Tuesday, March 26, 2013

Analisa Sumber dan Perputaran Modal Kerja


Analisa Sumber dan Perputaran Modal Kerja
Sumber dan penggunaan modal kerja adalah transaksi yang menyebabkan perubahan besarnya modal kerja selama periode bersangkutan. Pada uraian sebelumnya telah dibatasi bahwa modal kerja suatu perusahaan adalah kelebihan aktiva lancar atas aktiva lancar.
Dengan kata lain modal kerja hanya berubah bila ada transaksi diluar unsur perkiraan lancar, (current account) yaitu yang disebut dengan perkiraan tidak lancar seperti aktiva tetap,dan modal sendiri. Perubahan –perubahan dari unsur modal kerja dan dari unsur modal kerja tidak lancar yang mempunyai efek memperkecil modal kerja disebut sebagai penggunaan modal kerja.
Maksud utama dari analisa ini adalah mengetahui bagaimana dana digunakan dan bagaimana kegiatan dana tersebut dibelanjakan. Sumber dan penggunaan modal kerja ini penting bagi manajer keuangan, calon kreditur, dan Bank dalam menilai permintaan kredit dan bagaimana perusahaan tersebut menggunakan dana yang dimiliki.
Pada dasarnya modal kerja itu terdiri dari dua bagian pokok yaitu :
  1. Bagian tetap atau bagian yang permanen yaitu jumlah minimum yang harus tersedia agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar tanpa kesulitan keuangan.
2.      Jumlah modal kerja yang variabel yang jumlahnya tergantung pada aktivitas musiman dan kebutuhan-kebutuhan diluar aktivitas yang biasa.

Sumber Modal Kerja
Menurut Abdullah (2001 : 73), Pada umumnya satu modal kerja suatu perusahaan berasal dari :
a.       Hasil Operasi Perusahaan
Adalah jumlah net income yang nampak dalam perhitungan laba ditambah dengan depresiasi dan amortisasi, jumlah ini menunjukkan jumlah modal kerja dari hasil operasi perusahaan.
b.      Keuntungan Dari Surat-surat Berharga Jangka Pendek (efek)
Dengan adanya penjualan surat berharga ini menyebabkan terjadinya perubahan dalam unsure modal kerja yaitu dari bentuk surat berharga berubah jadi uang kas.
c.       Penjualan Aktiva Lancar
Perubahan dari aktiva ini menjai kas atau piutang akan menyebabkan bertambahnya modal kerja sebesar hasil penjualan tersebut.
d.      Penjualan Saham Obligasi
Obligasi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Penjualan obligasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan disamping menimbulkan bunga yang besar, juga akan mengakibatkan aktiva lancar yang besar sehingga melebihi jumlah kerja yang dibutuhkan.
            Menurut Syahyunan (2004 : 137), modal kerja akan bertambah apabila :

1.      Adanya kenaikan sektor modal baik yang berasal dari laba maupun modal saham perusahaan.
2.      Ada pengurangan atau penurunan aktiva tetap karena adanya penjualan aktiva tetap maupun melalui proses depresiasi.
3.      Ada penambahan hutang jangka panjang baik dalam bentuk obligasi, atau hutang jangka panjang lainnya.
Dengan kata lain bahwa modal kerja akan bertambah apabila aktiva lancar bertambah yang diimbangi dengan perubahan dalam sektor atau pos tidak lancar.

Penggunaan Modal Kerja
Menurut Syahyunan (2004 : 138), Penggunaan modal kerja akan mengakibatkan turunnya modal kerja adalah sebagai berikut :
a.       Prive
Pengambilan uang atau barang dagangan oleh pemilik perusahaan untuk kepentingan pribadi berakibat berkurangnya modal kerja. Hal sama juga terjadi apabila adanya pengambilan bagian keuntungan oleh pemilik dalam perusahaan perseorangan.
b.      Kerugian operasional perusahaan
Operasional perusahaan yang menimbulkan kerugian maka berakibat kekurangan modal kerja. Kondisi ini dapat diketahui melalui perhitungan laba rugi pada suatu periode tertentu.
c.       Adanya penambahan atau pembelian aktiva tetap
Guna keperluan peningkatan penjualan, perusahaan membeli aktiva tetap baru guna menggantikan aktiva tetap lama dan hal ini berakibat pada penggunaan modal kerja.

Laporan sumber dan penggunaan modal kerja adalah laporan yang mengambarkan dari mana datangnya dan untuk apa modal kerja itu digunakan. Laporan sumber dan penggunaan modal kerja keuangan merupakan ringkasan tentang hasil aktifitas keuangan suatu perusahaan dan menyajikan sebab-sebab perubahan posisi keuangan dalam suatu priode tertentu. Laporan ini sangat berguna bagi manajemen untuk mengadakan pengawasan terhadap penggunaan modal kerja agar sumber-sumber modal kerja dapat digunakan secara efektif dimasa yang akan datang.
Adapun langkah dalam menyusun laporan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja adalah sebagai berikut :
  1. Menyusun laporan perubahan dari masing-masing unsur modal kerja dengan laporan tersebut diketahui adanya kenaikan dan penurunan modal kerja beserta besarnya perubahan modal kerja.
  2. Mengelompokkan perubahan-perubahan dari unsur non current account kedalam golongan yang mempunyai efek memperbesar dan memperkecil modal kerja perusahaan.
  3. Berdasarkan informasi tersebut dapatlah disusun laporan keuangan sumber dan penggunaan modal kerja.
Suatu laporan yang menggambarkan dari mana datangnya dan untuk apa modal kerja itu digunakan laporan sumber dan penggunaan modal kerja. Laporan ini sangat berguna bagi manajemen untuk mengadakan pengawasan terhadap penggunaan modal kerja.

Analisa Perbandingan Modal Kerja
Analisa perbandingan dilakukan dengan memperbandingkan antara hutang dan modal perusahaan untuk beberapa periode berurutan. Dari hasil perbandingan ini dapat diketahui perubahan-perubahan yang terjadi pada posisi keuangan jangka pendek atau posisi modal kerja suatu perusahaan, dan pos yang mengakibatkan perubahan itu.
Perubahan didalam neraca suatu periode mungkin disebabkan oleh :
a)      Diperoleh dari aktiva baru maupun adanya perubahan bentuk aktiva.
b)      Timbulnya atau lunasnya hutang maupun adanya perubahan bentuk hutang yang lain kebentuk hutang uang yang lain.
c)  Pengeluaran atau pembayaran atau penarikan kembali modal saham (adanya penambahan atau pengurangan modal)
Mengadakan analisa terhadap modal kerja berarti menguraikan dan membuat perincian atas setiap unsur yang terdapat didalamnya, bagaimana perkembangan dari tahun ke tahun, dan bagaimana hubungan satu sama lainnya dan apa yang mengakibatkan perubahan-perubahan itu.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com