Wednesday, March 20, 2013

Penyakit Keputihan


Keputian
      1.   Pengertian
            Keputihan adalah penyakit kelainan pada perempuan (vagina) dimana, terdapat  cairan berwarna putih kekuningan atau putih kekalabuan baik encer maupun kental, berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan rasa gatal, hampir semua wanita pernah mengalami keputihan atau pektay dalam bahasa (humas 2009).
            Keputihan adalah keluarnya cairan selain darah dari vagina dan diperkirakan semua wanita mengalami kepuihan terutama pada usia reproduksi (pramesemara 2009).
            Keputihan merupakan salah satu gangguan pada organ produksi wanita. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan (bukan darah) dari vagina secara berlebihan. Setiap wanita sekali waktu pernah mengalami keputihan dalam hidupnya,  bahkan banyak orang sering mengalaminya dalam kedaan yang normal. Vagina yang sehat memproduksi cairan untuk membersihkan vagina dari benda-benda asing yang tidak diinginkan, cairan tersebut juga berfungsi sebagai pelumas dalam hubungan sexual untuk membantu penetrasi penis serta membantu fungsi reproduksi. Sekresi alami tersebut cair seperti air atau kadang-kadang agak berlendir, umumnya cairan yang keluar sedikit jernih dan tidak berbau (reny 2010).
            Ciri-ciri dari cairan lendir yang normal ada warna putih encer bila menempel pada celana dalam warnanya kuning terong, konsistensinya seperti lendir encer kental tergantung dari siklus hormon (Liyah 2007).

Etiologi
      Menurut Wishnuwar Dhani (2009) keputihan fisiologi pada perempuan normalnya yang dapat menyebabkan sekret keluar berlebihan adalah :
1.      Keputihan fisiologi ditemukan penyebabnya pada :
a.       Bayi baru lahir sampai umur kira-kira 10 hari disebabkan oleh pengaruh ibunya.
b.     Waktu sekitar menerche atau pertama kali haid datang karena mulai pengaruh estrogen keputihan disini hilang dengan sendrinya.
c.  Wanita dewasa apabila ia dirangsang sebelum dan pada waktu koitus disebabkan oleh pengeluaran transidasi dari dinding vagina.
d.      Waktu sekitar evolusi dengan sekret dan kelenjar-kelenjar serviks uteri menjadi lebih encer.
e.  Keluarnya lendir dari vagina adalah akibat hormon yang diproduksi selama kehamilan yaitu estrogen.
2.      Keputihan Patologi Disebabkan Oleh :
a.       Infeksi yaitu :
1. Jamur     : Candida Albicanr
2. Bakteri   : Gardanerella vaginalis, chlamidia, gonococus pallidium,
                    treponema.  
3. Virus     : Virus herpes dan human papilloma virus
4. Parasit   : Trichomnas vaginalis
b.      Iritasi yang disebabkan
1.      Sperma, pilicin, kondom
2.      Sabun cuci dan pembalut pakaian dalam
3.      Cairan antiseptik untuk mandi
4.      Pembersih vagina
5.      Celana yang ketat dan tidak menyerap keringat
6.      Kertas tisu taulet
c.       Keganasan atau unsur-unsur
1. Keganasan serviks uteri
2. Keganasan endometrial korpus uteri
3. Keganasan tubu fallopi (Munuba 2002)
            Menurut humas (2009) penyebab keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau daya tahan tubuhnya lemah, sebagaimana besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, adapun penyebab infeksi adalah sebagai berikut :
1.      Jamur
Jamur yang menyebabkan keputihan adalah jamur candida albicans. Bayi dapat pula menderita keputihan karena candida akibat sebayi tanpa sengaja menelan jamur tersebut pada saar kelahirannya melalui liang senggama ibunya yang menderita penyakit dan kemudian masuk ke usus bayi dan menyebar ke organ lain. Cairan yang keluar dari liang seggama biasanya kental, berwarna cairan putih susu dam acap kali berbentuk kepala susu dengan disertai oleh rasa gatal. Liang seggema akan tumpat akibat proses peradangan. Beberapa keadaan yang dapat merupakan tempat yang subur bagi pertumbuhan jamur ini adalah pada kehamilan, penyakit kencing manis (gula) pemakaian pil KB, suami atau pasangan penderita biasanya juga akan menderita antara pasangan suami isteri ini disebut sebagai fenomena pingpong.
2.      Kuman (bakteri)
a.       Conococcus
Cairan yang keluara dari liang senggama pada infeksi yang lebih dikenal dengan GO (suatu penyakit kelamin) berwarna kekuningan yang sebetulnya berwarna nanah  yang terdiri dari sel darah putih yang mengandung guman neisseria gonorrhoeo berbentuk pasangan dua-dua pada sitoplasma sel. Gambaran ini kadang-kadang dapat terhambat juga pada pemeriksaan sediaan apus dengan penggerseran bahan pemeriksaan pada kala objek dan diwanai dengan pewarnaan gram di laboratorium. Kuman ini, mudah mati setelah terkena sabun, alkohol, deterjen dan sinar matahari. Cara penularannya melalui senggama, sedangkan keputihan terbayak juga disebabkan oleh adanya gambaran kuman yang masih sekeluarga dengan Qonococcus tapi tidak merupakan penyakit kelamin dan tampak pada gambaran pemeriksaan pap smear yang berupa gambaran kuman seperti pasir diantara sel-sel epitel liang senggama normal tidak terdapat dalam sel tersebut.         
b.      Chlamydia Trachomatis
Kuman ini sering menyebabkan penyakit pada mata lebih dikenal dengan penyakit trakuma. Kuman ini dapat juga ditemukan pada cairan liang senggama dan dapat dilihat melalui mikroskop setelah diwarnai dengan pewarna giensa dilaboratorium. Kuman ini membentuk suatu bentukan badan inklusi yang berada dalam sitoplasma sel-sel liang senggama pada pemeriksaan infeksi Chilamidia ini dikarenakan siklus hidupnya yang  tidak mudah dilacak.
c.       Gardanerella
Gardanerella menyebabkan peradangan liang senggama yang tidak spesifik, kuman ini biasanya mengisi penuh sel-sel epitel liang senggama dengan membentuk bentukan khas dan disebut Clue sel. Grandenella menghasilkan asam amino yang akan diubah menjasi senyawa amin bau amis berwarna keabu-abuan.
d.      Troponema Pallidiun
Kuman ini menyebabkan penyakit kelamin yang terkenal nama sifilis pada perkembangannya penyakit ini dapat dilihat sebagai kutil-kutil kecil diliang senggama dan dibibir kemaluan. Dan disebut sebagai kandiloma lata kuman ini berbentuk sipiral dan tampak bergerak aktif.
3.      Virus
Keputihan akibat infeksi virus sering disebabkan oleh adanya Condyloma acominuta dan hipes condyloma ditandai dengan timbulnya kutil-kutil yang kadang-kadang sangat banyak dan dapat bersatu membentuk jengger ayam yang bisa berukuran besar  apalagi pada wanita hamil. Penyebabnya adalah virus caplak pada manusia (human papillomavirus) cairan dari liang senggama sering berbau, tanpa rasa gatal. Keputihan cap kali tidak sembuh dengan pengobatan biasa dan dokter baru menyadari setelah dilakukan pemeriksaan ulang dengan teliti atau didapatkan hasil dari Papsmear yang menunjukkan perubahan akibat infeksi virus ini penyakit ini ditularkan melalui senggama dengan gambaran secara klinik menjadi kekebalam tubuh seperti pada kehamilan. Pemakaian obat steroid dalam jangka lama dan dosis besar seperti pada kehamilan, pemakaian obat steroid dalam jangka lama  dan dosis besar seperti pada pasien gagal ginjal atau  setelah transplantasi ginjal serta penderita AIDS.
4.      Parasit
Penyebab  keputihan terbanyak adalah parasit biasanya  disebabkan oleh adanya Trichomonas Vaginalis. Parasit ini berbentuk lonjong dan mempunyai bulu getar dan dapat bergerak berputar-putar dengan cepat. Gerakan ini dapat dipantau dibawah mikroskop, cara penularannya adalah melalui senggama walaupun jarang dapat juga ditularkan melalui peralatan mandi,  sepeti handuk dan menduduki kloset yang terkontaminasi  cairan yang keluar dari liang seggama biasanya banyak berubah menyerupai air sabun atau bau. Keputihan oleh parasit ini terlalu gatal, akan tetapi liang senggama tempak kemerahan dan timbul rasa nyeri bila ditekan atau perih bila berkemih.
Keputihan oleh parasit pada anak-anak dan dapat juga disebabkan oleh adanya adanya parasit lain yaitu cacing kremi, terutama pada anak-anak wanita yang sering bermain-main ditanah, cacing ini biasanya menjalar dari lubar anus sampai keliang senggama dan menyebabkan keputihan yang disertai  oleh rasa gatal sehingga sering digaruk sampai menimbulkan luka.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com