Wednesday, March 20, 2013

Pengertian Keterampilan


Keterampilan
            Keterampilan merupakan suatu keahlian yang dimiliki pegawai dalam bekerja
Tingkat kemampuan seseorang tidak bisa di ketahui karena kemampuan berasal dari diri sendiri, didalam bekerja diperlukan keterampilan, keuletan dan kemampuan berfikir yang luas .
Menurut seoarang “Suwito Ardianto”  menyatakan didalam meningkatkan efisiensi kerja, menegakkan kedisiplinan kerja penyediaan fasilitas kerja sebagai sarana penunjang dalam melaksanakan tugas- tugas serta mengumpulkan hubungan kerja semua yang harmonis, serasi, cantik, sehingga merupakan suatu kesatuan yang utuh .
Berdasarkan pemahaman tersebut maka efisiensi adalah merukan asas dan sekaligus juga merupakan tujuan serta syarat- syarat ukuran atau kriteria yang harus di penuhi oleh setiap organisasi ( Instansi ).
a.       Efektif (effective) atau berhasil guna artinya kegiatan yang dilakukan telah mencapai target/ sasaran yang telah ditetapkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan .
b.      Ekonomi (economy) artinya bahwa didalam mencapai target sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan, telah terlaksana tanpa pemborosan dalam pengunaan sumber - sumber dan waktu.
c.       Pertanggung Jawaban yang tepat dalam arti bahwa apabila target pekerjaan, kegiatan yang telah tercapai tanpa pemborosan sumber- sumber dan waktu, maka kriteria berikunya telah terpenuhi adanya pertanggung jawaban yang tepat.
d.      Rasionalitas, Wewenang dan Tanggung Jawab artinya berfikir secara rasional dan beertanggung jawab kepada semua permasalahan.
e.       Asas pembagian kerja yang nyata artinya apabila seseorang memiliki wewenang  ia pun harus mempunyai pekerjaan yang jelas dan harus di perhatikan bahwa kemampuan manusia adalah terbatas.
C. Efektifitas
                  Efektifitas adalah Berhasil guna, yakni untuk menyatakan bahwa kegiatan telah dilaksanakan dengan tepat dalam arti, target tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan (Target achieved). Untuk menjamin agar pekerjaan mencapai tujuan dan dapat berjalan dengan efektif, maka sangat diperlukan pengarahan dan bimbingan dan pengaturan ini dari pimpinan melalui aktifitas pengarahan, bimbingan dan pengaturan ini, pemimpin memberikan dorongan agar produktivitas pegawai dapat meningkat.
                  Emerson (Handayaningrat) menyatakan pengertian efektifitas sebagai berikut:” Efektifitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya .
                  Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa efektivitas adalah suatu hasil kerja yang sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya .Efektivitas juga dapat diartikan sebagai kemempuan berhasil suatu kerja yang dilakukan oleh manusia untuk memberikan hasil guna sesuia yang di harapkan. Sebagaimana telah diterangkan di atas suatu tujuan atau sasaran yang telah tecapai sesuai dengan rencana adalah efektif, tetapi belum tentu efisien. Kemampuan kerja seseorang pada dasarnya merupakan gambaran dari kesungguhan pegawai itu mutlak melaksanakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya sehingga target, kualitas dan kuantitas pekerjaan tercapai. Unsur –unsur kemampuan dapat dibentuk dan dibangun serta dikembangkan melalui pemdidikan, latihan, pengalaman dan sejenisnya. Jadi dapat dijelaskan bahwa pekerjaan dapat dikatakan efektif bila sudah memperhatikan unsur-unsur tepat target, tepat waktu dan tepat dalam penggunaan sumber daya. Bila unsur-unsur tersebut telah dilaksanakan, maka di harapkan pekerrjaan akan berdaya guna dan berhasil guna.
D. Administrasi Pembangunan
Administrasi adalah sebagai ilmu pengetahuan dari pada ilmu seosial ,menurut seorang “Sondang P Siagian ” administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan dari keputusan – keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang manusia atau lebih dengan tujuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya”. Dari pendapat diatas tentang pengertian administrasi ,maka dikemukakan bahwa pada hakekatnya ,administrasi adalah keseluruhan proses organisasi dalam bentuk kerjasama memanfaatkan sumber - sumber daya yang ada secara efektif dan efisiensi dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan .Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa pembangunan meupakan suatu rangkaian kegiatan yang berlangsung secara berkelanjutan yang dilaksanakan secara terencana dan pembangunan menuju arah yang modernisasi antara lain cara hidup yang baru dan menuju kea rah yang lebih baik dari pada yang sebelumnya .
Jadi yang di maksud dengan administrasi pembangunan adalah menurut seorang “Sondang P Siagian“ adalah sebagai berikut :
Administrasi Pembangunan yaitu seluruh usaha yang dilakukan oleh suatu Negara, bangsa untuk berkembang dan berubah secara sadar dan terencana dalam semua segi kehidupan dan penghidupan Negara, bangsa yang bersangkutan dalam rangka pencapaian tujuan akhir.
 Dari penjelasan seorang Sondang P Siagian dapat diartikan bahwa administrasi pembangunan merupakan adanya suatu keinginan yang nyata bahwa dalam pelaksanaan pembangunan mengiginkan yang terbaik dalam pelaksanaannya, jadi hasil akhir yang ingin dicapai hasil adalah yang lebih maju dari yang sebelumnya, mengiginkan pembangunan yang terbaik bagi suatu Negara .Kemudian ada juga beberapa tahap yang harus dilakukan dalam pembangunan ini :
1. Perencanaan (Planning)
2. Pengorganisasian (Organizing)
3. Pengumpulan sumber (Asembling Resources)
4. Pengendalian Kerja (Supervising)
5. Pengawasan (Controlling
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Visitor Info