Thursday, March 28, 2013

Strategi Guru Agama Islam Dalam Pembinaan AkhlakSiswa

1. Strategi Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa
Strategi guru agama islam mengandung pengertian rangkaianperilaku pendidik yang tersusun secara terencana dan sistematis untukmenginformasikan, mentransformasikan dan menginternalisasikan nilainilai Islam agar dapat membentuk kepribadian muslim seutuhnya.
Strategi guru agama yang dilakukan dalam upaya pendidikan ataupembinaan Akhlaksiswa, terdapat beberapa strategi ataumetode yang digunakan diantaranya ialah :

a. Pendidikan secara langsung
Yaitu dengan mengadakan hubungan langsung secara pribadidan kekeluargaan dengan individu yang bersangkutan. Dengan cara mempergunakan petunjuk, nasehat, tuntunan, menyebutkan manfaatdan bahaya-bahayanya.
Menurut Marimba dalam bukunya yang berjudul ”PengantarFilsafat Pendidikan Islam” ditulis bahwa pendidikan secara langsungini terdiri dari lima macam yakni:
1). Teladan
Disini guru sebagai teladan bagi anak didiknya dalamlingkungan sekolah disamping orang tua dirumah. Guru hendaknyamenjaga dengan baik perbuatan maupun ucapan sehingga nalurianak yang suka meniru dan mencontoh dengan sendirinya akanturut mengerjakan apa yang disarankan baik itu orang maupun guru.
Sebagaimana pendapat salah seorang tokoh psikologi terapiyang sesuai dengan ajaran Islam ”si anak yang mendengar orangtuanya mengucapkan asma Allah, dan sering melihat orang tuanyaatau semua orang yang dikenal menjalankan ibadah, maka yangdemikian itu merupakan bibit dalam pembinaan jiwa anak”
2). Anjuran
Anjuran yaitu saran atau ajakan untuk berbuat ataumelakukan sesuatu yang berguna. Dengan adanya anjuranmenanamkan kedisiplinan pada anak didik sehingga akhirnya akan menjalankan segala sesuatu dengan disiplin sehingga akanmembentuk suatu kepribadian yang baik.
3). Latihan
Tujuan dari latihan adalah untuk menguasai gerakanhafalan dan ucapan-ucapan (pengetahuan). Dalam melakukanibadah kesempurnaan gerakan ucapan. Dengan adanya latihan inidiharapkan bisa tertanamkan dalam hati atau jiwa mereka.
4). Kompetensi
Kompetensi adalah persaingan meliputi hasil yang dicapaioleh siswa. Dengan adanya kompetensi ini para siswa akanterdorong atau lebih giat lagi dalam usahanya.
Misalnya guru mendorong anak untuk berusaha lebih giatdalam beribadah. Kompetensi menumbuhkan rasa kebersamaandan menanamkan rasa saling percaya.
5). Pembiasaan
Strategi ini mempunyai peranan yang penting dalampembentukan dan pembinaan Akhlakyang baik. Karenadalam pembiasaan ini menjadi tumbuh dan berkembang denganbaik dan tentunya dengan pembiasaan-pembiasaan yang harusdilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga muncul suaturutinitas yang baik yang tidak menyimpang dari ajaran Islam.

b. Pendidikan secara tidak langsung
Yaitu strategi guru yang bersifat pencegahan, penekanan padahal-hal yang akan merugikan. Strategi ini dibedakan menjadi 3 (tiga)bagian diantaranya adalah:
1). Larangan
          Larangan adalah suatu keharusan untuk tidak melaksanakanatau melakukan pekerjaan yang merugikan. Alat inipun bertujuanuntuk membentuk disiplin.
2). Koreksi dan pengawasan
  Adalah untuk mencegah dan menjaga, agar tidak terjadisesuatu hal yang tidak di inginkan. Mengingat manusia bersifattidak sempurna maka kemungkinan untuk berbuat salah sertapenyimpangan-penyimpangan maka belum kesalahan-kesalahan ituberlangsung lebih jauh lebih baik selalu ada usaha-usaha koreksidan pengawasan.
3). Hukuman
          Adalah suatu tindakan yang dijatuhkan kepada pesertadidik secara sadar dan sengaja sehingga menimbulkan penyesalan.Dengan adanya penyesalan tersebut siswa akan sadar atasperbuatannya dan ia berjanji untuk tidak melakukannya danmengulanginya. Hukuman ini dilaksanakan apabila larangan yangtelah diberikan ternyata masih dilakukan oleh siswa. Namunhukuman tadi tidak harus hukuman badan, melainkan bisamenggunakan tindakan-tindakan, ucapan dan syarat yangmenimbulkan mereka tidak mau melakukannya dan benar-benarmenyesal atas perbuatannya.
Begitu juga yang dikatakan oleh Mohammad Al Syaibanydalam bukunya ”Filsafat Pendidikan Islam”, telah membagi metodedalam pembinaan Akhlakyang umumnya digunakan antaralain:
1). Metode Induksi (Pengambilan Kesimpulan)
  Metode ini digunakan untuk mendidik agar anak didikdapat mengetahui fakta-fakta dan kaidah-kaidah umum dengancara menyimpulkan pendapat..
2). Metode Perbandingan (Qiyasiah)
          Metode ini digunakan untuk mendidik agar siswa dapatmembandingkan kaidah-kaidah umum atau teori dan kemudianmenganalisisnya dalam bentuk rincian.
3). Metode Dialog (Perbincangan)
  Metode ini digunakan untuk mendidik siswa agar merekadapat  mengemukakan kritik-kritik terhadap teori/materi yangdiberikan dengan melalui dialog. Selain metode-metode diatas masih banyak metode-metode lainyang cocok untuk pengajaran akhlak. Adapun metode-metodemengajar akhlak adalah sebagai berikut:
1). Metode Alami.
  Metode alami adalah suatu metode dimana akhlak yang baikdiperoleh bukan melalui pendidikan, pengalaman ataupun latihan,tetapi diperoleh melalui insting atau neluri yang dimiliki secaraalami.
2). Metode Mujahadah dan Riadhoh.
          Orang yang ingin dirinya menjadi penyantun, maka jalannyadengan membiasakan bersedekah, sehingga menjadi tabiat yangmudah mengerjakannya, mujahadah atau perjuangan yangdilakukan guru menghasilkan kebiasaan-kebiasaan baik. Metodeini sangat tepat untuk mengajarkan tingkah laku dan berbuat baiklainnya, agar anak didik mempunyai kebiasaan berbuat baiksehingga menjadi akhlak baginya, walaupun dengan usaha yangkeras dan melalui perjuangan yang sungguh-sungguh.
3). Metode Teladan.
          Akhlak yang baik tidak hanya diperoleh melalui mujahadah,latihan atau riadhoh dan diperoleh secara alami berdasarkan fitrah,akan tetapi juga bisa diperoleh melalui teladan, yaitu mengambilcontoh atau meniru orang yang dekat dengannya. Metode inisangat efektif untuk mengajarkan akhlak, maka seyogyanya gurumenjadi panutan utama bagi murid-murid dalam segala hal. Tanpaguru yang memberi contoh, tujuan pengajaran akan sulit dicapai.
4). Metode Nasehat
          Pada umumnyanasehat diberikan kepada orang yang melanggarperaturan. Metode tersebut biasa terjadi, tetapi juga jarang terjadi.Dengan demikian tampaknya lebih ditunjukkan kepada siswa-siswiyang kelihatan melanggar peraturan. Ini  menunjukkan dasarpsikologi yang kuat, karena orang pada umumnya kurang senang dinasehati, apalagi nasehat itu ditunjukkan kepada pribadi tertentu.
5). Metode Ceramah
          Metode ceramah merupakan metode yang paling banyak digunakanoleh para pendidik dalam menyampaikan atau mengajak oranguntuk mengikuti ajaran yang lebih ditentukan. Metode tersebutbiasa berbeda-beda, tergantung kepada pembinaannnya, bagaimanapembicara itu, bagaimana bobot pembicaraannya dan apa prestasiyang telah dihasilkan.
6). Metode Kisah-kisah
          Kisah atau cerita sebagai suatu metode pendidikan mempunyaidaya tarik yang menyentuh perasaan. Kisah tersebut banyakdikemukakan oleh Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an maupunhadits. Untuk itulah dalam menggunakan metode kisah-kisahbiasanya mengenai pembahasan tentang akhlak dan keimanan.
          Akhlak atau sistem perilaku dapat di didik/ diteruskan melaluisekurang-kurangnya dua pendekatan:
1). Rangsangan-jawaban (stimulus response) atau yang disebut prosesmengkondisi sehingga terjadi automatisasi dan dapat dilakukandengan cara sebagai berikut:
a). Melalui latihan
b). Melalui Tanya jawab
c). Melalui mencontoh
2). kognitif yaitu penyampaian informasi secara teoritis yang dapatdilakukan antara lain sebagai berikut:
a). Melalui dakwah
b). Melalui ceramah
c). Melalui diskusi dan lain-lain
          Dengan adanya uraian diatas, masalah strategi dan metodepembinaan akhlak atau pelaksanaannya bagi guru maupun orang tuamempunyai pengaruh yang penting dalam pelaksanaan pembinaanAkhlaksiswa.Menerapkan Akhlak dalam kehidupan sehari-hari,terutama nagi para pendidik amat penting, sebab penampilan, perkataan,akhlak, dan apa saja yang terdapat padanya, dilihat, didengar dandiketahui oleh para anak didik, akan mereka serap dan tiru, dan lebihjauh akan mempengaruhi pembentukan dan pembinaan akhlak mereka.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com