Thursday, March 21, 2013

Tugas dan Tanggung Jawab Pada PT. Mowilex Indonesia

Tugas dan Tanggung Jawab Pada PT. Mowilex Indonesia - Berdasarkan struktur organisasi yang digunakan pada PT. Mowilex Indonesia dapat dijelaskan wewenang dan tanggung jawabnya dari bagian yang ada, adalah sebagai berikut.

1.      Chief Executive Officer (CEO)
CEO, singkatan bahasa Inggris dari “Chief Executive Officer” yang artinya Pejabat Eksekutif Tertinggi, adalah jabatan tertinggi di PT. Mowilex Indonesia. CEO mempunyai tugas untuk memimpin perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan PT. Mowilex Indonesia. CEO juga sering disebut direktur utama. Pada PT. Mowilex, jabatan CEO dipegang oleh Hendry Louis yang berkebangsaan Jerman.

2.      Sales Marketing Director
Pada PT. Mowilex, jabatan sales marketing director dipegang oleh Jusri,. Adapun wewenang dan tanggung jawab sales marketing director adalah:
a.       Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran produk Mowilex bersama Sales & Marketing Supervisor untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
  1. Menentukan harga jual, produk Mowilex yang akan dilaunching, jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan.
  2. Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas sell in dan sell out produk terisi /terpenuhi secara optimal.
  3. Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan layanan sesuai dengan target yang ditentukan.
  4. Menganalisa dan memberikan arah pengembangan sell in dan sell out produk, untuk memastikan pengembangan sell in dan sell out produk sesuai dengan kebutuhan pasar.
  5. Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan.
  6. Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern PT. Mowilex serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal.
3.      National Sales Manager
National sales manager merupakan sales manager tertinggi yang memimpin dan memantau kinerja para regional sales manager yang bertugas menangani penjualan produk serta kegiatan-kegiatan produksi yang pada masing-masing pulau yang mereka handle. Semua laporan-laporan peningkatan serta penurunan penjualan produk mowilex yang telah di buat oleh setiap regional manager akan diserahkan kepada national sales manager. Pada PT. Mowilex jabatan national sales manager dipegang oleh Ronald Lie.

4.      Regional Sales Manager
PT. Mowilex Indonesia membuka cabang di setiap pulau, dan masing-masing pulau di Indonesia akan dipimpin dan diserahkan kepada regional sales manager. Regional sales manager bertugas memantau kinerja, serta penjualan produk mowilex di setiap daerahnya, yang kemudian akan dibuat sebagai laporan untuk diberikan kepada national sales manager. Pada PT. Mowilex, jabatan regional sales manager untuk wilayah Sumatera Utara dipegang oleh Alvin Chandra.

5.      Supervisor
Peran kerja supervisor berada di level tengah, yaitu di antara para atasan pembuat kebijakan dan di antara para staf PT. Mowilex yang melakukan rutinitas di lapangan. Dengan fungsi kerja yang berada di antara itu, maka tugas utama supervisor adalah melakukan supervisi terhadap para staf pelaksanan rutinitas aktivitas bisnis PT. Mowilex sehari-hari. Supervisor adalah level kepemimpinan yang tidak boleh membuat kebijakan yang bersifat strategis, tapi hanya menerjemahkan dan meneruskan kebijakan strategis dari atasannya kepada para BP (Brand Promotor )atau salesman untuk dikerjakan secara efektif dan produktif.
Sebagai ilustrasi: Seorang sales supervisor Mowilex dibebankan target menjual sebesar Rp. 500 juta perbulan dan dipercayakan untuk memiliki 10 orang BP. Apabila dibagi rata, maka beban seorang BP menjadi Rp.50 juta perbulan. Dan yang menjadi tugas seorang sales supervisor agar supaya setiap BP bisa berhasil mencapai Rp.50 juta setiap bulan. Sales supervisor seharusnya mengembangkan, memberdayakan, komunikasi, melatih dan memotivasi para BP-nya. Dan peran terpenting seorang supervisor adalah sebagai koordinator unit kerja., tapi akan membangun tim unit kerja yang efektif untuk secara terampil memecahkan masalah dan membuat solusi terhebat. Pada PT. Mowilex, jabatan supervisor wilayah Sumatera Utara dipegang oleh Hannavi Wong.

6.      Brand Promotor (BP)
Brand promotor (BP) atau yang biasanya disebut salesman merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan, termasuk pada PT. Mowilex Indonesia Medan. BP bertugas mengenalkan produk-produk Mowilex, menawarkannya, dan kemudian berusaha untuk meyakinkan para konsumen untuk membeli produk Mowilex tersebut. Masing-masing BP ditugaskan untuk menjual produk Mowilex pada setiap tokonya. Yang masing-masing toko memiliki target penjualan tertentu yang harus dicapaioleh BP setiap bulannya. Selain bertugas mengenalkan, menawarkan, dan meyakinkan konsumen untuknmembeli produk Mowilex, BP juga bertugas untuk memberikan solusi pengecatan pada para konsumen maupun pelanggan setia Mowilex agar hasil akhir dari pengecatan akan terlihat lebih baik, sehingga tidak menurunkan kualitas dari produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Mowilex Indonesia. Pada PT. Mowilex Indonesia bagian Medan, Sumatera Utara terdapat 15 orang Brand Promotor, yang keseluruhannya berjenis kelamin perempuan. BP tidak hanya bekerja sendiri, tetapi juga dibantu oleh sales-sales dari perusahaa distributor produk Mowilex. Untuk wilayah Medan, dibantu oleh sales-sales dari PT. Mega Warna Lestari. Sehingga, persediaan produk yang terdapat pada setiap toko-toko cat tradisional maupun modern dapat ditinjau melalui sales-sales dari perusahaan distributor tersebut dan persediaan produk pun tidak akan kosong. Sales-sales tersebut juga akan membantu penjualan produk Mowilex dan member semangat kepada para BP, sehingga terjalin kerjasama yang harmonis untuk tujuan agar produk Mowilex laku terjual di masing-masing toko cat tradisional dan modern.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Visitor Info