Friday, October 18, 2013

Hambatan dalam bisnis internasional

Hambatan dalam bisnis internasional itu yaitu : 
1. Batasan perdagangan dan tarif bea masuk 
2. Perbedaan bahasa, sosial budaya/kultural 
3. Kondisi politik dan hukum/ perundang-undangan 
4. Hambatan operasional 

BATASAN PERDAGANGAN DAN TARIF BEA MASUK 
Dalam melaksanakan bisnis internasional khususnya yang berbentuk perdagangan internasional yaitu ekspor atau impor, hambatan utamanya akan berupa hambatan dalam hal perdagangan serta sering terjadinya pembatasan-pembatasan tarif bea masuk. Hambatan inilah yang selalu menjadi objek perdebatan antar bangsa-bangsa yang belangsung dalam sidang internasional “ GATT “ yaitu singkatan dari “General agreement on Tariffs and Trade”. 

Hambatan perdagangan adalah antara lain berupa pemilihan partner dagang dari suatu Negara tertentu saja yang biasanya partner tersebut dipilih atas dasar pertimbangan baik ekonomis maupun nonekonomis. 

PERBEDAAN BAHASA, SOSIAL BUDAYA/KULTURAL 
Perbedaan dalam bahasa sering kali merupakan hambatan bagi kelancaran bisnis internasional, hal ini disebabkan karena bahasa adalah merupakan alat komunikasi yang vital baik bahsa lisan maupun bahsa tulis. Perbedaan kondisi sosial budaya merupakan suatu masalah yang harus di cermati pula dalam melakukan bisnis internasional. 

HAMBATAN POLITIK, HUKUM DAN PERUNDANG-UNDANGAN 
Ketentuan hukum atau pun perundang-undangan yang berlaku di suatu Negara kadang juga membatasi berlangsungnya bisnis internasional. Misalnya Negara-Negara Arab melarang barang-barang mengandung daging maupun minyak Babi. 

HAMBATAN OPERSIONAL 
Transportasi sering kali sukar untuk dilakukan karena anatra kedua Negara itu belum memiki jalur pelayaran kapal laut yang reguler . 

PERUSAHAAN MULTINASIONAL 
Perusahaan multinasional pada hakikatnya adalah suatu perusahaan yang melaksanakan kegiatannya secara internasional atau dengan kata lain melakukan operasinya di beberapa Negara. Perusahaaan ini sering disebut Multinational Corporations (MNC). 
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com