Monday, May 13, 2013

SEJARAH SINGKAT TEKNIK INDUSTRI

PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI
Tujuan Instruksional Khusus
Diharapkan mahasiswa dapat pengenal dan memahami konsep Pengantar Teknik Industri dalam sistem produksi.

Daftar Materi Pembahasan
Sejarah Singkat Teknik Industri
Pemahaman Teknik Industri
Ruang Lingkup Teknik Industri
Pembahasan

SEJARAH SINGKAT TEKNIK INDUSTRI
Sejak  jaman kono, banyak sekali persoalan kehidupan manusia. Untuk memenuhi keperluan hidupnya, manusia mencari berbagai cara sehingga mampu mempertahankan  kelangsungan hidupnya. Manusia menggunakan batu sebagai peralatan kerja, yakni memotong atau membelah. Alat-alat yang digunakan mengalami perbaikan  secara terus menerus dengan cara coba-coba dan manusia melakukan seleksi alat yang sesuai untuk keperluan kerja. Perbaikan ini tidak lain hanya untuk meningkatkan produksi, selama persoalan produksi muncul maka teknik industri akan ada dan perperan untuk mencari berbagai solusi.   Revolusi industri dimulai di Inggris dengan ditandai terjadi perubahan proses manufaktur yang dramatis. Disiplin teknik industri berakar pada masa revolusi industri,  pada awalnya dikembangkan oleh beberapa individu yang berusaha mencari prinsip-prinsip organisasi dan manajemen produksi. Kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas merupakan pendorong berdirinya disiplin teknik industri.

Adam Smith  (The wealth of nations, 1776) mengemukakan konsep perancangan  proses produksi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja yang menekankan pentingnya spesialisasi. Disiplin ini akhirnya berkembang untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli dan trampil dalam hal perencanaan, pengorganisasian, peroperasian serta pengendalian suatu sistem produksi yang luas dan kompleks.
Charles Babbage  sebagai konseptor pengembangan teknik industri mengemukakan perlunya pembagian kerja untuk meningkatkan produktivitas (On Economy of Machinery and Manufacturers, 1832), dengan pembagian kerja (sesuai dengan spesialisasinya) pekerjaan akan menjadi lebih sederhana.
Henry Towne  mengemukakan pentingnya ilmu ekonomi untuk engineer dalam mengambil keputusan, ( The Engineer as Economist yang dimuat pada Transaction of the American Society of Mechanical Engineers’ -  ASME 1886 ).
FW Taylor  dianggap seorang yang paling berjasa dalam profesi TI. Pada tahun 1874 FW Taylor bekerja diperusahaan hidraulik menjadi seorang mekanik pada pabri baja di Amerika, sembilan tahun kemudian menerima gelar sarjana teknik mesindari Stevens Institute Usaha-usahanya pada pabrik baja membawa pemikiran apa yang dikenal sebagai Scientific Management , disini bidang engineering harus ikut bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut perancangan, pengukuran, perencanaan, penjadwalan maupun pengendalian kerja. Metode FW Taylor mulai digunakan sebagai “ usaha penggunaan buruh minimal pada setiap jenis pekerjaan melalui penelitian ilmiah untuk mendapatkan metode pekerjaan terbaik pada setiap kasus. Sering kali , seorang  pengawas diberi tanggung jawab penuh untuk menghasilkan barang yang diminta oleh staf pengawas. Fungsi-fungsi perencanaan secara informal dilakukan oleh  staf pengawas itu , juga tidak ada metode-metode standar  ( metode kerja ditentukan masing-masing oleh para pekerja yang didasarkan atas pengalaman dan peralatan yang tersedia). FW Taylor memulai studi tentang pemotongan logam  , studi ini berlangsung selama 25 tahun , studi ini berakhir pada tahun 1907 dan dipublikasikan melalui catatan ASME . Analisis keperluan kerja dan spesifikasi suatu metode untuk melakukan suatu operasi, pada saat ini disebut  dengan “ Perancangan Kerja” atau “ Teknik Tata Cara ”   ((Work Design or Method Study) . Studi penyekopan dan penanganan besi kasar terutama mengacu pada perancangan kerja. Taylor juga mempelopori apa yang sekarang ini disebut sebagai “ Pengukuran Kerja”. Aktivitas ini mengacu pada pengukuran jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan bagi seorang operator. Peningkatan efisiensi pekerjaan manual di tiap bagian dilakukan dengan mengeliminir gerakan yang tidak bermanfaat, gerakan yang lambat dang gerakan yang mengganggu. Pada sisi lain ide Taylor diatas ada perasaan khawatir , bahkan timbul kecaman dari perkumpulan tenaga kerja Amerika yang menilai ide Taylor  tersebut rencana serius untuk mengurangi keterlibatan manusia yang digantingan dengan mesin.

Frank Gilbreth, tertarik pada analisis gerakan dasar atas kegiatan manusia. Beliau memperkenalkan analisis gerakan yang disebut micrmotion studies pada pertemuan  American Society of Mechanical Engineers (ASME)  Dia sangat berjasa dalam usaha memberikan landasan untuk mengindentifikasi dan menganalisa gerakan-gerakan dasar manusia pada saat melakukan kerja manual, yang kemudian dia beri nama “ Therbligs”
Pada tahun 1924  hasil penelitiannya sangatlah terkenal dengan membagi pekerjaan menjadi elemen-elemen gerakan dasar. Elemen-elemen gerakan dasar yang dikembangkan berjumlah 17 gerakan dasar dan dengan elemen-elemen gerakan dasar inilah perbaikan perbaikan dilakukan.

Tokoh lain yang mengembangkan disiplin teknik industri adalah F.W Harris  salah seorang yang pertama kali merubah deskripsi grafis “ model persediaan paling sederhana “ ke dalam terminologi matematis. Tetapi Wilson Formula merapkan rumus-rumus Harris secara intensif. Dalam tahun 1931 F.E Raymond menulis buku pertama tetang pengendalian persediaan , dimana ia menjelaskan secara rinci penggunaan teknik pengendalian persediaan dibidang manufaktur. Dalam tahun1924 W.A Shewhart dari Telephone Laboratories memberi penjelasan pertama tentang peta kendali (bagan kendali) , dan pada tahun 1931 mempublikasikan buku pertama tentang pengendalian kualitas secara statistik. Prof. Eugene Grant dari Stanford dalam tahun1946 mempublikasikan buku pelajaran pertama tentang pengendalian kualitas, yang hingga kini masih ada dan digunakan. Lebih awal , pada tahun 1930 Grant dan WG. Ireson mempublikasikan buku prinsip-prinsip ekonomi teknik. Karya  Barnes, Niebel dan Mundel lebih memper dalam teknik tata cara kerja dan studi waktu dari Taylor dan Gilbreth. Metode penggunaan bagan masih merupakan teknik yang efektif untuk melakukan analisis produksi.

2.2.  PEMAHAMAN  TEKNIK INDUSTRI

Definisi menurut “ American Institute of Industrial Engineering – AIIE ” Teknik Industri berkaitan dengan kegiatan rancangan (design), perbaikan dan penyiapan sistem  integral, yang terdiri atas manusia, bahan dan peralatan, dengan dasar  pengetahuan khusus dan keahlian  dibidang matematika, fisika, ilmu sosial bersama-sama dengan metode-metode  analisis dan perancangan  teknis, meramalkan dan mengevaluasi hasil yang dicapai dari sistem tersebut “. 

Aktivitas-aktivitas yang dapat digarap oleh disiplin Teknik Industri menurut American Institute of Industrial Engineering  (AIIE) adalah :
1. Perencanaan dan pemilihan metode-metode kerja yang efektif dan efisien dalam proses produksi.
2. Pemilihan dan perancangan dari pekakas kerja serta peralatan yang dibutuhkan dalam proses produksi.
3.  Desain fasilitas pabrik, termasuk perencanaan tata letak fasilitas produksi, peralatan pemindahan bahan dan  fasilitas-fasilitas untuk penyimpanan bahan baku atau produk jadi.
4. Desain dan perbaikan sistem  perencanaan dan pengendalian untuk distribusi barang / jasa produksi, pengendalian persediaan, pengendalian kualitas dan reabilitas.
5. Pengembangan sistem pengendalian ongkos produksi seperti pengendalian budget, analisis biaya dan standar biaya produksi.
6. Penelitian dan pengembangan produk.
7. Desain dan pengembangan sistem pengukuran performans serta standar kerja.
8. Pengembangan dan penerapan sistem pengupahan dan pemberian insentif.
9. Perencanaan dan pengembangan organisasi , prosudur kerja, policy sistem pemprosesan data.
10. Analisis dan lokasi dengan mempertimbangkan potensi pemasaran, sumber bahan baku, suplai tenaga kerja .
11. Aktivitas penyelidikan operasional dengan analisa matematika, sistem simulasi, program linier, teori pengambilan keputusan dalam rangka pengambilan keputusan.

Organisasi yang mendukung berdirinya disiplin Teknik Industri antara lain adalah American Society of Mechanical Engineers (ASME)  di Amerika Serikat. The Taylor Society yang bertujuan untuk mengembangkan konsep-konsep manajemen umum yang diperkenalkan oleh Taylor. Society of Industrial Engineers (SIE) yang mewadahi para spesialis produksi maupun para manajer. The American Management Association (AMA)  berdiri tahun 1922.  Society of Manufacturing Engineer (SME)  didirikan di Detroit, untuk mengembangkan pengetahuan di bidang teknik manufaktur. Pada tahun 1948 berdirilah The American Institute of Industrial Engineering  (AIIE) , dengan didukung sekitar 70 negara,  AIIE berkembang menjadi organisasi internasional dengan nama Institute of Industrial Engineering  ( IIE ).

Teknik Industri terjemahan dari Industrial Engineering
Teknik Industri didefinisikan sebagai “ Pendekatan teknik yang diterapkan pada semua faktor yang terlibat dalam sistem produksi dan mendistribusikan produk (barang atau jasa). Faktor tersebut adalah :
  1. Manusia (Men)
  2. Bahan ( Materials)
  3. Mesin (Machines)
  4. Metode/cara kerja (Methods)
  5. Modal/ uang (Money)

                                               SISTEM PRODUKSI




 PROSES
 
                            INPUT                                                   OUTPUT
 


`
                                  Mt           Ms         Mn         Md             My

                                            Gambar 1. Sistem Produksi terpadu

Sistem Produksi terpadu  (5 M) yang dikaitkan dengan penggunaan ilmu teknik industri  5 M tersebut adalah :
Mt :  Materials (Bahan baku, Bahan tambahan, barang jadi)
Ms : Machines  (Mesin, peralatan kerja)
Mn : Men (Manusia / tenaga kerja)
Md : Methods (Metode/cara kerja)
      My : Money ( Modal/ uang)
Ilmu teknik industri yang membahas 5M tersebut akan dibahas pada perencanaan dan perancangan sistem produksi dan pengendalian sistem produksi serta ditambah dengan teknik penyelidikan/penelitian operasi.
2.3.  RUANG LINGKUP TEKNIK INDUSTRI
        Oleh karena Teknik Industri adalah cabang pengetahuan dan praktek teknik yang meliputi :
  1. Menganalisa, mengukur dan meningkatkan cara-cara penampilan tugas yang diberikan kepada individu
  2. Merancang dan menjalankan secara keseluruhan sistem yang lebih baik dari tugas yang diberikan kepada suatu kelompok.
  3. Memperinci, meramalkan dan mengevaluasi hasil-hasil yang dicapai.
Manajemen dan statistik merupakan disiplin ilmu yang lebih dahulu dikembangkan dari pada teknik industri. Kedua disiplin ini selanjutnya mempunyai hubungan sangat erat  dengan teknik industri.
Jadi teknik industri merupakan management tools (alat manajemen), maka kiranya perlu dibahas tentang pengertian manajemen ilmiah ( scientific management).    Manajemen ilmiah adalah ilmu yang mempelajari kegiatan yang mengatur sumber daya yang dimiliki dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan organisasi /industri dapat tercapai.
Menurut pendekatan Taylor bahwa manajemen ilmiah memiliki pola sbb :
  1. Indentifikasi persoalan
  2. Pengumpulan informasi melalui pengamatan
  3. Perumusan hipotesa awal
  4. Pembuktian hipotesa
  5. Pemecahan persoalan
Pada dasarnya prinsip dalam manajemen ilmiah yang dikembangkan Taylor adalah :
  1. Pemakaian cara-cara ilmiah dalam pemecahan persoalan manajemen sebagai pengganti cara coba-coba.
  2. Pemilihan pekerja secara ilmiah dengan tujuan menyesuaikan kemampuan pekerja dan menspesifikasi pekerjaan (jabatan).
  3. Pengembangan kerja sama yang baik anatar pimpinan , manajer dan pekerja.
Sedangkan statistik digunakan sebagai alat pengumpulan dan pengolahan data, serta alat analisis.

Jika ditinjau dari kegiatan manajemen yang dikembangkan oleh Deming yang menggunakan secara siklus antara P(Plan) , D(do), C(Check) dan A(Action), Siklus Deming lebih dikenal dalam industri dengan sebutan PDCA , seperti gambar berikut. 
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com