Friday, October 30, 2009

Mikroekonomi


  1. Mikroekonomi berurusan dengan keputusan yang dibuat oleh unit-unit ekonomi yang kecil-konsumen, pekerja, penanam modal, pemilik sumber daya, dan perusahaan bisnis. Juga berurusan dengan interaksi konsumen dan perusahaan untuk membentuk pasar dan industri.
  2. Mikroekonomi sangat menggantungkan diri pada pemakaian teori, yang (melalui penyederhanaan) dapat membantu untuk menjelaskan bagaimana unit-unit ekonomi berperilaku dan meramalkan perilaku di kemudian hari. Model-model tersebut adalah representasi matematis dari teori yang dapat membantu dalam proses penjelasan dan ramalan ini.
  3. Mikroekonomi menangani pertanyaan-pertanyaan posi­tif yang harus dilakukan dengan penjelasan dan prediksi dari suatu fenomena, tetapi mikroekonomi juga penting untuk analisis normatif, yang mana kita mempertimbangkan pilihan-pilihan mana yang ter­baik-bagi perusahaan atau untuk masyarakat secara keseluruhan. Analisis normatif harus sering dikombi­nasikan dengan "value judgment" individual karena mungkin melibatkan kesamarataan dan keadilan dan juga efisiensi ekonomi.
  4. Istilah pasar mengacu pada sekelompok pembeli dan penjual yang saling berinteraksi dan menuju kemung­kinan terjadinya penjualan dan pembelian sebagai hasil interaksi tersebut. Mikroekonomi mencakup studi ten­tang pasar bersaing sempurna yang mana tak satu pun pembeli atau penjual mempunyai dampak terhadap harga dan pasar yang tidak bersaing merupakan tempat di mana setiap individu dapat mempengaruhi harga.
  5. Harga pasar ditetapkan oleh interaksi pembeli dan pen­jual. Dalam pasar bersaing sempurna biasanya satu harga saja yang berlaku. Dalam pasar bersaing tidak sempurna penjual yang berbeda-beda dapat menetap­kan harga yang berbeda pula. Maka harga pasar adaiah harga rata-rata.
  6. Apabila membahas pasar, kita harus jelas tentang luas­nya pasar dalam pengertian batas-batas geografisnya dan kisaran produk yang mungkin dicakupnya. Bebe­rapa pasar (misalnya perumahan) sangat terlokalisir sedangkan yang lain (misalnya emas) luas sekali.
  7. Untuk mengurangi pengaruh inflasi, kita menguku­harga dolar yang riil (atau konstan) daripada harga dolar yang nominal (atau kini). Harga riil menggunaka•­indeks harga agregat, seperti CPI, untuk mengadaka:­koreksi karena inflasi.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com