Monday, October 21, 2013

Konsep Dasar Teori Ekonomi

KONSEP DASAR TEORI MIKRO EKONOMI  : Ilmu ekonomi juga didefenisikan sebagai studi alokasi sumber-sumber daya yang langka diantara berbagai alternatif tujuan pengguna. Sedangkan menurut Samuelson (1973) ilmu ekonomi didefenisikan sebagai suatu studi mengenai begaimana seharusnya manusia/masyarakat menentukan pilihannya baik dengan atau tanpa menggunakan uang dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas jumlahnya dan yang mempunyai alternatif. Penggunaan untuk menghasilkan barang serta kemudian mendistribusikan untuk keperluan sekarang/masa yang akan datang diantara anggota-anggota masyarakat. 

Kata kunci yang muncul dalam pengertian diatas adalah : pilihan (choices), sumber daya langkah/terbatas (scarce resources), sumber daya bebas (free resources), sumber daya manusia (human resources), sumber daya alam (natural resources). 

MASALAH POKOK DALAM EKONOMI 
Masalah pokok dalam perekonomian muncul makalah terjadi adanya ketidakseimbangan antara keinginan dan kebutuhan manusia dengan sumber-sumber ekonomi yang tersedia. 

Masalah pokok tersebut dapat diringkas menjadi tiga, yaitu: 
  1. What, apa yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Termasuk juga jenis, model, ukuran, warna, dan sebagainya. 
  2. How, artinya bagaimana cara memproduksinya atau bagaimana cara mengalokasikan sumber daya yang tersedia secara efisien. Hal ini menyangkut berbagai penemuan teknologi baru. 
  3. For whom, artinya untuk siapa barang tersebut diproduksi dan akan dinikmati serta untuk siapa pendapatan yang diperoleh akan dibagikan. 
RUANG LINGKUP TEORI MIKRO EKONOMI 
Mikro ekonomi menjelaskan prilaku dari para prilaku ekonomi secara individu seperti konsumen (rumah tangga) dan perusahaan yang menjadi bagian (komposisi) dan alokasi dari kelompok masyarakat disuatu Negara/wilayah tertentu, misalnya berapa banyak mobil yang diproduksi oleh perusahaan X, produksi beras yang diproduksi oleh petani Y, produksi minyak oleh produsen Z, dan sebagainya. 

Teori mikro ekonomi sering disebut juga dengan teori harga (price theory). Teori harga terutama membahas tentang aliran barang dan jasa dari sektor perusahaan (produsen) ke sektor rumah tangga(konsumen), aliran faktor produksi dari sektor konsumen (pemilik faktor produksi) ke produsen (pengguna faktor produksi). Aliran tersebut akan menciptakan harga, baik harga barang/jasa maupun harga mempelajari alokasi sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk tujuan yang sifatnya alternatif.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com