Keterampilan
Keterampilan
merupakan suatu keahlian yang dimiliki pegawai dalam bekerja
Tingkat kemampuan seseorang tidak bisa di ketahui karena
kemampuan berasal dari diri sendiri, didalam bekerja diperlukan keterampilan,
keuletan dan kemampuan berfikir yang luas .
Menurut seoarang “Suwito Ardianto” menyatakan didalam meningkatkan efisiensi
kerja, menegakkan kedisiplinan kerja penyediaan fasilitas kerja sebagai sarana
penunjang dalam melaksanakan tugas- tugas serta mengumpulkan hubungan kerja
semua yang harmonis, serasi, cantik, sehingga merupakan suatu kesatuan yang
utuh .
Berdasarkan pemahaman tersebut maka efisiensi adalah
merukan asas dan sekaligus juga merupakan tujuan serta syarat- syarat ukuran
atau kriteria yang harus di penuhi oleh setiap organisasi ( Instansi ).
a.
Efektif
(effective) atau berhasil guna
artinya kegiatan yang dilakukan telah mencapai target/ sasaran yang telah
ditetapkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan .
b.
Ekonomi
(economy) artinya bahwa
didalam mencapai target sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan, telah
terlaksana tanpa pemborosan dalam pengunaan sumber - sumber dan waktu.
c.
Pertanggung
Jawaban yang tepat dalam
arti bahwa apabila target pekerjaan, kegiatan yang telah tercapai tanpa
pemborosan sumber- sumber dan waktu, maka kriteria berikunya telah terpenuhi
adanya pertanggung jawaban yang tepat.
d.
Rasionalitas,
Wewenang dan Tanggung Jawab
artinya berfikir secara rasional dan beertanggung jawab kepada semua
permasalahan.
e.
Asas
pembagian kerja yang nyata
artinya apabila seseorang memiliki wewenang
ia pun harus mempunyai pekerjaan yang jelas dan harus di perhatikan
bahwa kemampuan manusia adalah terbatas.
C. Efektifitas
Efektifitas adalah Berhasil
guna, yakni untuk menyatakan bahwa kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat
dalam arti, target tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan (Target
achieved). Untuk menjamin agar pekerjaan mencapai tujuan dan dapat berjalan
dengan efektif, maka sangat diperlukan pengarahan dan bimbingan dan pengaturan
ini dari pimpinan melalui aktifitas pengarahan, bimbingan dan pengaturan ini,
pemimpin memberikan dorongan agar produktivitas pegawai dapat meningkat.
Emerson (Handayaningrat)
menyatakan pengertian efektifitas sebagai berikut:” Efektifitas adalah
pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya .
Berdasarkan uraian di atas
dapat disimpulkan bahwa efektivitas adalah suatu hasil kerja yang sesuai dengan
rencana yang telah ditentukan sebelumnya .Efektivitas juga dapat diartikan
sebagai kemempuan berhasil suatu kerja yang dilakukan oleh manusia untuk
memberikan hasil guna sesuia yang di harapkan. Sebagaimana telah diterangkan di
atas suatu tujuan atau sasaran yang telah tecapai sesuai dengan rencana adalah
efektif, tetapi belum tentu efisien. Kemampuan kerja seseorang pada dasarnya
merupakan gambaran dari kesungguhan pegawai itu mutlak melaksanakan pekerjaan
yang dibebankan kepadanya sehingga target, kualitas dan kuantitas pekerjaan
tercapai. Unsur –unsur kemampuan dapat dibentuk dan dibangun serta dikembangkan
melalui pemdidikan, latihan, pengalaman dan sejenisnya. Jadi dapat dijelaskan
bahwa pekerjaan dapat dikatakan efektif bila sudah memperhatikan unsur-unsur
tepat target, tepat waktu dan tepat dalam penggunaan sumber daya. Bila
unsur-unsur tersebut telah dilaksanakan, maka di harapkan pekerrjaan akan
berdaya guna dan berhasil guna.
D. Administrasi Pembangunan
Administrasi adalah sebagai ilmu pengetahuan dari pada
ilmu seosial ,menurut seorang “Sondang P Siagian ” administrasi adalah
keseluruhan proses pelaksanaan dari keputusan – keputusan yang telah diambil
dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang manusia atau lebih
dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya”. Dari
pendapat diatas tentang pengertian administrasi ,maka dikemukakan bahwa pada
hakekatnya ,administrasi adalah keseluruhan proses organisasi dalam bentuk
kerjasama memanfaatkan sumber - sumber daya yang ada secara efektif dan
efisiensi dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan .Dengan
demikian dapat dijelaskan bahwa pembangunan meupakan suatu rangkaian kegiatan
yang berlangsung secara berkelanjutan yang dilaksanakan secara terencana dan
pembangunan menuju arah yang modernisasi antara lain cara hidup yang baru dan
menuju kea rah yang lebih baik dari pada yang sebelumnya .
Jadi yang di maksud dengan administrasi pembangunan
adalah menurut seorang “Sondang P Siagian“ adalah sebagai berikut :
Administrasi Pembangunan yaitu seluruh usaha yang
dilakukan oleh suatu Negara, bangsa untuk berkembang dan berubah secara sadar
dan terencana dalam semua segi kehidupan dan penghidupan Negara, bangsa yang
bersangkutan dalam rangka pencapaian tujuan akhir.
Dari penjelasan
seorang Sondang P Siagian dapat diartikan bahwa administrasi pembangunan
merupakan adanya suatu keinginan yang nyata bahwa dalam pelaksanaan pembangunan
mengiginkan yang terbaik dalam pelaksanaannya, jadi hasil akhir yang ingin
dicapai hasil adalah yang lebih maju dari yang sebelumnya, mengiginkan pembangunan
yang terbaik bagi suatu Negara .Kemudian ada juga beberapa tahap yang harus
dilakukan dalam pembangunan ini :
1.
Perencanaan (Planning)
2.
Pengorganisasian (Organizing)
3.
Pengumpulan sumber (Asembling Resources)
4.
Pengendalian Kerja (Supervising)
5.
Pengawasan (Controlling)
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.