Friday, October 30, 2009

Fungsi biaya menghubungkan biaya produksi terhadap tingkat keluaran perusahaan.

  1. Manaier, investor, dan ahli ekonomi harus ikut memperhitungkan biaya kesempatan sehubungan dengan pemakaian sumber daya perusahaan-yakni biaya dari kesempatan yang lepas apabila perusahaan selanjutnya menggunakan sumber dayanya pada alternatif yang terbaik.
  2. Biaya hangus adalah pengeluaran yang telah dipakai tidak dapat diperoleh kembali. Setelah biaya ini terjadi, biaya ini harus diabaikan ketika melakukan keputusan ekonomi di masa mendatang
  3. Dalam jangka pendek, satu atau lebih masukan perusa­haan adalah tetap. Biaya total dibagi dengan biaya tetap dan biaya variabel. Biaya marginal perusahaan adalah tambahan biaya variabel dari tiap unit keluaran ,tam­bahan. Biaya variabel rata-rata adalah biaya variabel total dibagi dengan jumlah unit keluaran.
  4. Apabila tidak semua masukan adalah variabel tunggal, seperti halnya dalam jangka pendek, adanya skala pengembalian menurun menentukan bentuk kurva biaya. Khususnya, ada hubungan terbalik antara pro­duk marginal dari masukan variabel dan biaya marginal produksi: Kurva biaya variabel rata-rata dan kurva biaya total rata-rata berbentuk U. Kurva biaya marginal jangka pendek meningkat melampaui titik tertentu dan memotong kedua kurva biaya rata-rata dari bawah pada titik minimumnya.
  5. Dalam jangka panjang, semua masukan pada proses produksi adalah variabel. Akibatnya, pemilihan masukan tergantung kepada biaya relatif dari faktor­faktor produksi dan sejauh mana perusahaan dapat mensubstitusi masukan dalam proses produksi. Pemilihan masukan yang meminimalkan biaya dilakukan dengan mencari titik singgung antara isokuan tingkat keluaran yang diinginkan dengan garis iso-biaya.
  6. Jalur perluasan (expansion path) perusahaan meng­gambarkan bagaimana pilihan masukan yang meminimalkan biaya bervariasi sementara skala atau keluaran operasinya meningkat. Akibatnya, jalur perluasa­memberikan informasi yang berguna untuk keputusa­n perencanaan jangka panjang.
  7. 7. Kurva biaya rata-rata jangka panjang adalah selubung da­kurva biaya rata-rata jangka pendek perusahaan, dan mencerminkan ada atau tidaknya skala pengembalian. Apabila ada skala pengembalian tetap dan ada banyak kemungkinan ukuran pabrik; kurva biaya jangka panjang adalah horizontal dan selubungnya terciri atas titik min:­mum biaya rata-rata jangka pendek. Namun, bila pada mulanya ada skala pengembalian yang meningkat da:­ kemudian skala pengembalian yang menurun, kurva rata­rata jangka panjang berbentuk U dan selubungnya tidak mencakup semua titik minimum biaya rata-rata jangka pendek.
  8. Perusahaan, menikmati skala ekonomis apabila dapa: menggandakan keluarannya dengan biaya kurang dari dua kali lipat. Sehubungan dengan ini, skala ekonomis terjadi bila penggandaan keluaran membutuhkan biaya lebih dan dua kali lipat. Skala ekonomis dan tidak ekonomis juga berlaku apabila proporsi masukan bervariasi; skala pengembalian hanya berlaku apabila proporsi masukan tetap.
  9. Bila suatu perusahaan memproduksi dua (atau lebih) keluaran, penting untuk diperhatikan apakah dalam produksi terdapat cakupan ekonomis. Cakupan ekonomis terjadi apabila perusahaan dapat memproduksi setiap kombinasi dari dua keluaran lebih murah daripada yang dapat dilakukan oleh dua perusahaan yang masing-masing memproduksi satu produk. Tingkat cakupan ekonomis diukur dari persentase pengurangan biaya apabila satu perusahaan menghasilkan dua produk dibandingkan dengan biaya untuk memproduksinya secara individual.
1. Biaya produksi rata-rata suatu perusahaan dapat menurun sepanjang waktu jika perusahaan "belajar bagaimana memproduksi secara lebih efektif. Kurva belajar menggambarkan berapa banyak penurunan masukan yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu keluaran tertentu selagi keluaran kumulatif dari perusa­haan itu meningkat.
2. Fungsi biaya menghubungkan biaya produksi terhadap tingkat keluaran perusahaan. Fungsi tersebut dapat diukur dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang dengan memakai data perusahaan dalam industri tersebut pada waktu tertentu atau data industri di masa lalu. Sejumlah hubungan fungsional seperti linear, kuadrat, dan pangkat tiga dapat dipakai untuk menyatakan fungsi biaya.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com