Wednesday, March 20, 2013

Pengertian Efisiensi dan Efektifitas


Pengertian Efisiensi dan Efektifitas
Efisiensi merupakan hal yang penting keberadaannya baik pada barang –barang perlengkapan kantor untuk mewujudkan aktivitas kantor yang optimal, maka perlu diperhatikan bahwa efisiensi adalah suatu hal untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna ,sehingga dapat diadakan barang yang tepat guna ,efisiensi secara bahasa berarti “Penghematan, Kerapian dan Ketepatan ,Pelaksanaan sesuatu Tenaga ”.Sedangkan secara istilah pengertian Efisiensi dijelaskan oleh seorang Drs. Pandji Anoraga yang telah dijelaskan pada kerangka teori maka demikian efisiensi dalam pengadaan barang adalah suatu usaha penghematan dalam pengadaan dan pemanfaatan barang tersebut .
Suatu pekerjaan dapat dikatakan sebagai efisiensi apabila suatu tujuan dari pada pekerjaan dapat teratasi dengan tenaga, waktu, dan dana . T. Hani Handoko dikatakan bahwa efisiensi adalah kemampuan untuk mendapatkan penyelesaian setiap pekerjaan dengan benar, yaitu dengan adanya perbandingan antara hasil yang nilai input tenaga kerja, alat maupun waktu dengan Output, yang telah dikeluarkan atau sesuatu kegiatan yang diperoleh melalui pengeluara yang sedikit akan memperoleh hasil yang maximal dimana didalamnya terdapat suatu pertepatan waktu, penggunaan tenaga kerja sedikit dan penggunaan alat yang tidak berlebihan .

Faktor- faktor tercapainya Efisiensi kerja dalam pekerjaan pemerintah adalah :
1.Kejujuran
            Bersikap jujur pada dasarnya berupaya untuk terus menerus berprilaku positif dalam menjalankan tugas, artinya berupaya sekuat tenaga agar :
a.       Setia kepada janji ,sumpah yang telah di ucapkan .
b.      Tidak melakukan tindakan yang menguntungkan diri sendiri tetapi harus mementingkan keinginan orang lain .
c.       Tidak berprilaku negative dengan sengaja .
d.      Berkarya dengan mengerahkan segala kemampuan yang ada.
Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa sanya kejujuran adalah hal yang paling penting dalam melakukan suatu pekerjaan , kejujuran seseorang tidak dapat diketahui siapapun ,hanya hati nurani sendiri yang tahu apakah dia bisa bersikap dengan jujur dan lebih dominan terhadap kepentingan orang banyak.
2. Loyalitas
            Loyalitas juga menjadi salah satu hal yang terpenting dalam suatu pekerjaan ,karena didalamnya terdapat tingkat loyalitas ataupun peran aktif demi kemajuan suatu Negara .Peran aktif sangat diperlukan di dunia bekerja menjadikan modal yang paling berharga .Loyalitas terhadap Negara ,terhadap pekerjaan dan diri sendiri ,berarati cara berfikir ,tindakan prilaku dan bahkan ucapan harus mencerminkan loyalitas tersebut.
3.Pengabdian
Adapun pengabdian atau pengalaman ilmiah terhadap masyarakat dalam bentuk:
a.Memberikan latihan
b. Partisipasi dengan bentuk kampanye
c. Memberikan pengarahan pengarahan yang berarti
d. Memberikan solusi yang terbaik

Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com