Monday, May 27, 2013

Uraian tugas dan tanggung jawab Manager

Uraian tugas dan tanggung jawab  Manager :
1.    Project Manager

  • Melakukan koordinasi kedalam (team proyek, manajemen, dll) dan keluar
  • Dibantu semua koordinator menyiapkan rencana kerja operasi proyek, meliputi aspek teknis, waktu, administrasi dan keuangan proyek
  • Melaksanakan dan mengontrol operasional proyek sehingga operasi proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana (on track)
  • Mengidentifikasi dan menyelesaikan potensi masalah yang akan timbul agar dapat diantisipasi secara dini.
  • Mengkomunikasikan dalam bentuk lisan dan tertulis (Laporan Kemajuan Pekerjaan).

2.    Quality Control + Tenaga Administrasi

  • Memastikan operasional proyek berjalan dengan menggunakan standar yang sudah baku, serta diakui secara nasional maupun internasional.
  • Memberikan saran dan masukan teknis dan non teknis tentang proses operasional proyek.
  • Mengontrol proses operasional proyek agar berjalan sesuai degnan aturan dan tidak melanggar rambu-rambu yang sudah disepakati.
  • Menyiapkan / men-support dokumen administrasi dan pendukung berupa : Berita Acara layak pakai, Berita Acara Penerimaan Barang, Surat Pengiriman Barang / DO, Berita Acara Installasi, Invoice/tagihan, dll) yang menyangkut operasional proyek selama pekerjaan berjalan.
  • Melakukan monitoring terhadap kemajuan proyek.
  • Melakukan proses penagihan.
  • Dibantu team teknis membuat laporan kemajuan pekerjaan.
  • Membantu Proyek Manager dan para Koordinator dalam menyiapkan perangkat monitoring pekerjaan, pelaporan, Berita Acara dan lain lain.
3.    Ahli Sistem Informasi

  • Melakukan proses Analisa Terhadap Kondisi System yang sdang dan telah berjalan.
  • Melakukan analisa terhadap prosedur-prosedur yang berlaku dalam sebuah system life cycle
  • Melakukan proses identifikasi terhadap kebutuhan user (user requirements)
  • Melakukan Proses Design untuk membentuk suatu Sistem yang baru
  • Berkoordinasi dengan ahli database dalam merancang Database.
  • Membuat laporan Analisa dan rancang bangun system.
  • Dibantu team teknis membuat laporan kemajuan pekerjaan.
4.    Ahli Jaringan Komputer

  • Melakukan proses identifikasi terhadap kondisi eksisting jaringan.
  • Membuat design infrastruktur jaringan.
  • Membuat dokumentasi infrastruktur jaringan.
  • Membuat design rules untuk setiap user yang tergabung dalam network.
  • Memastikan setting yang benar terhadap switch, wireless, workstation, server, dll.
5.    Ahli Management Database

  • Berkoordinasi dengan ahli system informasi melakukan proses analisa terhadap kondisi existing dari system yang sedang / telah berjalan.
  • Berkoordinasi dengan ahli system informasi melakukan proses design database.
  • Melakukan perhitungan terhadap jumlah table space, congestion, dll dari database yang di rancang.
  • Menyiapkan proses backup dan recovey database.
  • Melakukan installasi database pada server yang telah disediakan.
  • Membuat dokumentasi database design.
  • Melakukan pemetaan terhadap distribusi database pada infrastruktur jaringan komunikasi data.
6.    Ahli Sistem Keamanan Jaringan Komputer

  • Melakukan proses design jaringan.
  • Membuat rancang bangun system keamanan jaringan.
  • Memastikan bahwa jaringan yang dikembangkan aman dari serangan para hacker, virus, worm, dll.
7.    Konsultan IT

  • Melakukan koordinasi dengan semua komponen yang terlibat dalam pekerjaan.
  • Memastikan pekerjaan dilaksanakan ontime dan ontrack
  • Memberikan masukan teknis untuk memperlancar pekerjaan 
8.    Programmer

  • Melakukan koordinasi dengan System Analyst dan Database Administrator
  • Melakukan pekerjaan “scripting” berdasarkan modul-modul yang telah di design oleh system analyst.
  • Melakukan debugging terhadap modul-modul yang telah dibuat.
  • Melakukan proses testing permodul.
  • Melakukan proses testing secara kesuluruhan.
  • Membuat dokumentasi program
9.    IT Auditor

  • Merencanakan Audit
  • Mengidentifikasikan resiko dan kendali
  • Mengevaluasi kendali dan mengumpulkan bukti-bukti
  • Mendokumentasikan temuan-temuan dan mendiskusikan dengan auditee
  • Membuat laporan akhir dan Mempresentasikan hasil-hasil yang diperoleh
10.  Trainer

  • Menyiapkan Modul-modul pelatihan
  • xxx
11.  Quality Assurer
  • establish, implement and maintain the quality management system
  • report quality management performance to top management via management review
  • Promote quality awareness throughout the organization
  • communicate with external parties relating quality management
  • review process and procedures
  • make sure PM/Dev/Tester follow the right procedures
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com