Wednesday, November 4, 2009

Pengertian Website


Website sebagai media informasi sangat mendukung bagi setiap usaha, website mampu menutupi berbagai kelemahan media informasi yang sudah ada seperti : radio, televisi, surat kabar dan majalah. Media informasi tersebut memiliki kekurangan yaitu, hanya dapat memeri informasi saja tetapi tidak dapat memcarikan informasi yang kita butuhkan, juga memiliki keterbatasan waktu yaitu dari segi waktu terbit maupun waktu tayang. Dengan adanya website kita dapat mencari hampir semua informasi yang kita butuhkan tanpa dibatasi oleh tuang dan waktu. Selain itu, wbsite juga memberikan layanan penampilan yang sangat menarik, dinamis dan interaktif serta file yang ditampilkan dapat disimpan dari satu komputer kekomputer yang lain dimana saja dengan mudah dan cepat. Kemudian lain yang diberikan oleh website ialah mebsite tidak hanya merupakan sebuah halaman on-line yang hanya dapat dibaca atau statis,namun telah berkembang menjadi web yang hanya dapat dan interaktif yang mamapu memberikan serta menerima respon dari dan ke pengakses.

Dalam perancangan website dibutuhkan perangkat lunak seperti : asp, html, microsoft prontpage,microsoft acces, photoshop dan urd. Asp adalah suatu yang bersifat server side yang emiliki kemampuan untuk dikombinasikan dengan teks. Html digunakan untuk melakukan mark-up (penandaan) terhadap sebuah dokumen teks. Frontpage digunakan untuk merancang website yang menarik dan menerbitkannya ke internet. Microsoft Acces digunakan untuk membuat database. Photoshop mempunyai keunggulan untuk memberikan tampilan website menjadi lebih menarik dan interaktif, sedangkan Url merupakan sebuah alamat didalam internet, sehingga website dapat diakses oleh para pengguna. Dalam perencangan website, Sap memiliki keunggulan untuk mengkombinasikan teks, Html dan komponen-komponen lain untuk membuat suatu halaman web yang dinamis dan interaktifnya.

Perancangan website dapat diaplikasikan diberbagai lembaga termasuk kantor lurah. Dengan adanya perancangan website maka kantor lurah dapat mengelola profil desa. Selain itu perancangan website juga dapat mengolah data penduduk serta data mengolah data-data pegawai. Untuk itu penulis mencoba menjanjikan suatu perancangan dan pembuatan website data pembayaran pajak bumi dan bangunan untuk dikontribusikan di kantor lurah, dimana sistem informasi yang digunakan maih manual. Kantor lurah selama ini masih secara tertulis untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan tentunya, hal ini kurang efektif dansangat merugikan, selain keterbatasan waktu terbit juga mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Untuk itu dibutuhkanlah perancangan website untuk memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas pada kantor lurah ini. Dengan menggunakan website maka kantor lurah dapat menangani dan mengolah data-data atau informasi secara cepat, tepat dan akurat.

Berdasarkan uraian diatas serta berdasarkan masalah-masalah yang dihadapi kantor lurah tersebut, penulis tertarik membuat tugas akhir tentang perancangan dan pembuatan website yang mengolah data pembayaran pajak bumi dan bangunan dengan judul “ Perancangan dan Pembuatan Website Data Pembayaran Pajak dan Bangunan Pada Kantor Lurah Sudirejo II Kecamatan Medan Kota”.

1.1 Rumusan Masalah
Sesuai dengan alasan pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan di dalam tugas akhir ini adalah bagaimana merancang sistem informasi pembayaran dalam bentuk website untuk memudahkan akses informasi sehingga informasi yang dihasilkan tepat dan akurat.

1.2 Lokasi Riset Ruang Lingkup Masalah
a. Lokasi Riset : Kantor TP. PKK Kelurahan Sudirejo II Simpang Limun
b. Ruang lingkup masalah
1. Library Research ( Penelitian Pustaka )
Library Research merupakan bentuk penelitian yang dilakukan berdasarkan buku-buku diperpustakaan yang mendukung perancangan web database dalam penulisan tugas akhir ini.
2. Field Research ( Penelitian Lapangan )
Metode Field Research merupakan penelitian yang dilakukan seara langsung ke Kantor Kelurahan Sudirejo II Kecamatan Medan Kota atau penelitian fakta yang berhubungan dengan masalah yang dibahas yaitu dengan mengadakan wawancara (tanya jawab) dengan Lurah yang berwewenang memberikan data yang dibutuhkan untuk mendukung penulisan tugas akhir ini.

1.3 Batasan Masalah
Agar pembahasan tidak menyimpang dari tujuan, maka dilakukan pembatasan masalah yaitu sebagai berikut :
  1. Perancangan dan pembuatan website ini tidak membahas penduduk pindahan dari desa lain dan pindah ke desa lain 
  2. Perancangan dan pembuatan website tentang data pembayaran pajak bumi dan bangunan pada kantor kelurahan ini hanya pada profil serta fasilitas yang ada pada kantor kelurahan tersebut.
  3. Perancangan dan pembuatan website ini dapat menampilkan informasi pembayaran pajak bumi dan bangunan secara on-line.
  4. Bahasan program ini dikembangkan dengan menggunakan ASP ( Active Server Provider )
1.4 Maksud dan Tujuan
Adapun maksud penulisan tugas akhir ini adalah merancang dan membuat suatu website yang dapat digunakan untuk menyajikan informasi tentang data pembayaran pajak bumi dan bangunan pada Kantor Kelurahan Sudirejo II Medan Kota.

Dan Tujuan adalah memudahkan pembayaran pajak bumi dan bangunan, serta dalam pembuatan dan perancangan website ini penulis dapat memperdalam pengetahuan dalam bidang website dan bahasa pemograman ASP.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com