Saturday, July 18, 2015

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Komponen Sistem Informasi Akuntansi : Prosedur yang terdapat dalam sistem informasi akuntansi untuk siklus pendapatan didukung oleh komponen-komponen yang dapat membuat sistem informasi akuntansi yang terdapat dalam suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik. adapun komponen ini saling menunjang antara satu dengan yang lainnya, sehingga dapat menghasilkan suatu sistem informasi akuntansi yang terintegrasi dan terorganisasi. Komponen-komponen ini mempunyai peranan yang sangat penting sehingga sistem informasi akuntansi dalam suatu perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien

Komponen sistem informasi akuntansi ini terbagi dua, yaitu : Sistem informasi akuntansi manual atau yang biasa disebut dengan sistem akuntansi dan sistem informasi akuntansi elektronik.

Komponen sistem informasi akuntansi manual terdiri dari : "Source documents, journals and registers, ledger, reports and other outputs, non computerize processing devices and methods, and controls"
Sedangkan komponen sistem informasi akuntansi elektronik umumnya terdiri dari :
1. Hardware (Perangkat Keras)
2. Software (Perangkat Lunak)
3. Procedures
4. Brainware/ Personel

ad.1 Hardware (Unsur-unsur perangkat keras)
Hardware merupakan bentuk fisik dari komputer sebagai pengolah data input. Setiap komputer terdiri dari beberapa perangkat keras dasar, yaitu :
1. Central Processing Unit (CPU)
2. Secondary Storage Devices
3. Input and Output Devices
4. Data Channels

Masing-masing komponen hardware ini dijelaskan secara ringkas sebagai berikut :
1. Central Processing Unit (CPU)
CPU adalah pusat dari suatu sistem komputer. CPU memimpin dan mengawasi semua operasi dalam sistem komputer. CPU terdiri dari tiga bagian, yaitu :

a. Control Unit, terdiri dari :
1. Instruction Interpreter (perintah menterjemahkan), yaitu : perangkat keras yang menterjemah perintah dari memori
2. Location Counter (lokasi perhitungan), adalah perangkat yang menentukan lokasi dari perintah yang dijalankan
3. Instruction Register, adalah perangkat keras yang membuat salinan dari perintah yang sedang dijalankan

b. Arithmatic Logical Unit (ALU)
ALU membentuk fungsi aritmatika (seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan fungsi logika (seperti perbandingan angka-angka). Fungsi ALU ditunjukkan dalam bentuk Working Registers dan General Purpose Registers

c. Storage (memory) unit
Storage unit adalah lokasi dimana program perintah dan data disimpan.

2. Secondary Storage Devices
Secondary Storage Devices merupakan media menyimpan data input maupu output yang berada di luar CPU. Media ini berfungsi untuk menampung data baik yang sudah diolah maupun yang akan diolah CPU biasanya tidak akan mampu untuk menampung semua data yang diterima sehingga perlu untuk disimpan pada secondary storage. Media penyimpanan ini antara lain, magnetic disc, floppy disc, dll

3. Input dan Output Devices
Input Device berfungsi untuk membaca data input dari media input peralatan input mengubah data asal ke bentuk yang dapat dipahami oleh komputer untuk diproses lebih lanjut seperti card reader, keyboard dall.

4. Data Channel
Data channes berfungsi untuk menghubungkan antara pemakai CPU dengan pemakai lainnya. Peralatan ini juga berfungsi untuk mengirim data dari satu lokasi ke lokasi lainnya, misalnya dari gudang mengirim data ke komputer induk (server) yang biasanya digunakan dalam satu lingkungan perusahaan yang menggunakan sistem jaringan terbatas

ad.2 Software (Perangkat lunak)
Sistem perangkat lunak melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai suatu komputer. Defenisi ini memberikan pengertian bahwa perangkat lunak adalah kumpulan dari program-program prosedur prosedur (sistem sistem dan pendokumentasian operasi) dan peraltan sistem-sistem dan mendesain program analisa

ad.2 Procedures 
Prosedur dipandang sebagai salah satu unsur-unsur dari sistem informasi dengan komputer. Pada umumnya ada 2 (dua) jenis prosedur yang penting yaitu :

1. Intruction for users system
Prosedur yang dimaksud adalah memberikan petunjuk atau menuntun bagi pengguna sistem untuk menjalankan segala aktivitasnya dengan menggunakan perangakat komputer

2. Instruction for computer personal that involved in executing of system
Efektivitas sistem komputer tercapai jika semua perangkat lunak bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan dan disetujui dengan jelas. setelah disetujui prosedur dicetak dalam bentuk yang mudah dibaca. kemudian diobservasi dengan hati-hati sehingga sesuai dengan pekerjaan sistem komputer yang diinginkan.

Ad.4 Brainware atau Personal
Aspek manusia yang berhubungan dengan sistem komputer sangat menentukan sekali karena tanpa manusia atau brainware (personalia) komputer itu sendiri tidak dapat bekerja. Biasanya brainware terdiri dari :

1. Sistem Analisis, yaitu bagian dari personal komputer yang bertugas untuk mengadakan presurvey, mengadakan study kelayakan dan mendesain sistem yang akan diterapkan terhadap pemakaian komputer.

2. Programmer, yaitu personalia yang bertugas mengadakan perencanaan program, membuat program, menguji coba sistem dan mengadakan dokumentasi

3. Operator, yaitu personalia yang bertugas mengaktifkan mesin, mengoperasikannya, serta memberhentikan mesin komputer

4. Data preparation, yaitu personel yang bertugas untuk melakukan pemasukan bentuk kode, (hasil program coding dari programmer) ke dalam media input. melakukan pemasukan dari sumber dokumen input atau worksheet, serta melakukan verifikasi benar salahnya dari hasil pemeriksaan tersebut.

5. Scheduler yaitu personel yang bertugas untuk menerima dan membukukan tugas-tugas dari user yang telah siap dilaksanakan menyerahkan tugas-tugas tersebut dari pemakai ke operator untuk diolah, seterusnya memeriksa serta memberikan output kepada pemakai.

Daftar Bacaan : 

Belkaoui - Ahmed Riahi, Accounting, Theory. Fourth Edition, Terjemahan Mawarta, Salemba Empat, Jakarta, 2000

Bodnar, George H., William S. Hopwood. Accounting Information System, Seventh Edition, Prentice - Hall Iternational. Inc. Upper Saddle River, New Jersey, 1998.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com