Wednesday, April 24, 2013

PERBANDINGAN DESAIN INTERIOR DAN DEKORASI INTERIOR


DEKORASI INTERIOR DAN DEKORATOR INTERIOR
1. Dekorasi Interior
            Dekorasi berasal dari kata dalam bahasa Inggris : “decorate” yang berarti menghiasi sedangkan “decoration” disebutkan dalam sumber yang sama berarti  hiasan. (Echols, 2006:169). Dari arti katanya, dapat diambil suatu pengertian bahwa dekorasi terkait dengan kegiatan hias-menghias atau suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperindah sesuatu. Pengertian dekorasi interior disebutkan sebagai berikut: Interior decoration generally refers to something that deals with finishes, surfaces, furniture, and wall coverings. (http:www.answer.com.topic).
Jadi dekorasi interior secara umum terkait dengan sesuatu yang menyangkut finishing (pengecatan, pelapisan), pengolahan permukaan, penataan perabot dan pelapisan dinding. Meskipun dekorasi adalah merupakan elemen kunci dari sebuah desain interior, akan tetapi tidak secara khusus memperhatikan interaksi dan kebiasaan manusia yang merupakan bidang kerjanya desainer interior.
            Pelaku kegiatan dekorasi disebut dekorator, dari kata dalam bahasa Inggris: decorator yang berarti penghias, sementara decorator interior diartikan sebagai penghias ruang. (Echols, 2006:269). Meskipun hanya bertugas menghias ruang, seorang dekorator interior dapat pula bekerja di berbagai bidang perancangan dan bekerja bersama dengan desainer interior dalam melakukan kegiatan perancangan seperti merancang showroom dan mendesain ulang tata ruang toko. Akan tetapi tidak ada persyaratan yang mengharuskan profesi ini harus memiliki ijin resmi dari pemerintah untuk berpraktek, sebagaimana pendapat di bawah ini:
An interior decorator may work in a variety of venues from a design showroom to a remodeling retail store. There is no government regulation regarding the work of an interior decorator.

Dengan tidak adanya persyaratan perijinan maupun pendidikan formal di bidang dekorasi interior tersebut, maka siapa saja dapat menjadi dekorator interior.


PERBANDINGAN DESAIN INTERIOR DAN DEKORASI INTERIOR
Bedasarkan uraian sebelumnya, maka perbandingan antara desain interior dan dekorasi nterior dapat dilihat pada tabel di bawah ini, yang dibuat oleh Lisa Whited IIDA/ASID yang menggambarkan perbedaan antara desainer interior dan dekorator interior.
Item
Interior Designer
Interior Decorator
Furniture
Merancang bentuk perabot dengan pertimbangan egonomi, fungsi, gaya, keawetan finishing, kestabilan struktural dalam penggunaan, memilih rel laci, engsel dan handel yang tepat, serta penentuan penggunaan bahan dan penempatan dalam ruang
Memilih gaya, finishing dan penempatannya dalam ruang.
Penutup Jendela/Window covering
Menentukan tipe dan gaya yang tepat berdasarkan atas pengendalian cahaya dan sinar matahari , privasi, anti api, perlengkapan akustik dan sistem pengontrolnya.
Memilih warna dan tekstur, merancang gaya
Benda seni dan aksesoris/Artwork and accesories
Memilih bentuk dan metode yang tepat dalam penempatan benda seni tersebut pada dan memastikan bahwa benda tersebut tidak akan jatuh dan melukai seseorang.
Memilih dan menempatkan benda-benda seni dan asesoris ruang
Finishing dinding/Wall finishes
Memilih jenis yang tepat berdasarkan aspek keindahan, keawetan, fungsi akustik, kemudahan dalam pembersihan, keamanan dari api, memastikan bahwa wall finishes yang digunakan tidak menimbulkan alergi, dan tidak beracun
Memilih warna, gaya, tekstur finishingnya.
Tanaman /Plants
Memilih jenis tanaman yang seseuai dan memastikan bahwa tanaman yang dipilih tidak memiliki bau yang kuat atau beracun yang membahayakan manusia terutama anak-anak kecil.
Memilih dan menempatkan tanaman beserta wadahnya.
Rencana Ruang/Floor Plan
Menggambarkan rencana ruang yang menunjukkan letak perabot  yang sesuai dengan keinginan klien maupun persyaratan aksesibilitas ruang.
Menggambarkan rencana ruang yang menunjukkan letak perabot  yang sesuai dengan keinginan klien
Pencahayaan/Lighting
Memilih jenis dan bentuk lampu berikut kekuatannya sesuai dengan fungsi dan kesan yang diinginkan, menggambarkan dan menunjukkan lokasi penempatan lampu berikut pengontrolnya.
Memilih bentuk lampu
Lantai /Floor
Menentukan bahan,bentuk dan warna serta pola lantai yang tepat berdasarkan fungsi dan kesan yang diinginkan, ketahanan terhadap api, kemampuan meredam suara dan keamanan (tidak licin)
Memilih jenis, warna, tektur dan pola lantai
Tabel 1.  Perbandingan lingkup tugas desainer dan dekorator   interior                
Sumber: http://allartschools.com. (diambil  tanggal 12 November 2007)


Dari perbandingan di atas maka jelas terlihat perbedaan yang cukup mendasar antara dekorasi dengan desain interior, dimana cakupan tanggung jawab seorang desainer interior sangat luas, tidak hanya sekedar menghias sebuah ruang agar tampak indah dan menarik, akan tetapi juga mempertimbangkan aspek fungsional, keselamatan, keamanan serta kenyamanan. Sedang kan dekorasi interior, merupakan sub bagian dari bidang desain interior yang terkait dengan kegiatan hias-menghias.

F. PENUTUP
Desainer interior dan dekorator  interior sama-sama memiliki peran yang besar dalam peningkatan kualitas ruang hunian, meskipun bidang garap keduanya berbeda. Perbedaannya terletak pada lingkup tanggung jawabnya, dan persyaratan profesi yang harus dipenuhi.
Dekorasi interior lebih kecil lingkup kerjanya, dan merupakan bagian kecil dari pekerjaan  desain interior. Dekorasi interior secara umum terkait dengan pelapisan elemen interior  yaitu pelapisan lantai, dinding maupun perabotannya serta penataan perabot berikut asesorisnya. Tidak ada peraturan pemerintah yang mengatur pekerjaan dekorator dan tidak diperlukan persyaratan pendidikan formal, bahkan setiap orang yang memiliki bakat dan minat dapat belajar sendiri melalui majalah atau media lain untuk menjadi dekorator interior.
Sementara itu desain interior memiliki bidang yang lebih luas dan khusus dengan tanggung jawab yang lebih besar meliputi perancangan furnitur, memilih bahan, menetapkan konstruksi, menentukan warna, merencanakan tata letak ruang dengan pertimbangan aksesibilitas  dan lain-lain yang semuanya didasarkan atas pertimbangan fungsional, keamanan, kenyamanan, dan keindahan. Desainer interior harus memenuhi persyaratan pendidikan formal di bidangnya dan memiliki pengalaman perancangan yang memadai, bahkan di beberapa negara maju, desainer interior harus memiliki sertifikasi yang didapat melalui ujian yang diselenggarakan oleh suatu lembaga sertifikasi yakni NCIDQ (National Council for Interior Design Qualification). Tapi persyaratan ini belum diterapkan di semua negara, termasuk Indonesia.
 Jadi apabila seorang yang telah menempuh pendidikan formal di bidang desain interior akan tetapi tidak memiliki pengalaman yang memadai dalam penanganan suatu proyek desain, maka yang bersangkutan belum dapat disebut sebagai desainer interior, sementara itu siapapun dapat menjadi dekorator interior tanpa menempuh pendidikan formal, asalkan ia memiliki kemampuan di bidang seni mendekorasi ruang. Dengan demikian jelaslah perbedaan antara desain interior dan dekorasi interior, sehingga diharapkan tidak lagi terjadi kebingungan, overlapping, penyamaan sebutan dan persepsi yang keliru mengenai keduanya.   
Persepsi publik yang keliru akan selamanya keliru apabila tidak diluruskan dengan penjelasan yang komprehensif disertai contoh-contoh perbandingan yang jelas, agar masyarakat pun menjadi tahu bahwa ada profesi khusus selain arsitek dan insinyur yang membidangi masalah perancangan ruang, yakni profesi desainer interior dan dekorator interior.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com