan sebagian aktifitas pencapaian sasaran perusahaan dan ditetapkan pula sumber daya yang disediakan bagi pemegang tanggung jawab tersebut untuk menunjang pelaksanaan tugasnya. Informasi akuntansi adalah informasi yang berguna dalam proses perencanaan dan pengendalian aktifitas perusahaan karena informasi tersebut menekankan hubungan antara informasi dengan manajer yang bertanggung jawab terhadap perencanaan serta realisasinya

Dari hal diatas berarti informasi ini juga dapat digunakan untuk menilai kinerja manajer pusat pertanggung jawaban dengan membandingkan perencanaan pendapatan dengan yang direalisasikan, jika realisasi pendapatan lebih besar dari anggaran maka dapat diartikan kinerja manajer cukup baik.

Motivasi adalah proses prakarsa yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan, jadi dari hasil informasi akuntansi pertanggung jawaban ini dapat memotivasi manajer dalam meningkatkan kinerjanya, dan penyempurnaan aktifitas secara berkesinambungan agar perusahaan memiliki daya saing dalam waktu jangka panjang.

Informasi akuntansi pertanggung jawaban memungkinkan pengelolaan aktifitas mengandung arti bahwa dalam suatu perusahaan manajer memerlukan pemisahan tugas antara tugas penambah nilai dan bukan penambah nilai dan mengidentifikasi biaya atau sumber daya yang dikonsumsi oleh aktifitas tersebut, dalam menyajikan informasi biaya yang dipisahkan kedalam biaya penambah atau bukan penambah nilai, manajemen dapat memperoleh informasi biaya sebagai berikut :
  1. Bukan penambah nilai yang mengambarkan besarnya pemborosan yang sekarang ini dialami oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhan manjemen.
  2. Bukan penambah nilai yang memungkinkan mereka memusatkan pengelolaan mereka terhadap operasional bukan penambah nilai.
  3. Penambah nilai yang memungkinkan mereka melakukan penyempurnaan efisiensi aktifitas penambah nilai.
Pengertian Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja pada dasarnya adalah penilaian perilaku manusia dalam melaksanakan tanggung jawab dalam pencapaian tujuan organisasi, hasil ini disimpulkan dari beberapa kutipan dibawah ini.

Handoko ( 2000, hal 135 ) menyatakan bahwa : “penilaian prestasi kerja ( performance appraisal ) proses melalui nama organisasi- oraganisasi mengevaluasi atau menilai prestasi kerja karyawan. Kegiatan ini dapat memperbaiki keputusan- keputusan personalia dan memberikan umpan balik kepada para karyawan tentang pelaksanaan kerja mereka.”

Menurut Rudianto ( 2006, Hal 311 ) “penilaian kinerja adalah penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi, bagian organisasi dan karyawannya berdasarkan sasaran, standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.”

Mulyadi ( 2001, Hal 416 ) menyatakan hal yang sama bahwa “penilaian kinerja adalah penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi, bagian organisasi dan karyawannya berdasarkan sasaran, standar dan kriteria yang telah ditelah ditetapkan sebelumnya.”

Sedangkan menurut Sunarto ( 2005, Hal 153 ) “penilaian karya atau disebut juga penilaian kinerja adalah suatu metode tradisional yang dikembangkan organisasi untuk menilai dan mengukur kinerja.”

Menurut Robert L. Mathis dan John H Jakson ( 2001, Hal 107 ) “penilaian kinerja atau riset sumber daya manusia adalah analisis data untuk menentukan efektivitas praktik sumber daya manusia yang masa lalu dan sekarang.”

Jadi penilaian kinerja dilakukan untuk meminimalkan perilaku yang tidak semestinya diinginkan melalui umpan balik hasil kinerja pada waktunya serta penghargaan, baik yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Visitor Info