Thursday, March 28, 2013

Pentingnya Pembinaan AkhlakSiswa


Pentingnya Pembinaan AkhlakSiswa
Agama islam memandang akhlak sangat penting bagi manusia,bahkan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupanmanusia. Kepentingan akhlak ini tidak saja dirasakan oleh manusia itusendiri dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat bahkan dalamkehidupan bernegara. Akhlak dirasakan sangat penting begi kehidupankarena dengan akhlak maka seseorang mampu  mengatur kehidupannyadan mampu membedakan mana perbuatan yang baik dan mana perbuatanyang tidak baik (tercela).
Pentingnya pembinaan Akhlaksiswa yaitu untukmemberikan bimbingan, pengawasan dan pengajaran akhlak pada siswa,dengan tujuan supaya siswa bisa membedakan mana akhlak yang baik danmana akhlak yang buruk. Dengan demikian siswa akan paham danmengerti bahwa perbuatan yang baiklah yang harus mereka kerjakan.Akhlak merupakan mutiara hidup yang membedakan makhlukmanusia dengan makhluk lainnya, seandainya manusia tanpa akhlak, makaakan hilang derajat kemanusiaannya.
Hamzah Ya’cub dalam bukunya ”Etika Islam” menyatakan bahwamanfaat mempelajari akhlak adalah sebagai berikut:
1. Memperoleh Kemajuan Rohani
Tujuan ilmu pengetahuan adalah meningkatkan kemajuanmanusia di bidang rohaniah atau bidang mental spiritual. Antara orangyang berilmu pengetahuantidaklah sama derajatnya dengan orangtidak berilmu pengetahuan, karena orang yang tidak berilmupengetahuan, karena orang yang berilmu, praktis memiliki keutamaandengan derajat yang lebih tinggi.
2. Sebagai Penuntun Kebaikan
Dengan mempelajari akhlak maka ia akan mengerti, memahamidan membedakan mana akhlak yang baik dan akhlak yang buruk.Dengan adanya pembinaan Akhlaksiswa makadiharapkan siswa memiliki kepribadian yang baik (mulia). Kepribadianmulia yang dimaksud adalah kepribadian yang sempurna.
Jadi dengan mempelajari dan dengan adanya pembinaan Akhlaksiswa, maka siswa diharapkan memelihara diri agar senantiasaberada pada garis akhlak yang mulia dan menjauhi segala bentuk akhlakyang tercela sehingga manusia akan dihargai dan dihormati. Untuk itusangat penting sekali pembinaan akhlak siswa melalui materi pendidikaagama islam yang harus ditanamkan sejak dini, agar mereka mampumenerapkan dalam kehidupannya sehari-hari sehingga terbukalahkepribadian siswa yang berakhlak.

4. Materi Pembinaan AkhlakSiswa
Menurut ajaran islam berdasarkan praktek Rasulullah, pendidikan Akhlak(akhlak mulia) adalah sutu faktor penting dalam membina suatu umat atau membangun suatu bangsa. Yang diperlukan oleh pembangunan ialah keikhlasan, kejujuran, jiwa kemanusiaan yang tinggi, sesuainya kata dengan perbuatan. Oleh karena itu program utama dan perjuangan pokok dari segala usaha, ialah pembinaan akhlak mulia.1989), hal. 37
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com