Thursday, March 28, 2013

Pengertian Guru Agama Islam

Pengertian Guru Agama Islam
Selum membicarakan tentang pengertian Pendidikan Agama Islam, perlulah kiranya penulis awali dengan menguraikan pengertian guru agama secara umum, hal ini sebagai titik tolak untuk memberikan pengertian guru agama islam.
Pengertian guru agama islam secara ethimologi (harfiah) ialah dalam literatur kependidikan islam seorang guru biasa disebut sebagai ustadz, mu’alim, murabbiy, mursyid, mudarris, dan mu’addib, yang artinya orang memberikan ilmu pengetahuan dengan tujuan mencerdaskan dan membina akhlak peserta didik agar menjadi orang yang berkepribadian baik.
Sedangkan pengertian guru agama islam ditinjau dari sudut therminologi yang diberikakan oleh para ahli dan cerdik cendekiawan, istilah guru adalah sebagai berikut:
  • Menurut Muhaimin dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar menguraikan behwa guru adalah orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid-murid, baik secara individual ataupun klasikal. Baik disekolah maupun diluar sekolah.Dalam pandangan islam secara umum guru adalah mengupayakan perkembangan seluruh potensi/aspek anak didik, baik aspek cognitive, affective dan psychomotor.
  • Zakiyah Drajat dalam bukunya ilmu pendidikan islam menguraikan bahwa seorang guru adalah pendidik profesional, karena secara implicit ia telah merelakan dirinya menerima dan memiliki sebagian tanggung jawab pendidikan.
  •  Menurut Syaiful Bahri Djamarah dalam setiap melakukan pekerjaan yang tentunya dengan kesadaran bahwa yang dilakukan atau yang dikerjakan merupakan profesi bagi setiap individu yang akan menghasilkan sesuatu dari pekerjaannya. Dalam hal ini yang dinamakan guru dalam arti yang sederhana adalah orang yangmemberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik.
  • M. Ngalim Purwanto dalam bukunya Ilmu Pendidikan Praktis Dan Teoritis menjelaskan guru adalah orang yang telah memberikan suatu ilmu atau kepandaian kepada yang tertentu atau kepada seseorang/kelompok orang.
Dengan begitu pengertian guru agama islam, adalah seorangpendidik yang mengajarkan ajaran islam dan membimbing anak didik kearah pencapaian kedewasaan serta membentuk kepribadian muslim yang berakhlak, sehingga terjadi keseimbangan kebahagiaan di dunia danakhirat.

Dengan demikian seorang guru agama islam adalah merupakanfigure seorang pemimpin yang mana disetiap perkataan atau perbuatannyaakan menjadi panutan bagi anak didik, maka disamping sebagai profesiseorang guru agama hendaklah menjaga kewibawaannya agar jangansampai seorang guru agama melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan hilangnya kepercayaan yang telah diberikan masyarakat.

Ahmad Tafsir mengutip pendapat dari Al-Ghazalimengatakanbahwa siapa yang memilih pekerjaan mengajar, ia sesungguhnya telahmemilih pekerjaan besar dan penting. Karena kedudukan guru agamaislam yag demikian tinggi dalam islam dan  merupakan realisasi dari ajaranislam itu sendiri, maka pekerjaan atau profesi sebagai guru agama islamtidak kalah pentingnya dengan guru yang mengajar pendidikan umum.

Dengan demikian pengertian guru agama Islam yang dimaksuddisini adalah mendidik dalam bidang keagamaan, merupakan tarafpencapaian yang diinginkan atau hasil yang telah diperoleh dalammenjalankan pengajaran pendidikan agama islam baik di tingkat dasar,menengah atau perguruan tinggi.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com