Tuesday, March 19, 2013

Perbedaan antara Hewan dan Tumbuhan

Tumbuh
Jika biji tumbuhan ditanam, biji akan berkecambah dan tumbuh menjadi besar dan rimbun. Pertumbuhan pada ayam dimulai dari telur ayam yang menetas menjadi anak ayam, lalu tumbuh menjadi ayam dewasa. Semua makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan menjadi dewasa. Tubuhmu sekarang ini masih tumbuh sehingga beral dan tinggimu semakin bertambah. Pertumbuhan manusia dan hewan akan berhenti setelah mencapai usia tertentu atau setelah mencapai dewasa.
Manusia dilahirkan sebagai bayi. Kemudian, bayi tumbuh menjadi anak-anak, remaja, dan akhirnya dewasa. Setelah dewasa dan mencapai ukuran tertentu, pertumbuhan manusia akan terhenti. Pertumbuhan laki-laki berhenti pada usia kurang lebih 25 tahun, sedangkan pada perempuan 21 tahun. Demikian juga pertumbuhan tinggi pada hewan dan tumbuhan akan terhenti setelah mencapai ukuran atau usia tertentu. Akan tetapi pada tumbuhan, pembentukan seperti tunas, daun, dan bunga dapat terjadi terus-menerus sepanjang hidupnya (Sumarwan, 2006).

Berkembang Biak
Setelah menjadi dewasa, makhluk hiclup akan berkembang biak. Berkembang biak atau reproduksi merupakan pembentukan individu barn. Bagi makhluk hidup, reproduksi berfungsi untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punch. Cara berkembang biak makhluk hidup dibedakan menjadi dua, yaitu secar kawin (seksuao dan secara tak kawin (asekmal). Perkembang biakan secara seksual melibatkan alat-alat reproduksi yang berasal dari dua organisms, misalkan burung jantan dan burung betina. Pada tumbuhan, alat reproduksinya berupa benang sari dan putik (Prawirahanono, 2007).

Mengeluarkan Zat Sisa
Sesudah berolah raga atau berjalan di bawah terik matahari, tubuhmu banyak mengeluarkan keringat. Pada saat udara dingin biasanya kamu lebih sering buang air kencing (urin). Keringat dan urin merupakan contoh zat sisa dari proses yang terjadi di dalam tubuh. Zat sisa ini harus dibuang atau dikeluarkan dari dalam tubuh. Proses pengeluaran zat sisa pada makhluk hidup disebut ekskresi. Zat sisa pada proses oksidasi antara lain uap air dan karbon dioksida. Zat sisa ini dikeluarkan melalui alat pernapasan, seperti paru-paru pada manusia dan insang pada ikan (Sumarwan. 2007)
Tumbuhan mengeluarkan zat-zat sisa yang berupa oksigen, karbondioksida, uap air, dan tetesan air melalui proses respirasi, transpirasi, dan gutasi. Pada proses respirasi tumbuhan mengeluarkan karbondioksida, sedangkan fotosintesis dikeluarkan oksigen. Tumbuhan yang hidup diatas tanah lembab atau basah melakukan proses gutasi dengan mengeluarkan kelebihan air dalam bentuk tetesan air. Transpirasi terjadi jika tumbuhan terkena panas matahari yang menyebabkan uap air keluar melalui permukaan daun (Daroji, 2007).
Menurut Prawirohartono (2007) perbedaan antara hewan dan tumbuhan antara lain terdapat pada Tabel berikut :
  
Tabel 1.Perbedaan antara Hewan dan Tumbuhan
Perbedaan
Hewan
Tumbuhan
Alat dan kemampuan
1.      Mempunyai           alat gerak sehingga      dapat bergerak bebas.
2.      Bisa berpindah tempat.
1.    Tidak    bisa             berpindah tempat hanya melakukan gerak             pada   bagian tubuhnya saja.
Alat pernapasan dan cara pengambilan gas
1.      Mempunyai alat pernapasan khusus
2.      Secara aktif mengliirup dan mengeluarkan gas
1.    Tidak mempunyai alat pernapasan yang khusus.
2.    Pengambilan dan pelapsan    gas secara pasif.
Keberadaan klorofil
1.      Tidak memiliki klorofil
2.      Sebagai     makhluk hidup Heterotrof karena menclapatkan makanan dari makhluk hidup lainnya.
1.      Memiliki klorofil
2.      Sebagai makhluk hidup autotrotof karena dapat membuat makanan sendiri dengan mengubah zat anorganik melalui fotosintesis
Reaksi terhadap rangsangan
1.      Memberikan reaksi yang cepat dan aktif terhadap rangsangan
1.      Reaksi yang diberikan lambat       dan terbatas sehingga pasif.
Pertumbuhan dan perkembangan
1.      Pertumbuhan tedadi pada sampai batas usia tertentu dan secara bersama-sama menyeluruh pada seluruh bagian tubuh.
2.      Mempunyai bentuk tubuh tertentu dengan jumlah bagian tubuh tertentu
3.      Ada yang melakukan pembuhan diluar tubuh dan ada yang didalam tubuh
4.      Jumlah anak terbatas dan memelihara anakma sampai bias mencari makan sendiri
1.      Pertumbuhan terjadi tanpa batas tertentu selama hidupnya pada daerah-daerah tertentu.
2.      Mempunyai cabang dan jumlah      bagian  tubuh yang tidak menentu.
3.      Melakukan pembuahan di dalam alas reproduksi betina.
4.      Jumlah anak tak terbatas dan tidak bias memelihara anaknya.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com