Thursday, March 21, 2013

Strategi Menulis Berdasarkan Pengalaman Langsung



Strategi Menulis Berdasarkan Pengalaman Langsung
Pengertian Strategi Menulis Berdasarkan Pengalaman Langsung
            Strategi menulis berdasarkan pengalaman langsung adalah sebuah strategi pembalajaran yang dapat membantu peserta didik dalam merefleksikan pengalaman-pengalaman yang telah dialami secara langsung. Menurut Melvin L. Silberman (2007:186) mengatakan,” strategi menulis berdasarkan pengalaman langsung adalah sebuah cara dramatis untuk meningkatkan perenungan secara mandiri dengan meminta siswa menuliskan laporan tindakan kala ini tentang sebuah pengalaman yang mereka miliki (seakan itu terjadi di sini dan sekarang)”. Aktifitas ini memungkinkan siswa untuk memikirkan pengalaman yang mereka miliki.

Langkah-langkah dan Variasi strategi Berdasarkan
Pengalaman Langsung
Melvin L. Silberman (2007: 187) mengambarkan bahwa prosedur dari strategi menulis berdasarkan pengalaman langsung sebagai berikut :
1.      Guru memilih jenis pengalaman yang dinginkan untuk ditulis oleh siswa, bisa berupa peristiwa masa lampau atau yang akan datang
2.      Guru menyampaikan kepada siswa tentang pengalaman yang telah dipilih untuk tujuan penulisan.
3.      Sediakan kertas putih untuk menulis
4.      Ciptakan privasi dan suasana hening
5.      Guru memerintahkan siswa untuk menulis saat ini, tentang pengalaman yang telah dipilih. Perintahkan mereka untuk memulai awal pengalaman dan menulis apa yang sedang mereka lakukan dan rasakan. guru menyuruh siswa untuk menulis sebanyak mungkin yang mereka inginkan tentang peristiwa yang terjadi dan perasaan-perasaan yang dihasilkannya.
6.      Guru memberikan waktu yang cukup untuk menulis, jangan sampai siswa merasa terburu-buru. Bila sudah selesai, guru mengajak mereka untuk membacakan hasil.
7.      Guru dan siswa mendiskusikan hasil dan tindakan baru yang mungkin dilakukan pada masa yang akan datang.

              Menurut Melvin L. Silberman (2007:187) variasi strategi berdasarkan pengalaman langsung sebagai berikut:
1.      Untuk membantu para siswa mendapatkan kegairahan dalam menulis imajinatif, lakukan diskusi kelompok yang relevan dengan topik yang akan ditugaskan kepada mereka.
2.      Perintahkan siswa saling bercerita tentang apa yang mereka tulis, salah satu alternatifnya adalah dengan memerintahkan sejumlah siswa  membacakan karya mereka

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Menulis Berdasarkan
Pengalaman Langsung
Melvin L. Silberman (2007:187) Kelebihan strategi menulis berdasarkan pengalaman langsung sebagai berikut:
1.      Melatih dan mempertajam imajinasi siswa.
2.      Meningkatkan kreatifitas siswa.
3.      Meningkatkan semangat dan kemampuan siswa dalam menulis.
4.      Meningkatkan pemahaman siswa terhadap pesan inti pelajaran.
5.  Menghubungkan materi pelajaran dengan realitas kehidupan. Hal ini terkait dengan strategi kontekstual yang menyatakan bahwa belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan sekedar mengetahuinya.

Menurut Melvin L. Silberman (2007:187) kekurangan strategi menulis berdasarkan pengalaman langsung sebagai berikut:
1.  Kesulitan dari sebagian siswa yang merasa tidak ada pengalaman yang terkait dengan materi pelajaran, juga bagi siswa yang memiliki kecerdasan lingguistik yang rendah.
2.   Penggunaan waktu dalam kegiatan pembelajaran kurang efisien. Sebab, kadang-kadang siswa banyak mengulur dan menunda pekerjaannya. Apalagi siswa yang belum terbiasa menulis dan menuangkan gagasan tersebut  membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
3.      Pendalaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran berkurang.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Visitor Info