Tuesday, February 12, 2013

Defenisi Operasional dan Pengukuran Variabel


 Defenisi Operasional dan Pengukuran Variabel
Definisi opersional memberikan pengertian terhadap konstruk atau memberikan variabel dengan menspesifikasikan kegiatan atau tindakan yang diperlukan peneliti untuk mengukur. Variabel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah variabel independen dan variabel dependen.
Variabel independen
Variabel independen merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat) atau variabel lainnya (Sugiyono, 2006). Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari leverage, ukuran perusahaan, struktur kepemilikan saham manajerial, struktur kepemilikan saham institusional, dan struktur kepemilikan saham asing.
Tingkat leverage
Leverage merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur sampai seberapa jauh aktiva perusahaan dibiayai oleh hutang. Variabel leverage dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio utang terhadap total aset.
Ukuran perusahaan
Pada penelitian ini ukuran perusahaan diukur berdasarkan total aktiva yang dimiliki perusahaan, karena nilai aktiva relatif lebih stabil dan dapat menggambarkan ukuran perusahaan. Total aktiva tersebut adalah dalam jutaan rupiah, hingga perlu disederhanakan untuk mendapatkan data yang lebih mudah untuk dihitung. 
Struktur Kepemilikan Manajerial
Struktur kepemilikan saham manjerial menunjukkan seberapa besar kepemilikan saham manajer dalam perusahaan dimana manajer tersebut bekerja. Kepemilikan saham manajerial diukur berdasarkan persentase kepemilikan saham yang dimiliki manajerial.
Struktur Kepemilikan Saham Institusional
Struktur kepemilikan saham intitusional menunjukkan seberapa besar kepemilikan saham yang dimiliki oleh institusi seperti perusahaan asuransi, bank, yayasan dan lain-lain.  dalam perusahaan dimana manajer tersebut bekerja. Kepemilikan saham institusional diukur berdasarkan persentase kepemilikan saham yang dimiliki pihak-pihak yang berbentuk institusi.
Struktur Kepemilikan Saham Asing
Struktur kepemilikan saham asing menunjukkan seberapa besar kepemilikan saham yang dimiliki oleh negara lain dalam suatu perusahaan. Kepemilikan saham asing diukur berdasarkan persentase kepemilikan saham yang dimiliki oleh pihak asing atau  pihak luar negeri.
Variabel dependen
Variabel dependen adalah variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat adanya variabel bebas (Sugiyono, 2006). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan tanggung jawab sosial.
Pengungkapan sosial merupakan data yang diungkap oleh perusahaan berkaitan dengan aktifitas sosialnya yang meliputi tema lingkungan, energi, kesehatan dan keselamatan kerja, lain-lain tentang tenaga kerja, produk, keterlibatan masyarakat dan umum.
Pengukuran variabel ini dengan mengukur pengungkapan sosial laporan tahunan yang dilakukan dengan pengamatan mengenai ada tidaknya suatu item informasi yang ditentukan dalam laporan tahunan, apabila item informasi tidak ada dalam laporan keuangan maka diberi skor 0 dan apabila item informasi ada dalam laporan keuangan maka diberi skor 1. Metode ini sering dinamakan checklist data.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com