Wednesday, March 13, 2013

Sistem akuntansi merupaka


               Sistem akuntansi merupakan organisasi, formulir catata dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan data keuangan yang dibutuhkan dan manajemen untuk memudahkan pengelolaan perusahaan. Kas merupakan harta yang paling lancar di dalam perusahaan dan kas memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup perusahaan, karena semua  transaksi akan mempengaruhi kas. Untuk menghindari terjadinya penyelewengan terhadap kas maka perusahaan perlu menerapkan sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas.
               Sistem penerimaan kas adalah suatu sistem yang diperlukan untuk memperlancar penermaan kas sampai uang tersebut disimpan atau di depositokan di bank. Sedangkan sistem akuntansi pengaluaran kas dalam perusahaan dan untuk membayar bermacam-macam transaksi yang terjadi dalam perusahaan yang sedang dan yang akan berlangsung secara terus menerus.
               Sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada dasarnya ditetapkan untuk mengawasi kesalahan yang terjadi dalam perusahaan.

Keterangan
Formulir yang digunakan dalam pengelolaan dan pengendalian pengeluaran kas adalah:
1.      Formulir dengan sistem voucher
a). Voucher atau voucher book
Voucher merupakan formulir yang digunakan sebagai surat perintah membayar uang kepada kasir. Voucher cek merupakan formulir yang dikirim kepada kreditur sebagai pemberitahuan tentang pembayaran bersama ceknya.
      b). Voucher register ( daftar voucher)
Merupakan buku judul yang digunakan mencatat cek-cek yang dikeluarkan.Buku jurnal ini dapat diganti dengan jurnal pengeluaran kas.
     c). Cek register (daftar cek)
a.       Buku pembantu hutang
b.      Buku jurnal pembelian
c.       Buku jurnal pengeluaran kas
d.      Remitten advice pemberitahuan tentang pembayaran kepada orang yang dibayar, menunjukkan elemen-elemen apa saja yang dibayar
2. Formulir yang digunakan tanpa voucher


Teknik  Analisa Data
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kompratif yaitu menganalisa data dengan membandingkan data-data yang diperoleh dilapangan dengan landasan teori dari literatur-literatur,  kemudian menggunakan analisis  SWOT,  observasi (melihat dan mengamati hasil kerja)
Menurut Siagian (2002:172) bahwa SWOT merupakan ekronim untuk kata “strengths (kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang),Threats (Ancaman) .”  Analisis SWOT  juga merupakan salah satu  instrumen analisis yang ampuh apabila digunakan dengan tepat .  Faktor kekutan dan kelemahan terdapat dalam tubuh satu perusahaan sedangkan peluang dan ancaman merupakan faktor  lingkungan yang dihadapi perusahaan yang bersangkutan .


Berdasarkan Analisis SWOT di atas ada beberapa hal langkah-langkah yang perlu diketahui yaitu:
1). Menempuh strategi  yang tepat yaitu pertumbuhan yang memiliki berbagai kekuatan yang mendorong pemanfaatan berbagai peluang lingkungan .
2).  Mengurangi atau merubah bentuk ketertiban satuan bisnis dalam produk atau pasar karena tantangan  besar yang bersumber pada lingkungan dan berbagai kelemahan internal yang kriterial sifatnya.
3).  Memanfaatkan kekuatan yang dimiliki sekarang untuk membuka peluang  jangka panjang dalam produk atau pasar yang lain atau baru.
4).Mengatasi kelemahan  yang dihadapi secara internal agar peluang pasar dapat dimanfaatkan oleh keterbatasan kemampuan karena berbagai kelemahan.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com