STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
STRUKTUR KURIKULUM SDN GUNONGSEKAR I SAMPANG
Kompetensi Dasar
• Mendengarkan
• Berbicara
• Membaca
• Menulis
STRUKTUR KURIKULUM SDN GUNONGSEKAR I SAMPANG
No
|
Komponen
|
Alokasi Waktu
| |||
I
|
II
|
III
|
IV, V, dan VI
| ||
A
|
Mata Pelajaran
| ||||
1
|
Pendidikan Agama
|
3
| |||
2
|
Pendidikan Kewargangaraan
|
2
| |||
3
|
Bahasa Indonesia
|
6
| |||
4
|
Matemafika
|
6
| |||
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
| |||
6
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
| |||
7
|
Seni Buda dan Ketrampilan
|
4
| |||
8
|
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
4
| |||
B
|
Muatan Lokal
| ||||
a. Bahasa Madura
|
2
| ||||
b. Bahasa Inggris
|
2
| ||||
C.
|
Pengembangan Diri
|
2*
| |||
Jumlah
|
28
|
29
|
32
|
36
|
*Ekuivalen 2 jam pelajaran
Keterangan :
• 1 jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
• Kelas I, 2, dan 3 pendekatan tematik, alokasi waktu pertama pelajaran 35 menit
• Kelas 4, 5, dan 6 pendekatan mata pelajaran
• Sekolah memasukkan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari mata pelajaran yang diunggulkan dan sesuai karakteristik daerah yaitu industri dan pariwisata
B. Muatan Lokal
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama
1. Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk :
· Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
· Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Ø Ruang Lingkup
Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
• Al-Qur'an dan Hadits
• Aqidah
• Akhlak
• Fiqih
• Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
2. Pendidikan Agama Kristen bertujuan untuk :
Mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK ) adalah :
· Memperkenalkan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dan karya-karyaNya agar peserta didik bertumbuh iman percayanya dan meneladani Allah Tritunggal dalam hidupnya
· Menanamkan pemahaman tentang Allah dan karya-Nya kepada peserta didik, sehingga mampu memahami dan menghayatinya
· Menghasilkan manusia Indonesia yang mampu menghayati imannya secara bertanggungjawab serta berakhlak mulia di tengah masyarakat yang pluralistik.
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Kristen meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Allah Tritunggal (Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus) dan karya-Nya
2. Nilai-nilai kristiani.
Pada jenjang pendidikan SD peserta didik diperkenalkan pada hakikat Allah dan perspektif hubungan-Nya dengan manusia. Allah tidak berkarya di dalam ruang kosong, tetapi berkomunikasi dengan manusia. Allah membina relasi dengan manusia melalui karya-Nya.
b. Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
· Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi
· Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri beedasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
· Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain daiam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata petajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek aspek sebagai berikut.
· Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Keterbukaan dan jaminan keadilan
· Norma, hukum dan peraturan, meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistim hukum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional
· Hak asasi manusia meliputi: Hak dan kewajiban anak, Hal: dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen nasional dan internasianal HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
· Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri , Persamaan kedudukan warga negara
· Konstitusi Negara meliputi: Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, Konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia , Hubungan dasar negara dengan konstitusi
· Kekuasan dan Politik, meliputi: Pemerintahan desa dan kecamatan, Pemerintahan daerah dan otonomi; Pemerintah pusat, Demokrasi dan sistem politik, Buda,ya politik, Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers dalam masyarakat demokrasi
· Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka
· Globalisasi meliputi: GIobaiisasi di lingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak globalisasi, Hubungan internasional dan organisasi internasional, dan Mengevaluasi globalisasi.
c. Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Berkomunikasi secara efektif d an efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan rnaupun tulis
· Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
· Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
· Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
· Menikmati dan memanfaatkan Karya sastra ttntuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
· Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia .
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
· Mendengarkan
· Berbicara
· Membaca
· Menulis.
d. Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
· Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
· Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh
· Mengomunikasikan gagasan dengan simboi, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
· Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam keliidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Ø Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek aspek sebagai berikut.
· Bilangan
· Geometri dan pengukuran
· Pengolahan data.
e. Ilmu Pengetahuan Alam
Mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
· Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
· Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
· Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
· Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
· Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta daIam memeIihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
· Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteratucannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
· Memperoteh bekal pertgetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
Ø Ruang Lingkup
Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi aspek-aspek berikut.
· Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
· Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas Energi dan perubahannya meliputi: gaya , bunyi, parias, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
· Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
f. Ilmu Pengetahnan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
· MengenaI konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
· Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis; rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
· Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
· Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
· Manusia, Tempat, dan Lingkungan
· Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
· Sistem Sosial dan Budaya
· Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
g. Seni Budaya dan Ketrampilan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan ketrampilan.
· Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan ketrampilan.
· Menampilkan kreaiivi`as melalui seni budaya dan ketrampilan.
· Menampitkan peran serta dalam seni budaya dan ketrampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
Ø Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
· Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
· Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
· Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
· Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
· Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani srta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
· Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
· Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
· Meletakkan Iandasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilainilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
· Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokrasi.
· Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
· Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
· Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
· Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
· Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
· Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
· Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
· Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
· Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
2. Muatan Lokal
a. Bahasa Madura
Mata pelajaran Bahasa Madura bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Madura.
· Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Madura.
· Memupuk tanggung jawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya daerah sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional
· Mengembangkan ketrampilan sesuai karakteristik daerah Madura sebagai daerah industri dan wisata
Ø Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Madura mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
· Mendengarkan
· Berbicara
· Membaca
· Menulis
( Contoh Format SK dan KD Mulok Bahasa Daerah Madura harus diisi oleh sekolah )
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Madura
Kelas IV Semester I
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
• Mendengarkan
• Berbicara
• Membaca
• Menulis
b. Bahasa Inggris
Mata pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
· Mengenalkan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi internasional
· Membekali siswa untuk menghadapi tuntutan dalam rangka menyongsong era globalisasi sebagai daerah indu.stri dan wisata.
Ø Ruang Lingkap
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
· Listening
· Speaking
· Reading
· Writing
Keterampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.
(Contoh Format SK dan KD Mulok Bahasa Inggris )
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Keias IV Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Listening
Speaking Reading Writing |
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Meliputi beragam kegiatan ekstra kurikuler, siswa memilih sesuai dengan minat dan bakat, yang terdiri atas :
a. Kewiraan
1) Pramuka
2) P K S ( Patroli Keamanan Sekolah )
b. Olahraga
1) Sepak bola
2) Senam kreasi
3) Bulu tangkis
4) Catur
5) Atletik
c. Seni
1) Seni lukis
2) Seni tari
3) Seni musik dan vokal
4) Teater
d. Pendidikan Kecakapan Hidup
1) Komputer
e. UKS
1) Dokter kecil l Tiwisada
2) Kebun sekolah
f. Ilmiah
1) English Speaking
2) Karya llmiah Dasar
g. Kegiatan Pembiasaan
Merupakan proses pembentukan akhlak dan penanaman / pengamatan ajaran agama Islam.
Adapun kegiatan pembiasaan meliputi :
Ø Peringatan Hari Besar Islam misalnya : Pondok Ramadhan, Takbir keliling, Halal Bihalai, Maulid Nabi, ldul Adha, Penyantunan anak yatirn, Isro' Miraj.
Ø Menjenguk teman sakit / terkena musibah.
Ø Pembiasaan berperilaku Islami misalnya : mengucapkan salam, cium tangan terhadap orang tua dan guru, makan dan minum tidak sambil berdiri, menjaga kebersihan pribadi dan berdoa bersama sebelum dan sesudah pelajaran
4. Pengaturan Beban Belajar
Kelas
|
Satu Jam
Pelajaran
Tatap Muka /
menit
|
Jumlah jam
Pembelajaran/
Minggu
|
Minggu Efektif
Per Tahun
Ajaran
|
Waktu
Pembelajaran
Jam/Tahun
|
1
|
35
|
28
|
37
|
1.036
|
2
|
35
|
29
|
37
|
1.073
|
3
|
35
|
32
|
37
|
1.184
|
4
|
35
|
36
|
37
|
1.332
|
5
|
35
|
36
|
37
|
1.332
|
6
|
35
|
36
|
30
|
1.080
|
5. Ketuntasan Belajar
Jika tingkat ketunta.san per mata pelajaran untuk tiap kelas sama maka tabelnya akan terlihat sebagai berikut :
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.