Tuesday, May 7, 2013

PENGEMBANGAN KREATIVITAS


PENGEMBANGAN KREATIVITAS

Definisi Kreativitas
Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam membuat sesuatu menjadi baru dalam keberadaannya.  Kreativitas juga berhubungan dengan adanya perubahan ide. Beberapa contoh orang yang memiliki kreativitas dalam bidangnya yaitu Pablo Picasso maestro dalam seni lukis mengatakan bahwa dampak dari kreasi adalah dampak pertama dari suatu pengrusakan.

Atribut dari Kreativitas
Karakteristik orang yang kreatif terdiri dari beberapa atribut seperti:
a.        Terbuka  dengan pengalaman.
b.        Observasi – melihat sesuatu hal dengan sudut pandang lain.
c.         Memiliki rasa penasaran tinggi.
d.       Mau menerima dan mempertimbangkan pendapat berbeda.
e.        Indepen dalam mengambil keputusan, pikiran dan tindakan.
f.          Percaya diri.
g.        Mau mengambil resiko terhitung.
h.        Sensitif terhadap masalah.
i.          Fleksibel
j.          Responsif pada pemikiran.
k.        Motivasi tinggi.
l.          Kemampuan untuk konsentrasi.
m.     Selektif
n.        Bebas dari rasa takut dan gagal.
o.        Memiliki daya pikir imajinasi yang baik.

 Proses Kreativitas
Berdasarkan fungsi otak dibedakan atas fungsi otak kiri yang menangani berpikir logika, rasional, dan analitik sedangkan fungsi otak kanan  mengatur tingkat emosional dan pengalaman intuisi.
Kreativitas memerlukan kedua fungsi otak tersebut.
Berikut ini proses dari kreativitas :
 TAHAP KREATIVITAS
AKTIVITAS
GAYA PSIKOLOGI
Ketertarikan
Penelitian lingkungan
Intuisi / emosi
Persiapan
Persiapan perjalanan
Detail / perencanaan
Pengendapan
“mulling things over”
Intuisi
Penerangan
Pengalaman yg ada
Intuisi
Verifikasi
Riset pasar
Detail / rational
Eksplorasi
Captain of industri
Detail / rational

Hubungan Kreativitas dengan Kewirausahaan
Hubungan kreativitas dengan kewirausahaan sangat erat dan terkadang overlap walaupun tidak sama diantara keduanya.
Berikut ini  bentuk hubungan antara kreativitas dengan kewirausahaan :
3. Persh
Film
 
1. Mgt
Artis
 
                          
5.       Birokrasi
Penuh
 
4. Franchiser
Fast Food
 
Creative                   High
Capacity
                                   Low
                                             High                   Low
Entrepreneur Capacity
Berdasarkan atas gambar diatas maka hubungan antara kreativitas dengan kewirausahaan dibedakan atas 4 kategori :
1.             Kategori 1
Perusahaan dengan kreativitas tinggi tetapi sedikit dalam penggunaan konsep kewirausahaan seperti Manajemen artis yang harus menampilkan artis berbeda dengan sebelumnya dalam beberapa hal seperti penampilan tetapi hanya bergerak dalam bidang hiburan dimana artis tersebut terlibat.
2.             Kategori 2
Perusahaan dengan kreativitas rendah tetapi memakai banyak konsep kewirausahaan  yaitu perusahaan franchising fast food seperti McDonald’s dimana kreativitas rendah karena perusahaan ini harus mengikuti peraturan dari pemberi franchising (franchisor) sedangkan berdasarkan kewirausahaan konsep franchising merupakan konsep usaha yang baik
3.             Kategori 3
Perusahaan dengan kreativitas tinggi dan tinggi dalam penggunaan konsep kewirausahaan seperti Perusahaan Film dimana memerlukan kreativitas tinggi dalam menciptakan film-film bermutu dan diterima masyarakat.  Mereka mengembangkan berbagai jenis film dengan berbagai lapisan penonton  atau melakukan diversifikasi produk  sesuai konsep kewirausahaan.
4.             Kategori 4
Perusahaan yang tidak menggunakan kreativitas dan kewirausahaan dalam melaksanakan kegiatannya seperti pada birokrasi pemerintah (bersifat birokrasi penuh) yang hanya menjalankan kegiatannya berdasarkan masa lalu saja.

Manajemen Kreativitas
Kreativitas merupakan nilai penting dalam kompetisi dalam segala bidang. Untuk itu kreativitas harus dipelihara dan dikembangkan dengan mengaturnya melalui manajemen kreativitas yang baik. Kreativitas dapat dibentuk atau dikembangkan dengan beberapa cara seperti berikut ini :
1.        Menciptakan keterbukaan dengan struktur organisasi desentralisasi.
2.        Mendukung iklim terciptanya eksperimen-eksperimen kreativitas.
3.        Mendorong sikap eksperimental.
4.        Mengedarkan cerita-cerita sukses.
5.        Menekankan peran dari seorang pemenang.
6.        Menitikberatkan komunikasi pada semua level manajemen.
7.        Ketersediaan sumber daya untuk inisiatif baru.
8.        Memastikan  bahwa ide-ide baru tidak mudah dimusnahkan.
9.        Mengurangi birokrasi dari proses alokasi sumber daya.
10.    Menyediakan penghargaan financial dan non financial bagi suatu kesuksesan yang didapat.
11.    Memastikan budaya organisasi yang mendukung pengambilan resiko dan ketidakraguan.
12.    Meminimalisasikan campur tangan administrasi.
13.    Memberikan kebebasan dari pengawasan dan pengevaluasian.
14.    Menghilangkan deadline.
15.    Mendelegasikan tanggungjawab untuk aktivitas baru.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com