Thursday, March 28, 2013

Pengertian Pulsa

Pulsa
Pulsa adalah media penghubung untuk komunikasi, baik komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh. Definisi Pulsa juga dapat diartikan sebagai alat perhitungan atau sistem perhitungan dalam menentukan tarif pelanggan. Fungsi Pulsa adalah sebagai satuan biaya untuk melakukan komunikasi/telepon, mengirim pesan short message service, chating, messenger dan bahkan untuk bermain game online. Saat ini, di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Pulsa juga berfungsi untuk pembayaran listrik.

Pengisian pulsa dapat dilakukan dengan cara prabayar dan pasca bayar. Pulsa dengan sistem prabayar adalah pengisian yang sifatnya real time, pembayaran yang dilakukan sebelum pelanggan menggunakan pulsa. Pulsa prabayar beda dengan pasca bayar yang tidak bersifat real time yang dilakukan setelah pelanggan menggunakan Pulsa. Sistem billing untuk prabayar dan pasca bayar selama ini dilakukan secara terpisah dan memiliki karakteristik tersendiri. Contohnya pasca bayar adalah proses charging dilakukan belakangan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan setiap bulan kemudian pelanggan akan menerima tagihan. Sedangkan sistem prabayar adalah proses operator menggunakan teknologi Intelligent Network (IN) teknologi ini menawarkan kemudahan pengelolaan data secara real time.

Pulsa dapat berupa voucher dan elektrik. Voucher atau Voucher isi ulang yaitu Pulsa Fisik (berwujud), maksud lebih jelasnya adalah pengisian Pulsa yang dilakukan sendiri dengan mengirim dua belas digit angka yang terdapat pada voucher setelah digosokan. kode tersebut dikirim via short message service ke operator seluler pelanggan. Sedangkan pulsa elektrik adalah Non-Fisik (tidak berwujud), pengisian yang ditransfer langsung melalui media elektronik yang dilakukan oleh penjual ketika costumer/pelanggan membeli di counter. 

Pulsa Elektronik 
Anda mungkin telah terbiasa dengan kata Pulsa Elektronik ataupun yang juga disebut Pulsa Elektrik. Akan tetapi barangkali, karena familiar nya dengan kata tersebut, Anda akan lebih mudah dimintakan tolong membeli barang yang disebut Pulsa Elektrik itu dari pada mendefinisikan artinya. Pulsa Elektronik dibangun dari dua buah suku kata, yakni: Pulsa dan Elektronik.

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pulsa memiliki beberapa arti :
a. Merupakan denyut nadi yang terjadi karena detak jantung.
b. Tegangan atau arus yang berlangsung beberapa lama berbentuk segi empat atau gelombang sinus.
c. Satuan dalam perhitungan biaya telepon.

2. Sedangkan elektronik berarti, elek·tro·nik /elektronik/ n alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika, hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika.
Namun sepintas kita dapat melihat bahwa pengertian pulsa adalah sebagai satuan perhitungan biaya telepon nampaknya sangat berbanding terbalik dengan asumsi awam terhadap Pulsa Elektronik sebagai nominal penambah kredit pulsa. 

Voucher ini dapat berwujud fisik (kartu yang berisi kode pengisian pulsa) maupun non-fisik (ditransfer langsung melalui media elektronik). Sering disebut sebagai “Voucher Isi Ulang” karena memang berfungsi untuk menambah/mengisi ulang nilai kredit pulsa. Jadi mulai sekarang, jika ada penggunaan kata “Pulsa Fisik” maupun “Pulsa Non-Fisik/Elektronik/Elektrik” maka harap diingat bahwa hal itu sebenarnya merujuk pada “Voucher Isi Ulang Fisik” dan juga “Voucher Isi Ulang Non-Fisik/Elektronik/Elektrik”

Short Message Service (SMS)
Short Message Service merupakan salah satu fitur messaging yang ditetapkan oleh standar European Telecommunication Standard Institute (ETSI), yang merupakan badan pembuat spesifikasi untuk Global System for Mobile (GSM). Short Message Service adalah aplikasi ponsel yang menyediakan layanan untuk mengirim dan menerima pesan pendek berupa huruf dan angka dari maupun kepada perangkat bergerak (mobile device). Short Message Service sebagai dokumen pada Global System for Mobile 03.40 dan GSM 03.38 yang bisa berisi text sampai di atas 160 karakter (standar karakter umumnya 160) dimana masing-masing karakter dihitung dengan nilai 7 bit. Selain yang 7 bit, ada juga pesan Short Message Service dengan nilai 8 bit tetapi karakter dibataskan pada 140 dan digunakan untuk gambar dan ringtone. Pesan SMS 16-bit memiliki maksimal karakter sejumlah 70 karakter yang digunakan untuk 'Flash SMS. Aplikasi ini hanya terbatas pada pengiriman dan penerimaan data berupa teks, (Oetomo, 2003:47). Beberapa jaringan yang dapat digunakan untuk mengirimkan Short Message Service antara lain PDC (Personal Digital Cellular), CDMA (Code Division Multiple Access), GSM (Global System Mobile). 

Ada 2 (dua) layanan dasar pada SMS, antara lain:

1. Short Message Mobile Terminated (SMMT), yaitu kemampuan sistem GSM untuk menyampaikan pesan pendek yang dikirimkan dari Service Centre (SC) ke satu Mobile Station (MS), dan menghasilkan informasi tentang pengiriman itu baik delivery report atau status report. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 2.1.

2. Short Message Mobile Oriented (SMMO), merupakan salah satu bentuk layanan dari sistem GSM untuk menyampaikan pesan pendek yang dikirimkan dari Mobile Station (MS) ke satu Short Message Entity (SME) melalui sebuah Service Centre (SC), dan menghasilkan informasi tentang pengiriman itu baik delivery report atau failure report. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 2.2.

Beberapa karakteristik Short Message Service, antara lain :

  1. Satu pesan Short Message Service pasti sampai atau tidak sama sekali ke ponsel tujuan, seperti sebuah e-mail, sehingga jika terjadi kegagalan sistem, time-out, atau karena faktor lain yang menyebabkan pesan Short Message Service gagal diterima, kemudian akan diberikan informasi (report) yang menyatakan pesan Short Message Service gagal dikirim.
  2. Berbeda dengan fungsi Call (pemanggilan), walaupun saat mengirimkan Short Message Service ponsel tujuan dalam keadaan tidak aktif, bukan berarti pengiriman Short Message Service akan gagal. Namun, Short Message Service akan masuk ke antrian terlebih dahulu selama belum masa time-out, Short Message Service akan segera dikirimkan jika ponsel tujuan sudah dalam keadaan aktif.
  3. Bandwith yang digunakan rendah.
Share :

3 komentar:

  1. Terima kasih artikelnya mudah dipahami.

    Mampir gan ke web ane www.agenpulsatermurah.net

    ReplyDelete
  2. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.

    Mampir gan ke web ane www.agenpulsatermurah.net
    .
    Info Penting Wirausaha Pulsa:
    .
    Yuk gabung jualan pulsa bersama kami, selain harganya paling murah juga kita bantu kalian lho sampai bisa jualan sendiri dan menghasilkan.
    .
    Kapan lagi bisa jual pulsa semudah ini
    .
    Buruan DAFTAR!!! :):):)
    klik http://agenpulsatermurah.net/cara-daftar.php

    ReplyDelete

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com