Tuesday, February 9, 2016

Bidang – Bidang Tanggung Jawab Sosial

Organisasi dapat menerapkan tanggung jawab social terhadap pihak-pihak yang berkepentingan, terhadap lingkungan alam dan kesejahteraan social. Beberapa organisasi mengetahui tanggung jawab mereka di ketiga bidang itu dan berusahan sungguh – sungguh untuk mencapainya, yang lainnya menekankan hanya satu atau dua bidang tanggung jawab sosial. Dan sedikit sekali yang tidak mengetahui tanggung jawab sosial sama sekali.

a.Stakeholder Organisasi
Stakeholder organisasi adalah orang dan organisasi yang dipengaruhi langsung oleh praktek organisasi tertentu dan mempunyai kepentingan terhadap kinerja organisasi itu. Kebanyakan perusahaan berkonsentrasi terhadap konsumen, karyawan dan investor. Organisasi yang bertanggung jawab terhadap konsumen berusaha untuk memperlakukan mereka dengan adil dan jujur, dengan menjanjikan untuk memberikan harga yang sesuai, menganggap penting jaminan produk, menepati komitmen pengiriman dan menjaga kualitas produk yang mereka jual. Contoh perusahaan multinasional yang menerapkan ini adalah Toyota, Dell Computer, Daimler-Chrysler dan Volkswagen.
Organisasi yang bertanggung jawab secara social dalam menghadapi karyawan, akan memperlakukan pekerja secara adil, membuat mereka sebagai tim dan menghargai kebebasan dan kebutuhan dasar mereka sebagai manusia. Organisasi yang telah membangun reputasi kuat dibidang ini adalah HONDA.

Organisasi yang bertanggung jawab terhadap investor, manajer akan mengikuti prosedur akuntansi yang benar, memberikan informasi yang cukup pada pemegang saham tentang kondisi keuangan perusahaan, dan mengelola organisasi untuk melindungi hak pemegang saham dan investasi.

b.Lingkungan Alam
Belum terlalu lama, banyak organisasi tanpa terkecuali membuang kotoran, limbah produksi dan sampah ke sungai, ke udara dan tanah kosong. Ketika Royal Dutch/Shell pertama kali mengeksplorasi sungai Amazon untuk potensi lokasi pengeboran di akhir 1980-an, krunya menebangi hutan dan meninggalkan sampah di sungai tersebut. Sekarang banyak undang-undang yang mengatur pembuangan limbah material. Dalam banyak hal, perusahaan-perusahaan telah semakin bertanggung jawab secara social terhadap pembuangan bahan polusi dan perlakuan secara umum terhadap lingkungannya. Kembali ke Shell, ketika meluncurkan ekspedidi eksplorasi yang terakhir ke daerah bagian sungai Amazon, kelompok ini melibatkan ahli biologi untuk mengawasi perlindungan lingkungan dan ahli antropologi untuk membantu tim lebih efektif berinteraksi dengan suku asli.
Perusahaan juga telah mengembangkan cara-cara yang layak dan ekonomis untuk menghindari hujan asam dan pemanasan global, menghindari penipisan ozon, dan mengembangkan metode alternative menangani kotoran, limbah produksi dan sampah biasa.Contohnya adalah Procter and Gamble yang menggunakan bahan daur ulang untuk wadah-wadahnya dan Starbuck meneluarkan rencana membayar supplier kopi bonus tambahan 10 sen per pound jika mereka menunjukkan komitmen untuk melindungi lingkungan. Dalam hal ini internet juga memainkan peranan penting dalam konservasi sumber daya dengan mengurangi biaya energy dan polusi dalam transaksi bisnis.

c.Kesejahteraan Sosial Umum
Contoh-contohnya adalah mencakup memberi sumbangan untuk kegiatan sosial, organisasi amal, dan yayasan nirlaba, asosiasi , museum, serta mengambil peranan dalam meningkatkan kesehatan dan pendidikan masyarakat. Bahkan beberapa orang percaya bahwa perusahaan harus turut bertindak lebih luas untuk memperbaiki ketidakmerataan politik dan sosial yang ada di dunia. Dan akhirnya dipercaya bahwa untuk memperlakukan stakeholder dan lingkungan dengan penuh tanggung jawab, maka organisasi bisnis internasional juga harus bisa mendorong kesejahteraan social umum masyarakat Negara tersebut.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com