Thursday, October 29, 2009

MAKALAH TENTANG PERKEBUNAN


PENDAHULUAN
1. Lokasi Kebun
Lokasi Kebun PTP Nusantara II Kebun Tanjung Garbus – Pagar Marbau berada di Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara, dan berjarak 25 km dari kota Medan PTPN – II ini terbesar dalam tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Lubuk Pakam, Kecamatan Pagar Marbau, dan Kecamatan Perbaungan, Perkebunan PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau berada pada ketinggian 14 – 20 m dpl, dengan iklim basah, dan curah hujanpertahun berkisar antara 1500-2000 mm/tahun, dengan jenis tanah latosol, dan tofografi dataran rendah.
Adapun perbatasan areal perkebunan PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau adalah :
· Sebelah utara berbatasan dengan kota Lubuk Pakam.
· Sebelah selatan berbatasan dengan Daerah Jati Baru.
· Sebelah barat berbatasan dengan kampung Tanjung Garbus I dan Desa Batu Delapan.
2. Sejarah Kebun
Perkebunan Tanjung Garbus- Pagar Marbau pada awalnya dimilki oleh Perusahaan Belanda yang bernama “ NV SENEMBAH MAAT CHAAAPY” dengan komoditi tanaman karet. Pada tahun 1957 perkebunan Belanda ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia dari tangan Belanda. Setelah diambil alih Pemerintah Indonesia namanya berganti menjadi PPN baru, dan selama diambil alih oleh Pemerintah Indonesia, juga telah banyak mengalami perubahan – perubahan nama yaitu sebagai berikut :
a. Pada tahun 1963 PNP baru unit II menjadi PPN Sumut V.
b. Pada tahun 1964 menjadi PPN karet III.
c. Pada tahun 1970 berdiri sendiri menjadi PNP II / Sws.
d. Kebun PTPN – II Tanjung Morawa dan Perusahaan Peserta PT. Perkebunan yang bergerak di dalam bidang pertanian perkebunan, didirikan dengan Akta Notaris pada tanggal 12 Desember 1976, dan disyahkan oleh menteri Kehakiman dengan SE. I. A. 5 / 43 B pada tanggal 28 januari 1977 dan telah dirumuskan dalam lembaran Negara No. 52 / 1978 sebagai tambahan informasi RI No. 6 tanggal 20 januari 1978.
e. Di daftarkan pada pengadilan Negeri Tingkat I Medan tanggal 19 Februari 1978 No. 10. 1077. PT. Perseroan Terbatas ini bersama dengan perusahaan Perseroan PTP - I disingkat menjadi PTP – I, yang merupakan Perseroan bentuk gabungan dengan PNP – II Sawit seberang.
f. Pendirian Perusahaan ini melaksanakan UU No. 9 tahun 1969 dan peraturan pemerintah tahun 1975.
g. Pada tahun 1984, menurut keputusan pemengang saham, setelah akta pendiriannya dirubah maka dituangkan dalam Akta Notaris Inas Patimah, SH Jakarta No. 94 tanggal 13 Agustus 1984.
h. Pada tahun 1989 Kebun Melati digabung dengan kebun Tanjung Garbus dan menjadi PTP – II TG MEL ( Tanjng Garbus Melati).
i. Pada tahun 1989 kebun TG MEL beralih komiditi tanaman, yaitu dari tanaman karet menjadi tanaman kelapa sawit.
j. Pada tanggal 11 Maret 1996 PTPN – II digabung dengan PTPN – IX dan menjadi PTPN – II Persero, disingkat dengan TG – PM II, yang berkantor pusat di Tanjung Morawa.
GAMBARAN UMUM PERKEBUNAN
1. Luas Kebun Seluruhnya
Luas kebun seluruhnya PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau adalah 4.789.69 Ha.
1.1. Luas Kebun Yang Di Tanami
Luas areal kebun PTPN – II Tanjun Garbus – Pagar Marbau yang ditanami tanaman kelapa sawit terdiri dari tanaman belum menghasilkan memiliki luas 402,70 Ha,dan untuk menghasilkan 3,802,97 Ha.
1.2. Pemakian tanah Yang Lain
Untuk pemakain tanah lain, PTPN II Tanjung Garbus – Pagar Marbau menyisikan tanah seluas 268,69 Ha.Tujuan dari penyisian tanah ini adalah untuk sarana lapangan bola kaki, jalan , Kuburan, PLN, Emplasmen, rumah sekolah, dan lain – lain.
2. Susunan Tanamnan / Luas
Susunan tanaman atau luas areal yang ditanami oleh kelapa sawit antara lain :
2.1. Luas Bibitan, TBM, TM
Untuk luas areal bibitan 13,00 Ha, dan untuk tanaman belum menghasilkan 402,70 Ha, dan untuk tanaman menghasilkan luas areal 3,802,97 Ha.
2.2. Varietas / Klon Yang Di Tanami
Varietas atau klon yang ditanam di kebun PTPN II Tanjung Garbus – Pagar Marbau adalah jenis D x P (Tenera ) yang berasal dari PPKS Marihat, DY x P (Dumpy) yang berasal dari PPKS Medan, dan kultur jaringan yang berasal dari marihat.
2.3. Luas Untuk Setiap Varietas
Kebun PTPN – II Tanjung Garbus Pagar Marbau merupakan Perkebunan yang hampir keselurahannya menggunakan varietas ini adalah 4,789,69 Ha, dengan jarak tanam 9,42 x 8,16 m, dengan sistem tanam segi tiga sama sisi.
RINGKASAN EKSEKUTIF
Perkebunan PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau merupakan perusahaan yang termasuk perusahaan BUMN Indonesia, yang mana lokasi perkebunan ini berada di Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara, dan berjarak ± 25 km dari kota Medan. PTPN – II ini terbesar dalam tiga kecamatan yaitu, kecamatan Lubuk Pakam, kecamatan Pagar Marbau, dan kecamtan Perbaungan. Perkebunan PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau berada pada ketinggian ± 14 – 20 m dpl, dengan iklim basah, dan curah hujan pertahun berkisar antara 1500 – 2000 mm / tahun, dengan jenis tanah latosol, dan topografi datar.
Perkebunan Tanjung Garbus – Pagar Marbau semula dimilki oleh perusahaan Belanda yang bernama “ NV SENEMBAH MAAT CHAAPY “ dengan komiditi tanaman karet. Namun pada tahun 1957 perkebunan belanda ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia dari tanggan Belanda. Setelah diambil alih oleh Pemerintah RI namanya berubah menjadi Perusahaan Perkebunan Negara ( PPN ).
Luas kebun keseluruhan PTPN – II Tanjung Grabus – Pagar Marbau adalah 4.789,68 Ha, yang mana luas kebun yang ditanami tanamna kelap sawit adalah , untuk pembibitan luas areal ±13,00 ha, untuk tanaman belum menghasilkan ± 402,70 Ha, untuk tanaman menghasilkan ( TM ) ±3.802,97 Ha, dan untuk pemakaian tanah lain – lain seluas ± 268,69 Ha.
Jarak tanam yang digunakan PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau adalah 9,42 x 8,16 m dengan sistem segtiga sama sisi. Dan varietas yang digunakan adalah Varietas jenis D x P ( Tenera ).
Fasiitas yang tersedia di perkebunan PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau agi karyawan dan masyarakat setempat adalah berupa fasilitas pendidikan, klinik, sarana olahraga, tempat beribadah, dan jalan. Fasilitas ini diberikan sebagai penunjang dalam memeberikan pelayanan bagi keluarga karyawan, dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat setempat agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial.
Perkebunan PTPN – II Tanjung Garbus – Pagar Marbau memperkerjakan pekerja dan staf adalah sebagai berikut :
  1. Administratur ( ADM ) : 1 orang
  2. Staf : 12 orang
  3. Karyawan Tanaman : 773 orang
  4. BHL : 312 orang
  5. Umum / Administrasi : 273 orang
DAFTAR TABEL
No Judul Halaman
1. Standart Kebutuhan Kecambah ........................................................
2. Dosis Pemupukan Pada Pembibitan Main Nursery..........................
3. Dosis Pemupukan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM).............
4. Kriteria Buah yang di Panen............................................................
5. Jumlah Tenaga Kerja.......................................................................
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Visitor Info