Customer Relationship Management (CRM)
CRM adalah
suatu proses dalam mendapatkan, mempertahankan dan meningkatkan pelanggan yang
menguntungkan. CRM bertujuan untuk menciptakan nilai pelanggan, sehingga
pelanggan puas, dan memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan, memperoleh
keunggulan bersaing, memperhatikan mutu produk agar dapat memberikan kepuasan
prima bagi pelanggan. CRM menciptakan loyalitas melalui:
·
Continuity Marketing
Ini berguna membangun pemasaran interaktif dan program pasca
pemasaran. Pihak manajemen selalu member pelayanan berkelanjutan kepada para
pelanggan, agar loyalitas pelanggan ini tetap terjaga. Misalnya pihak
perusahaan membentuk memberclub, dilengkapi dengan membership card dan
memperoleh diskon khusus bagi anggota.
·
One to one marketing
Kegiatan ini lebih bersifat individual, one to one marketing,
guna pemenuhan pemenuhan kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan yang bersifat
baik. Untuk itu dilakukan penyapaan yang sopan santun, penanganan keluhan
secara individual, undangan atau kartu ucapan ualang tahun.
·
Partnering atau co-marketing
Yaitu hubangan antara pelanggan dengan pemasar. Dalam hal ini
ada hubungan kemitraan antar pelanggan dengan pemasar untuk melayani kebutuhan
konsumen akhir. Sebuah perusahaan dapat mengadakan kerjasama dengan perusahaan
lain misalnya untuk kebutuhan kantor dilakukan kerjasama dengan rumah makan,
café, biro perjalanan, bank, pengelola lahan parker, took, dan sebagainya.
Kerjasama ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berhubungan
dengan perusahaan.
Nilai Pelanggan
Nilai pelanggan didapat dari
membandingkan manfaat dengan nilai pengorbanan. Manfaat yang diperoleh konsumen
berasal dari:
ü Produk
yang dibeli
ü Layanan
yang diterima
ü Karyawan
yang membarikan layanan dan citra atau nama baik
ü Rasa
bangga terhadap perusahaan
ü Merek,
Dll.
Korbanan adalah berupa pengorbanan yang dikeluarkan oleh
konsumen yaitu:
·
Moneter
berupa nilai uang yang dibayarkan
·
Waktu yang dikorbankan untuk memperoleh produk
tersebut
·
Enerji merupakan rasa capek dalam mendapatkan
produk tersebut
·
Psikhis yaitu pengorbanan dalam kejiwaan
·
Kenyamanan
·
Keamanan
·
Waswas, Dll.
Customer Dependency
Elemen
ketrgantungan konsumen terhadap produsen disebabkan oleh:
o Akses
lokasi karena sangat strategis
o Kemampuan
pegawai mengenal pelanggan
o Inovasi
produk bermutu atau jasa memuaskan
Keterikatan
yang sukarela menandakan adanya rasa puas, tapi bila terpaksa maka perusahaan
menghadapi tantangan untuk menumbuhkan dalam diri pelanggan perasaan yang tulus
terhadap hubungan mereka. Pada bank: keterikatan nasabah dipengaruhi oleh
kedekatan karyawan bank dengan nasabahnya, dan ketersediaan akses. Pada pusat
belanja: para pedagang merasa terikat karena program bauran pemasaran, CRM, dan
nilai pelanggan.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.