Wednesday, March 20, 2013

Pengertian Permukiman


Pengertian Permukiman
            Jadi disini juga penulis memaparkan defenisi dari Permukiman ,sehingga akn menjadi jelas dari makna permukiman sendiri .
Permukiman adalah :bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung, baik berupa kawasan perkotaan maupun pedesaan yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan .
 Perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan.
Menurut seorang “Anwar” bahwa:
Rumah adalah bangunan atau gedung yang di bangun dalam suatu lingkungan, yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional, dalam arah horizontal maupun vertical dan merupakamn satuan-satuan yang masing-masing dapt dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian.
Penanganan masalah pembangunan permukimaprion masyarakat adalah satu hal yang terpenting yang harus dilakukan oleh pemerintahan daerah ,karna dengan adanya pembangunan permukiman masyarakat menjadikan suatu daerah yang lebih maju dan dapat menjadi daerah yang aman , bersih dan tentram .Permukiman yang baik menjadi prioritas oleh pemerintahan daerah karna dianggap sebagai tempat tinggal masyarakatyang luas .
Kemudian yang dimaksud dengan permukiman menurut Anwar adalah : Lingkungan permukiman adalah kawasan perumahan dalamberbagai bentuk dan ukuran dengan penataan tanah dan ruang, prasarana dan sarana lingkungan yang terstruktur. Prasarana dasar yang utama bagi berfungsinya suatu lngkungan permukiman adalah :
1.  Jaringan jalan untuk mobilitas manusia dan angkutan barang, mencegah perambatan kebakaran serta untuk menciptakan ruang dan bangunan yang teratur.
2.      Jaringan saluran pembangunan air limbah dan tempat pembuangan sampah untuk kesehatan lingkungan. Jaringan saluran air hujan untuk pengairan dan pencegahan banjir setempat. Dalam keadan tidak terdapat air tanah sebagai sumber air bersih, jaringan air bersih merupakan prasarana dasar. 
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com