Strategi
Menulis Berdasarkan Pengalaman Langsung
Pengertian Strategi Menulis
Berdasarkan Pengalaman Langsung
Strategi menulis berdasarkan
pengalaman langsung adalah sebuah strategi pembalajaran yang dapat membantu
peserta didik dalam merefleksikan pengalaman-pengalaman yang telah dialami
secara langsung. Menurut Melvin L. Silberman (2007:186) mengatakan,” strategi menulis
berdasarkan pengalaman langsung adalah sebuah cara dramatis untuk meningkatkan
perenungan secara mandiri dengan meminta siswa menuliskan laporan tindakan kala
ini tentang sebuah pengalaman yang mereka miliki (seakan itu terjadi di sini
dan sekarang)”. Aktifitas ini memungkinkan siswa untuk memikirkan pengalaman
yang mereka miliki.
Langkah-langkah dan Variasi
strategi Berdasarkan
Pengalaman Langsung
Melvin
L. Silberman (2007: 187) mengambarkan bahwa prosedur dari strategi menulis
berdasarkan pengalaman langsung sebagai berikut :
1.
Guru
memilih jenis pengalaman yang dinginkan untuk ditulis oleh siswa, bisa berupa
peristiwa masa lampau atau yang akan datang
2.
Guru
menyampaikan kepada siswa tentang pengalaman yang telah dipilih untuk tujuan
penulisan.
3.
Sediakan
kertas putih untuk menulis
4.
Ciptakan
privasi dan suasana hening
5.
Guru
memerintahkan siswa untuk menulis saat ini, tentang pengalaman yang telah
dipilih. Perintahkan mereka untuk memulai awal pengalaman dan menulis apa yang
sedang mereka lakukan dan rasakan. guru menyuruh siswa untuk menulis sebanyak mungkin
yang mereka inginkan tentang peristiwa yang terjadi dan perasaan-perasaan yang
dihasilkannya.
6.
Guru
memberikan waktu yang cukup untuk menulis, jangan sampai siswa merasa
terburu-buru. Bila sudah selesai, guru mengajak mereka untuk membacakan hasil.
7.
Guru
dan siswa mendiskusikan hasil dan tindakan baru yang mungkin dilakukan pada masa
yang akan datang.
Menurut
Melvin L. Silberman (2007:187) variasi strategi berdasarkan pengalaman langsung
sebagai berikut:
1.
Untuk
membantu para siswa mendapatkan kegairahan dalam menulis imajinatif, lakukan
diskusi kelompok yang relevan dengan topik yang akan ditugaskan kepada mereka.
2.
Perintahkan
siswa saling bercerita tentang apa yang mereka tulis, salah satu alternatifnya
adalah dengan memerintahkan sejumlah siswa membacakan karya mereka
Kelebihan dan Kekurangan Strategi Menulis
Berdasarkan
Pengalaman Langsung
Melvin
L. Silberman (2007:187) Kelebihan strategi menulis berdasarkan pengalaman
langsung sebagai berikut:
1.
Melatih
dan mempertajam imajinasi siswa.
2.
Meningkatkan
kreatifitas siswa.
3.
Meningkatkan
semangat dan kemampuan siswa dalam menulis.
4.
Meningkatkan
pemahaman siswa terhadap pesan inti pelajaran.
5. Menghubungkan
materi pelajaran dengan realitas kehidupan. Hal ini terkait dengan strategi
kontekstual yang menyatakan bahwa belajar akan lebih bermakna jika anak
mengalami apa yang dipelajarinya, bukan sekedar mengetahuinya.
Menurut
Melvin L. Silberman (2007:187) kekurangan strategi menulis berdasarkan
pengalaman langsung sebagai berikut:
1. Kesulitan
dari sebagian siswa yang merasa tidak ada pengalaman yang terkait dengan materi
pelajaran, juga bagi siswa yang memiliki kecerdasan lingguistik yang rendah.
2. Penggunaan
waktu dalam kegiatan pembelajaran kurang efisien. Sebab, kadang-kadang siswa
banyak mengulur dan menunda pekerjaannya. Apalagi siswa yang belum terbiasa
menulis dan menuangkan gagasan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
3.
Pendalaman
dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran berkurang.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.