Thursday, March 21, 2013

Sejarah Singkat PT. Mowilex Indonesia

Sejarah Singkat PT. Mowilex Indonesia : PT. Mowilex mulai memproduksi produk cat pertama di Indonesia pada awal Maret 1970, dan berpusat di Jakarta. Selama periode ini, bahan baku untuk membuat cat tersebut sangat sulit ditemukan di pasar lokal, karena terdapat banyak masalah dalam mengimpor hampir semua bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan cat. Dan satu hal lagi yang menjadi masalah, pemasok cat juga telah membanjiri pasar dari seluruh dunia, sehingga harus melewati persaingan yang ketat antara kedua pemasok lokal dan asing.
         PT. mowilex mengembangkan sayapnya pada tahun 2005 dengan membuka cabang pada seluruh daerah dan pulau yang terdapat di Indonesia, seperti pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Sumatera. Dan pada masing-masing pulau, terdapat Regional Manager yang akan memimpin dan memantau perkembangan penjualan produk-produk Mowilex, sehingga hasil yang diharapkan dalam penjualan produk ini akan berhasil seperti yang diharapkan.
         Untuk membantu proses pemasarannya, PT. Mowilex bekerjasama dengan perusahaan distributor di setiap daerah, karena keterbatasan pada tempat produksi pembuatan cat. Setelah melakukan pengiriman produk dari Jakarta ke masing-masing distributor di setiap daerah, kemudian pihak distributor mengambil alih untuk menawarkan dan memasarkan produk-produk cat tersebut kepada toko-toko cat yang terdapat di daerah tersebut. Dan PT. Mowilex akan menempatkan seorang Brand Promotor pada setiap toko yang memiliki mesin pengolahan warna cat atau Magic Colour Tinting Machine untuk membantu penjualan dan pengolahan warna cat dekoratif Mowilex.
         Dengan visi dan misi untuk membuat cat dekoratif bermutu tinggi, PT. Mowilex terus berusaha untuk menjadi satu-satunya pilihan pelanggan sebagai  produk cat lokal yang diakui dengan kualitas internasional. Dengan demikian, hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa PT. Mowilex memutuskan untuk meningkatkan kualitas layanannya, dengan membuat penyesuaian terhadap koleksi produk-produk catnya. Selain itu, alokasi pabrik perusahaan Mowilex  juga memainkan peran terbesar dalam meningkatkan kinerja dan hasil produksi yang sangat baik.
         Selama tahun 1981 sampai 1991, PT. Mowilex mendapat dukungan penuh dari Berger Paints, sebuah produsen cat terkenal bertaraf internasional di Inggris. Kemitraan ini menghasilkan beberapa terobosan besar dalam hal kualitas, strategi pemasaran, serta barang-barang promosi untuk Mowilex (grafik warna dan desain kemasan misalnya).
         Kembali pada tahun 1987, PT. Mowilex mengambil langkah yang signifikan dengan menjalankan penyesuaian besar atas pengukuran catnya. PT. Mowilex  tidak lagi memakai kilogram dalam mengukur kuantitas catnya, namun mereka mengubahnya menjadi liter. PT. Mowilex percaya bahwa dengan memproduksi kemasan cat dalam liter, maka akan menunjukkan perbedaan kuantitas catnya dengan ribuan merek di pasar yang saat ini menawarkan produk catnya hanya dalam kemasan kilogram. Selain itu, PT. Mowilex juga ingin mempromosikan teknik yang benar untuk memberikan hasil pengecatan yang sangat baik untuk semua para pelanggan setia melalui acara khusus dan pameran. Di kota Medan PT. Mowilex bekerjasama dengan perusahaan distributor yang bernama PT. Mega Warna Lestari untuk membantu kelancaran pemasaran produk Mowilex.
         Jenis produk cat yang dipasarkan pada PT. Mowilex antara lain Weathercoat  yaitu cat khusus untuk dinding bagian luar (eksterior), Elastomeric Wall yaitu cat khusus untuk dinding bagian luar (eksterior) dan juga memiliki kelebihan dapat menutupi retak rambut pada dinding. Emulsion yaitu cat khusus untuk bagian dalam (interior), Vinyl Silk yaitu cat anti noda yang disarankan untuk pemakaian dinding dalam, Cendana yaitu cat ekonomis untuk interior. Juga banyak jenis cat lainnya seperti cat kayu dan besi, Sealer atau cat dasar, dan sebagainya.
         Saat ini, Mowilex juga telah diakui sebagai produk internasional dan PT. Mowilex sangat bangga karena produknya telah digunakan untuk pengembangan tempat tinggal premium, pengelolaan gedung, hotel terkenal dan apartemen. Prestasi tersebut membawa mereka kepada keyakinan bahwa PT. Mowilex akan terus menjadi produk yang terbaik untuk perusahaan cat dekoratif berkualitas tinggi di Indonesia. 
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com