Thursday, March 14, 2013

Ciri-ciri Nasionalisme




1.            Pengertian Nasionalisme
Nasionalisme adalah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri, politik untuk membela pemerintahan sendiri.(Anton M. Moeliono, 1989:610).
Menurut  Han  Khan, Nasionalisme adalah suatu paham yang kesatuan tertinggi  individu harus diserahkan kepada nagara kebangsaan (2000 : 15)
Nasionalisme di Indonesia diawali dengan timbulnya upaya-upaya pencarian jati diri masyarakat untuk memotivasi perlawanan terhadap bangsa asing.
Dalam catatan sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan, telah mengalami pasang surut. Bangsa Indonesia masuk kedalam alam penjajahan, yaitu mulai abad ke-17. Dengan dimulainya sistem monopoli perdagangan rempah-rempah oleh bangsa Belanda, Untuk membebaskan diri dari cengkeraman penjajah ternyata sangat sulit. Perjuangan yang hanya mengandalkan kekuatan bersenjata tradisional, ternyata tidak mampu mengusir penjajah dari bumi tanah air Indonesia.(Drs. Sudiyo, 2002 : 3)

 Bangsa Indonesia selalu mengalami kekalahan dan disebabkan oleh :
·                     Belum adanya, persatuan dan kesatuan
·                     Sifat perjuangan masih kedaerahan
·                     Belum ada organisasi perjuangan yang bersifat nasional
·                     Masih mengandalkan kekuatan fisik. (Drs. Sudiyo, 2002 : 3-4)



Ciri-ciri Nasionalisme :
·                     Sudah ada persatuan dan kesatuan bangsa.
·                     Sifat perjuangannya sudah bersifat nasional.
·             Tujuannya untuk mencapai kemerdekaan yang nantinya ingin mendirikan suatu negara merdeka yang kekuasaannya ditangani rakyat.
·                     Sudah ada organisasi modern dan bersifat nasional.
·       Mengandalkan kekuatan otak (pikiran), dimana pendidikan sangat berperan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. (Drs. Sudiyo, 2002 : 4)

Penyebab Tumbuhnya Nasionalisme
·          Adanya tekanan penderitaan yang terus menuju, sehingga rakyat  Indonesia harus bangkit melewati penjajah.
·           Adanya rasa nasib-sepenanggungan yang hidup dalam cengkeraman penjajah, sehingga tumbuh semangat bersatu membentuk negara.
·                     Adanya rasa kesadaran nasional harga diri, menyebabkan kehendak untuk memiliki tanah air dan hak menentukan nasib sendiri.
            Faktor-faktor seperti di atas, sebenarnya sudah terkandung di dalam hati sanubari rakyat Indonesia dalam usahanya untuk membebaskan diri dari belenggu penjajah. (Drs. Sudiyo, 2002 : 14)

            Manfaat Nasionalisme
·                     Untuk menanamkan sikap patriotisme dan cinta tanah air
·                     Untuk membawa persatuan dan kesatuan bangsa
·                     Untuk mengenal identitas (jati diri) bangsa. (Drs. Sudiyo, 2002 : 2).
            Untuk mengetahui tentang langkah dan perjuangan organisasi-organisasi pergerakan nasional, maka organisasi awal pergerakan nasional adalah sebagai berikut :
a.         Perkumpulan Budi Utomo
            Perkumpuulan ini didirikan oleh para pelajar STOVIA (schooltot Opleiding van Inlandsche Artsen) 21 mei 1908, dibawah kepemimpinan R.Soetomo.
b.         Indishche vereniging. Didirikan oleh para mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Belanda, pada tanggal 15 November 1908.
c.         Serikat Islam. Merupakan perkembangan dari SDI yang didirikan di Bogor pada tanggal 27 maret 1909 oleh Tirto Adhi Soerjo bersama keluarga Badjenet.                      
d.         Indische partij.  Organisasi ini berdiri tanggal 6 september 1912 di                                                                                                                 Bandung. Pendirinya adalah Dr. Cipto Mangunkusumo, EFE.
e.         Perguruan Muhammadiyah. Didirikan pada tanggal 18 November 1912  di Yogyakarta oleh K.H. Achmad Dachlan. .(Drs. Sudiyo, 2002 : 21-44)
Share :

1 komentar:

  1. tolong dong klao mo naruh artikel daftar pustakanya di sertain, biar tambah jelas

    ReplyDelete

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Histats