Friday, March 6, 2015

Perancangan Sampel Skripsi

Perancangan Sampel
Populasiadalah sekelompok orang, kejadian, atau benda, yang dijadikan obyek penelitian. Jika yang ingin diteliti adalah sikap konsumen terhadap satu produk tertentu, maka populasinya adalah seluruh konsumen produk tersebut. Tujuan ditetapkannya populasi untuk dapat menentukan besarnya anggota sampel yang diambil dari anggota populasi dan membatasi berlakunya daerah generalisasi. Ditinjau dari banyaknya anggota populasi, maka populasi terdiri atas populasi terbatas (terhingga) dan populasi tak terbatas (tak terhingga). Namun dalam kenyataannya populasi terhingga selalu menjadi populasi yang tak terhingga. Ditinjau dari sudut sifatnya, maka populasi dapat bersifat homogen atau heterogen.

Sampel merupakan bagian dari populasi. Elemen anggota sampel, merupakan anggota populasi dimana sampel diambil. Jika N banyaknya elemen populasi dan n banyaknya elemen sampel, maka n < N.

Pengambilan anggota sampel yang merupakan sebagian dari anggota populasi tadi harus dilakukan dengan teknik tertentu yang disebut teknik Sampling. Ukuran sampel atau jumlah sampel yang diambil menjadi persoalan yang penting ketika jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian yang menggunakan analisis kuantitatif. Pada penelitian yang menggunakan analisis kualitatif, ukuran sampel bukan menjadi nomor satu, karena yang dipentingkan adalah banyaknya informasi. Walau jumlahnya sedikit tetapi jika banyak diperoleh informasi, maka sampelnya lebih bermanfaat.

Penentuan Jumlah Sampel
Penetuan besar anggota sampel dengan menggunakan proporsi dapat ditentukan dengan beberapa rumus. Adapun rumus-rumus penentuan jumlah sampel dengan menggunakan teknik proporsi dapat dilihat sebagai berikut.
1.      Rumus Krejcie dan Morgan

  ........................................................................(5)

Di mana :
 s = banyaknya anggota sampel
 N = Banyak anggota populasi
 p = proporsi dalam populasi                                    
d = derajat ketelitian = 1,96
χ2 = harga tabel chi kuadrat untuk tertentu
Jika rumus tersebut digunakan untuk populasi tertentu yang sudah diketahui jumlah anggotanya dengan α = 0,05, besarnya sampel dapat dilihat pada tabel Krejcie dan Morgan.
2.      Rumus Taro Yamane atau Slovin

     .............................................................................................. (6)
Keterangan :
n               = jumlah sampel
N               =Jumlah populasi
D               =Presisi/Persentase kelonggaran ketidaktelitian kesalahan            pengambilan     sampel yang masih dapat ditolerir
3.      Penentuan  Jumlah Sampel Secara Konvensional
Penentuan besarnya sampel dapat juga dilakukan dengan pendekatan konvensional, dimana jumlah sampel ditentukan berdasarkan konvensi atau jumlah yang diyakini sebagai ukuran yang tepat untuk suatu sampel penelitian (Supranto : 2001). Caranya, jumlah pertanyaan dalam kuisioner dikali lima (5) sampai sepuluh (10).
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com