Friday, November 15, 2013

Menangani Konflik Tim

Menangani Konflik Tim - Menurut Darf (2003:192) : Konflik (conflict) adalah interaksi antagonis dimana suatu pihak berusaha untuk membendung kehendak atau tujuan lainnya. Konflik dalam tim mengarah pada pembuatan keputusan yang lebih baik karena berbagai cara pandang turut dipertimbangkan. Ada beberapa penyebab konflik antara lain :

1. Kelangkaan sumber daya (Scarce Resources) 
Sumber daya mencakup uang, informasi, dan peralatan dalam hasrat untuk mencapai tujuan individu dapat berkeinginan untuk meningkatkan sumber daya mereka, dimana hal ini dapat melemparkannya kedalam konflik.

2. Ambiguitas Yurisdiksional (Jurisdictional Ambiguitas) 
Konflik juga berkembang ketika batasan kerja dan tanggung jawab tidak jelas. Ketika tanggung jawab tugas didefinisikan dan diperkirakan dengan baik, maka orang lain tahu dimana sebenarnya dia berdiri. Ketika itu menjadi tidak jelas, orang dapat tidak setuju tentang siapa yang memiliki tanggungjawab untuk tugas spesifik atau yang mempunyai klaim atas sumber daya.

3. Kerusakan Komunikasi (Communication Breakdown) 
Potensi kerusakan komunikasi bahkan lebih besar pada tim yang berasal dari Negara dan budaya yang berbeda. Komunikasi yang buruk dapat menghasilkan salah persepsi dan salah paham dari orang lain dalam sebuah tim dan tim lain.

4. Pertentangan Kepribadian (Personality Clashes)
Sebuah pertentangan kepribadian terjadi manakala orang tidak sepaham dengan yang lainnya atau tidak mempunyai pandangan yang sama terhadap suatu isu. Pertentangan kepribadian disebabkan oleh perbedaan mendasar dalam kepribadian, nilai dan sikap.

5. Perbedaan Kekuasan dan Status (Power and Status Differences)
Perbedaan kekuasaan dan status terjadi ketika salah satu pihak mempunyai pengaruh besar terhadap pihak yang lainnya, individu dalam sebuah tim dapat terkait untuk meningkatkan kekuasaan dan pengaruh mereka dalam tim atau dalam organisasi.

6. Perbedaan Tujuan (Goal Differences)
Konflik sering terjadi hanya karena dari tiap individu tersebut mengejar tujuan yang berbeda yang menyebabkan suatu konflik, walaupun perbedaaan tujuan adalah wajar dalam suatu tim.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com