Monday, July 20, 2015

Dokumen yang digunakan untuk melaksanakan sistem penjualan kredit

Dokumen yang digunakan untuk melaksanakan sistem penjualan kredit dengan kartu kredit perusahaan adalah :
1. Faktur penjualan kartu kredit
Dokeumen ini digunakan untuk merekam transaksi penjualan kredit dengan kartu kredit. Lembar ke-1 dan ke-2 berfungsi sebagai dasar pembuatan surat tagihan yang secara periodik dibuat oleh fungsi penaghan dan dirimkan kepada pelanggan. oleh karena itu fungsi pengiriman harus mendapat tanda tangan di atas faktur penjualan kartu kredit lembar ke-1 dan ke-2 pada saat fungsi tersebut menyerahkan barang kepada pelanggan lembar ke-2 dokumen ini tetap disimpan kedalam arsip fungsi akuntansi dan lembar ke-1 dilampirkan pada surat tagihan yang dikirimkan secara periodik kepada pelanggan atau bank.

2. Surat tagihan
Surat tagihan merupakan tumaround document yang isinya dibagi dua bagian : bagian atas merupakan dokumen yang harus disobek dan dikembalikan bersama cek oleh pelanggan atau bank ke perusahaan, sedangkan bagian bawah berisi rincian transaksi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dalam periode tertentu. Bank juga memerlukan rincian pembelain yang dilakuakn oleh nasabahnya. dalam penjualan yang menggunakan sistem penjualan over-the-counter sale, perusahaan menerima uang tunai, cek pribadi (personel check), atau pembaayaran langsung dari pembeli dengan menggunakan kredit card, sebelum barang diserahkan kepada pembeli.

Daftar Bacaan : 

Bodnar, George H., William S. Hopwood. Accounting Information System, Seventh Edition, Prentice - Hall Iternational. Inc. Upper Saddle River, New Jersey, 1998.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com