Pengertian Efisiensi dan Efektifitas
Efisiensi merupakan hal yang penting keberadaannya baik
pada barang –barang perlengkapan kantor untuk mewujudkan aktivitas kantor yang
optimal, maka perlu diperhatikan bahwa efisiensi adalah suatu hal untuk
mendapatkan hasil yang lebih sempurna ,sehingga dapat diadakan barang yang
tepat guna ,efisiensi secara bahasa berarti “Penghematan, Kerapian dan
Ketepatan ,Pelaksanaan sesuatu Tenaga ”.Sedangkan secara istilah pengertian
Efisiensi dijelaskan oleh seorang Drs. Pandji Anoraga yang telah dijelaskan
pada kerangka teori maka demikian efisiensi dalam pengadaan barang adalah suatu
usaha penghematan dalam pengadaan dan pemanfaatan barang tersebut .
Suatu pekerjaan dapat dikatakan sebagai efisiensi apabila
suatu tujuan dari pada pekerjaan dapat teratasi dengan tenaga, waktu, dan dana
. T. Hani Handoko dikatakan bahwa efisiensi adalah kemampuan untuk mendapatkan
penyelesaian setiap pekerjaan dengan benar, yaitu dengan adanya perbandingan
antara hasil yang nilai input tenaga kerja, alat maupun waktu dengan Output, yang
telah dikeluarkan atau sesuatu kegiatan yang diperoleh melalui pengeluara yang
sedikit akan memperoleh hasil yang maximal dimana didalamnya terdapat suatu
pertepatan waktu, penggunaan tenaga kerja sedikit dan penggunaan alat yang
tidak berlebihan .
Faktor- faktor tercapainya Efisiensi kerja dalam
pekerjaan pemerintah adalah :
1.Kejujuran
Bersikap
jujur pada dasarnya berupaya untuk terus menerus berprilaku positif dalam
menjalankan tugas, artinya berupaya sekuat tenaga agar :
a.
Setia
kepada janji ,sumpah yang telah di ucapkan .
b.
Tidak
melakukan tindakan yang menguntungkan diri sendiri tetapi harus mementingkan
keinginan orang lain .
c.
Tidak
berprilaku negative dengan sengaja .
d.
Berkarya
dengan mengerahkan segala kemampuan yang ada.
Tidak dapat di
pungkiri lagi bahwa sanya kejujuran adalah hal yang paling penting dalam
melakukan suatu pekerjaan , kejujuran seseorang tidak dapat diketahui siapapun
,hanya hati nurani sendiri yang tahu apakah dia bisa bersikap dengan jujur dan
lebih dominan terhadap kepentingan orang banyak.
2. Loyalitas
Loyalitas juga menjadi salah satu
hal yang terpenting dalam suatu pekerjaan ,karena didalamnya terdapat tingkat
loyalitas ataupun peran aktif demi kemajuan suatu Negara .Peran aktif sangat
diperlukan di dunia bekerja menjadikan modal yang paling berharga .Loyalitas
terhadap Negara ,terhadap pekerjaan dan diri sendiri ,berarati cara berfikir
,tindakan prilaku dan bahkan ucapan harus mencerminkan loyalitas tersebut.
3.Pengabdian
Adapun pengabdian atau pengalaman ilmiah terhadap
masyarakat dalam bentuk:
a.Memberikan latihan
b. Partisipasi dengan bentuk kampanye
c. Memberikan pengarahan pengarahan yang berarti
d. Memberikan solusi yang terbaik
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.