Wednesday, October 26, 2016

Pengertian Aplikasi Software

1. PENGERTIAN SOFWARE 
Sofware adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware (perangkat keras). 
Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang ditulis atau diciptakan oleh programmer yang selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi sebuah kode yang nantinya akan dikenali oleh mesin hardware.
Banyak sekali bahkan hampir sebagian besar masyarakat modern berkecimpung di dunia komputerisasi, namun belum paham betul apa itu  Padahal, sebagai manusia modern yang cerdas, kita sebagai pengguna alat - alat canggih khususnya komputer, perlu sekali belajar dan memahami komponen-€œkomponen serta sistem yang ada pada perangkat keras komputer. Sehingga, kita benar–benar bisa menjadi manusia modern yang cerdas seutuhnya. Maka dari itu, tulisan ini dibuat demi memberikan pemahaman mendasar kepada anda yang hingga saat ini belum benar-€œbenar paham pengertian software aplikasi dan apa kegunaan dari mereka terhadap penggunaan sistem  perangkat komputer. Untuk itu, mari kita simak pembahasan di bawah ini!
Pengertian software aplikasi secara umum yaitu suatu sistem atau program komputer yang memiliki fungsi sebagai fasilitas digital yang membantu penggunanya menyelesaikan tugas atau pekerjaan berupa pengolahan kata, gambar, angka, suara, dan sebagainya. Tidak hanya itu, ia juga memiliki banyak fungsi lain yang terbagi ke dalam banyak bidang atau kategori, seperti hiburan, bisnis, edukasi, dan lain-lain. Selama anda masih menggunakan perangkat komputer, maka secara otomatis anda tidak akan pernah terlepas dari penggunaan software aplikasi dalam aktifitas komputerisasi sehari-€œhari anda.
Supaya lebih mudah dalam memahami pengertian software aplikasi Plimbi juga akan member penjelasan berupa contoh-€œcontoh software aplikasi yang pada umumnya hampir digunakan oleh semua pengguna perangkat komputer, khususnya di Indonesia. Sehingga, diharapkan bisa jauh lebih mudah dipahami dan dicerna oleh Plimbi semua. Namun, untuk ulasan kali ini, Plimnbi hanya mengambil sebagian kecil software-€œsoftware aplikasi yang di kita gunakan sebagai contoh. Software aplikasi yang tersedia di pasar perangkat lunak tanah air saat ini telah berkembang pesat. Hal itu dapat kita lihat dari jenis dan macam - macam software aplikasi yang variatif. Beberapa jenis software aplikasi yang paling laku di pasaran antara lain yaitu software aplikasi bergenre / kategori entertainment, education, business, dan work productivity.

Software aplikasi entertainment, yaitu sebuah aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan hiburan digital para pengguna perangkat komputer atau lainnya, seperti games, music & audio player, video player, movie player, dan lain sebagainya. Contoh produk aplikasi entertainment di antaranya; GOM Player, K-Lite Codec Pack, Counter-Strike Game, Winamp, iTunes, dan masih banyak lagi. Kemudian terdapat pula perangkat lunak aplikasi education, yakni sebuah program komputer atau lainnya yang digunakan untuk memfasilitasi kegiatan dunia pendidikan, baik formal maupun non-formal. Salah satu contoh aplikasi education yang cukup populer di Indonesia adalah Edugames application. Selain itu, ada juga aplikasi translator yang fungsinya untuk menerjemahkan suatu kata atau kalimat dari satu bahasa ke bahasa lainnya.
Beralih ke business application, pengertian software aplikasi genre ini yaitu sebuah perangkat lunak komputer yang dalam penggunaannya dikhususkan untuk menunjang segala aktifitas di bidang bisnis atau usaha. Aplikasi bisnis meliputi program olah data, seperti aplikasi kasir toko, software manajemen keuangan, software manajemen stok barang atau jasa, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat pula aplikasi work productivity, yang merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi serba guna.  

·         Personal Information Manager (PIM). Yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengelola segala informasi yang bersifat interent, seperti schedules, jobs, client list, dairy, dan lain - lain. Contoh dari aplikasi jenis ini diantaranya Computer Organizer, Microsoft Office Outlook, Commence, dan Lotus Organizer.

Manajemen Data. Disebut juga Database Management System (DBMS), di mana ia biasa digunakan untuk melakukan aktifitas pencatatan, manipulasi, serta mengambil suatu data supaya jauh lebih cepat dan tepat. Contohnya ialah Visual Foxpro, Visual Dbase, Microsoft Corporation, Visual Express, Paradox, dan lain sebagainya.
Komunikasi. Pada umumnya merupakan kelompok aplikasi yang digunakan khusus untuk melakukan aktifitas komunikasi antar pengguna aplikasi. Beberapa aplikasi komunikasi yang banyak digunakan yakni Kmail, Perfect Office, Netscape Messenger, OutLook Express, dan sebagainya. [HRS]


2.  FUNGSI SOFTWARE
Dalam peran yang penting dalam berjalannya sistem komputer, tentu memiliki fungsi-fungsi khusus yang dimiliki software. Fungsi-fungsi software tersebut antara lain sebagai berikut..
·         Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung
·         Software berfungsi dalam mengatur berbagai hardware untuk bekerja secara bersama-sama.
·         Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware 
·         Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware. 

3. PEMBAGIAN SOFWARE
Secara garis besar, Software dapat dibedakan menjadi beberapa bagian antara lain sebagai berikut :
a.       Sistem Operasi adalah perangkatl lunak yang mengorganisasikan semua komponen mesin komputer.
Contoh Sistem Operasi
Macintosh, Linux, Unix, Microsft Windows
b.      Program Aplikasi (Siap Pakai) adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Program Aplikasi dibedakan dalam beberapa jenis aplikasi antara lain sebagai berikut :
-          Pengolah kata (word processor), contohnya : Ms. Word, Word Star, Word Perfect
-          Pengolah angka (spread sheet), contohnya : Exel, Lotus, Quattro pro
-          Pengolah data (database), contohnya : Ms. Access, Dbase, Foxpro
-          Pengolah citra (drawing, contohnya : Adobe photoshop, Corel Draw, 3DStudio. 
c.       Program Bantu (Utility) adalah suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi.
Contoh Program Bantu (Utility)
Moxilla firefox,  Anti Virus, Winamp, FLV Player, PC Tools
d.      Bahasa Pemrograman adalah suatu program yang berbentuk assambler compiler atau interpreter.
Contoh Bahasa Pemrograman
ASP, HTML,  Visual Basic, Pascal, Java, Delphi, PHP


4. JENIS - JENIS SOFTWARE
Software dibedakan dalam beberapa macam bagian yang terdiri dari setiap jenis-jenis software berdasarkan dari bentuk, dan fungsinya. Jenis-jenis software antara lain sebagai berikut :
-          Freeware adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa dengan batasan waktu. Freeware umumnya disumbangkan kepada komunitas-komunitas, namun memiliki hak sebagai pengembang dan pengontrol dalam pengembangan aplikasi selanjutnya. Freeware akan memberikan source kode (kode sumbernya) jika pengembang aplikasi berhenti mengembang produk freeware kepada pengembang lain atau mengumumkan freeware tersebut bebas untuk dikembangkan secara bersama-sama.
-          Shareware adalah perangkat lunak uji coba yang diberikan secara gratis dengan keterbatasan fitur-fitur tertentu seperi ketersediaan, fungsi, dan kenyaman yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Shareware merupakan perangkat lunak uji coba yang bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut dan sebagai strategi marketing pengembangan aplikasi Shareware. Shareware disebut juga dengan Trialware.
-          Firmware adalah aplikasi perangkat lunak yang tersimpan di ROM (Read Only Memori). Firmware tidak dapat berubah walau tidak dialiri oleh listrik dan tidak dapat diubah tempat penyimpananya di ROM tetapi dapat dimodifikasi bergantung dari jenis ROM nya seperti EEPROM atau Flash ROM, masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.
-          Commercial Software adalah perangkat lunak untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada pendistribusi, pengembang software, atau kepada rekan pengembang software. Pengguna yang membeli software tersebut tidak dapat menyebarluaskan atau membagikan ulang software secra bebas dan tanpa ijin penerbitnya akan diilegalkan. Contoh software berbayar (commercial software) adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Microsoft Visual Basic NET. Commercial Software dilindungi Undang-Undang Hak Cipta. 
-          Free Software adalah perangkat lunak yang bebas untuk di utak atik baik itu bebas digunakan, disalin, dimodifikasi dan diubah dengan beberapa keharusan yang dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Dalam konsep kebebasan, setiap orang dalam perangkat lunak bebas ini, dapat mengkomersialkan dan mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya, serta dapat menyebarkan luas secara gratis. Istilah free software diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation (organisasi nirlaba dan merupakan sponsor utama dari proyek GNU). Sekarang ini, perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun atau dikembangkan oleh suatu komunitas terbuka. Menurut Richard Stallman mengenai Pengertian Free Software adalah perihal kebebasan, bukan harga. Untuk mengerti konsepnya, Anda harus memikirkan kata 'bebas' seperti dalam "kebebasan berpendapat", bukan bebas' dalam arti "bir gratis".  
-          Open Source Software adalah perangkat lunak yang kode sumbernya untuk diubah, dipelajari, ditingkatkan, dan disebarluaskan karena sifat perangkat lunak sumber terbuka adalah pengembangan oleh suatu komunitas atau kelompok yang terbuka mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka.
-          Malware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem komputer, jejaring komputer tanpa izin dari pemiliknya. Malware disebut sebagai perangkat perusak yang berasal dari kata Malicious dan Software. Istilah virus komputer digunakan sebagai sebutan dalam jenis perangkat perusak. Jenis-jenis perangkat perusak meliputi virus komputer, kuda troya (trojan horse), perangkat iklan (adware), cacing komputer, rootkit, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak jahat lainnya.


5. KELEBIHAN SOFWARE
·         Sangat simple, fleksibel dan ringkas
Keunggulan dan keuntungan pertama menggunakan Sofware adalah kesederhanaan, fleksibilitas dan keringkasannya. Anda bisa membawa kemana pun aplikasi portable menggunakan penyimpanan massal seperti Flash drive, Harddisk eksternal maupun DVD-Rom dan menggunakannya pada berbagai komputer. Tidak perlu menginstal, tidak perlu menunggu proses yang lama. Ini seperti ketika Anda membuka file foto dari Flash drive Anda di sebuah komputer. Anda bisa menutupnya setiap saat.

·         Dapat di copy ke computer
Sama seperti halnya berbagai file lainnya, aplikasi portable juga bisa di copy ke komputer rekan Anda dari penyimpanan massal. Tidak perlu menyimpan di Local Disk C, Anda bisa menyimpannya di partisi manapun selama itu masih berhubungan dengan komputer. Bahkan selain itu, Anda juga tetap bisa membuat file shortcut untuk diletakan pada dekstop seperti halnya aplikasi non portable untuk pengaksesan lebih cepat.

·         Aplikasi portable browser meningkatkan keamanan
Saat ini developer aplikasi web browser banyak merilis aplikasi mereka dalam versi portable. Tentu ini cukup membantu bagi pengguna internet yang tidak ingin kecolongan data-datanya maupun ingin menghindari dari peretasan. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan komputer umum dan Anda bisa melakukan browsing dengan web browser portable agar jejak-jejak pengaksesan tidak dapat dilihat oleh orang lain seperti akun email, jejaring sosial, baik alamat email maupun password atau bahkan history.

·         Ukuran kecil
Anda bisa membandingkan aplikasi Photoshop yang secara umum bisa mencapai ratusan MB. Namun dengan Photoshop Portable ukuran file jauh lebih kecil. Tentu bisa menghemat Harddisk Anda dan tidak akan menguras RAM lebih banyak.


·         Aplikasi portable membuat sistem bersih dari Registry
Perlu diketahui bahwa Registry adalah pengganti berkas-berkas konfigurasi. Apabila ada sebuah software yang sudah diinstal pada sistem operasi Windows, maka secara otomatis program tersebut mencatatkan jejaknya pada sistem registry. Inilah mengapa, pada saat proses uninstall dilakukan sebenarnya penghapusan hanya dilakukan pada sebagian file saja serta bukan menghapus semua file hingga bersih. Berbeda jika Anda menggunakan aplikasi portable, karena tidak akan ada Registry mengganggu. Tidak ada proses uninstall karena Anda hanya cukup melakukan delete seperti menghapus file foto biasa.
  
·         Kekurangan
Tidak seperti program aplikasi konvensional, aplikasi portable umumnya tidak begitu lengkap terutama fitur-fiturnya. Kemungkinan karena ukurannya yang kecil.

·         Tidak semua dapat dijalankan
Biasanya untuk aplikasi berukuran mencapai ratusan MB tidak dapat dijalankan langsung dari perangkat penyimpanan massal.

·         Tidak memiliki plugin

Aplikasi portable tentu tidak dapat dipasang tambahan plugin (program komputer yang dirancang untuk menambah fungsionalitas sebuah program utama). Jadi tentu saja aplikasi portable hanya memiliki fitur utama saja. [ALX]
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 

Blog Info

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com

Histats