Friday, February 8, 2013

Perlindungan, Keselamatan, dan Kesehatan Pekerja


A.1. Perlindungan
Yang Berhubungan Dengan Masalah Keuangan
Perlindungan yang berdasarkan dengan masalah keuangan dilakukan melalui pemberian berbagai santunan dalam bentuk santunan jaminan sosial, kompensasi ketiadaan pekerja, biaya medis, dan kompensasi pekerja.
  
Perlindungan Yang Berhubungan Dengan Keamanan Fisik Karyawan
Dalam rangka memberikan perlindungan terhadap keselamatan dan keamanan kerja, pemerintah mengeluarkan peraturan perundang-undangan yang mengharuskan perusahaan untuk memberikan fasilitas yang memadai menjamin keamanan kerja serta memberikan jaminan financial apabila karyawan mengalami kecelakaan kerja. Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Keselamatan dan kesehatan kerja menunjuk tradisi-ftadisi fisiologis-fisikal dan Psikologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang disediakan oleh perusahaan.

A.2. Tujuan dan Pentingnya Keselamatan Kerja
Manfaat Lingkungan Yang Aman dan Sehat
Jika perusahaan dapat menutunkan tingkat dan beratnya kecelakaan-kecelakaan kerja, penyakit, dan hal-hal yang berkaitan dengan stress, serta mampu meningkatkan kualitas kehidupan kerja para pekerja, perusahaan akan semakin efektif. peningkatan-peningkatan terhadap hal ini akan menghasilkan :
§  Meningkatkan produktivitas karena menurunnya jumlah hari kerja yang hilang
§  Meningkatnya efisiensi dan kualitas kerja yang lebih berakomitmen
§  Menurunnya biaya -biaya kesehatan dan asuransi
§  Tingkat pekerja kompensasi pekerja dan pembayaran langsung yang lebih rendah karena meurunnya pengajuan klaim
§  Fleksibilitas dan adaptabilitas yang lebih besar sebagai dari meningkatnya partisipasi dan rasa kepemilikan.
§  Rasio seleksi tena.ga kerja yang lebih baik karena meningkatnya citra rasa perusahaan

Kerugian Lingkungan Kerja Yang Tidak Aman dan Tidak Sehat
Jumlah biaya yang besar sering muncul karena ada kerugian-kerugian akibat kematian dan kecelakaan ditempat kerja dan kerugian menderita penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kondisi pekerjaan.

Gangguan Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Baik aspek fisik maupun sosio-psikologis lingkungan pekerjaan membawa dampak kepada keselamatan dan kesehatan kerja salah satunya sebagai berikut :
§  Kecelakaan-kecelakaan Kerja
Perusahaan - perusahaan tertentu atau departemen tertentu cenderung mempunyai tingkat kecelakaan kerja yang lebih tinggi dari pada yang lainnya. Beberapa karakteristik dapat menjelaskan perbedaan tersebut.
§  Kualitas Organisasi
Tingkat kecelakaan berbeda secara substasial menurut jenis industry
§  Pekerja yang mudah celaka
Sebagai ahli menunjuk pekerja sebagai sebab utama terjadinya kecelakaan. kecelakaan bergantung pada perilaku pekerja, tingkat bahaya pada lingkungan pekerja, dan semata-mata nasib sial.
§  Pekerja Berperangai sadis
Kekerasan ditempat pekerja meningkatkan dengan pesat, dan perusahaan dianggap bertanggung jawab terhadap hal tersebut.
§  Penyakit-penyakit yang Diakibatkan Pekerjaan
Sumber-sumber potensial penyakit-penyakit berhubungan dengan pekerjaan sama beragamnya seperti gejala-gejala penyakit tersebut.
§  Kategori Penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan
Dalam jangka panjang, bahaya-bahaya dilingkungan kerja dikaitkan dengan kanker kelenjar tiroid, hati, paru-paru, otak, ginjal, dan lain-lain.
§  Kelompok-Kelompok Pekerja Yang Beresiko
Kehidupan kerja berkualitas rendah
bagi banyak pekerja, kehidupan kerja berkualitas rendah akan menyebabkan oleh kondisi tempat kerja yang gagal untuk memenuhi preferesnis dan minat-minat tertentu seperti rasa tanggung jawab, keinginan akan pemberdayaan dan keterlibatan dalam pekerjaan tantangan, harga diri, pengendalian diri, penghargaan, prestasi, keadilan, keamanan dan kepastian
Stress pekerjaan
Penyebab umum stress bagi banyak pekerja adalah supervisor (atasan), salary (gaj i), security (keamanan), dan safety (keselamatan). Aturan -aturan kerj a yang sempit dan tekanan - tekanan yang tiada henti untuk mencapai jumlah produksi yang lebih tinggi adalah penyebab utama stress yang deikaitkan para pekerja dengan supervisor. berikut ini salah satu penyebab stress kerja yaitu :

A.3. Perubahan Organisasi
Perubahan-perubahan yang dibuat oleh perusahaan biasanyamelibatkan sesuatu yang penting dan disertai ketidakpastian.
§  Tingkat Kecepatan Kerja
Tingkat kecepatan kerja dapat dikendalikan oleh mesin atau manusia
§  Lingkungan Fisik
Walaupun otomatisasi kantor adalah suatu cara untuk meningkatkan produktivitas, hal itu juga mempunyai kelemahan-kelemahan yang berhubungan dengan stress.
§  Pekerja Yang rentan Stress
Manusia memang berbeda dalam memberikan respon terhadap penyebab stress.
§  Kelelahan Kerja
Adalah sejenis stress yang banyak dialami oleh orang-orang yang bekerja dalam pekerjaan-pekerjaan pelayanan.
a. Strategi Meningkatkan Kualitas Kerja
Bila penyebabnya sudah diidentifikasi, strategi-strategi dapat dikembangkan untuk menghilangkan atau mengurangi bahaya-bahaya kerja. Untuk menentukan apakah suatu strategi efektif atau tidak, perusahaan dapat membandingkan insiden, kegawatan dan frekuensi penyakit-penyakit dan kecelakaan sebelum dan sesudah strategi tersebut diberlakukan.

Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com