Thursday, January 18, 2018

Pengertian Lanjut Usia

Lanjut usia adalah proses yang harus dilalui manusia. Usia tua adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang, yaitu suatu periode dimana seseorang telah beranjak jauh dari periode terdahulu yang lebih menyenangkan atau beranjak dari waktu yang penuh dengan manfaat. Usia 60 biasanya dipandang sebagai garis pemisah antara usia madya dan lanjut usia. Usia 60 sebagai usia pensiun dalam berbagai urusan, sebagai tanda mulainya lanjut usia. Tahap terakhir dalam rentang kehidupan sering dibagi menjadi lanjut usia dini yang berkisar antara usia 60-70 dan lanjut usia yang mulai pada usia 70-akhir kehidupan seseorang. Orang dalam usia 60-an biasanya digolongkan sebagai usia tua yang berarti antara sedikit lebih tua atau setelah madya dan lanjut usia setelah mereka mecapai usia 70, yang menurut standar beberapa kamus berarti makin lanjut usia seseorang dalam periode hidupnya dan telah kehilangan kejayaan masa mudanya. Pada masa ini akan ditandai dengan perubahan fungsi fisik maupun psikologis dan mengalami penurunan fungsi organ. Perubahan tersebut menentukan lanjut usia dapat melakukan penyesuaian diri secara baik atau buruk. 

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa lanjut usia merupakan tahap terakhir atau periode penutup dari rentang kehidupan yang ditandai dengan perubahan pada fisik maupun psikologis. 

1. Usia lanjut merupakan periode kemunduran 
Pemunduran pada lanjut usia sebagian datang dari faktor fisik yang merupakan suatu perubahan pada sel-sel tubuh karena proses penuaan. 

Selain itu, pemunduran lanjut usia juga datang dari faktor psikologis yaitu sikap tidak senang terhadap diri sendiri, orang lain, pekerjaan, dan kehidupan pada umumnya. 

2. Perbedaan Individu Pada Efek Menua 
Orang menjadi tua secara berbeda karena mereka mempunyai sifat bawaan yang berbeda, sosioekonomi dan latar pendidikan yang berbeda dan pola hidup yang berbeda. 

3. Usia tua dinilai dengan kriteria yang berbeda 
Orang yang lanjut usia melakukan segala apa yang dapat mereka sembunyikan atau samarkan yang menyangkut tanda-tanda penuaan fisik dengan memakai pakaian orang muda dan pura-pura mempunyai tenaga muda. Hal ini dilakukan untuk menutupi bahwa mereka belum lanjut usia. 

d. Menua membutuhkan perubahan peran 
Perasaan tidak berguna dan tidak diperlukan lagi bagi lanjut usia menumbuhkan rasa rendah diri. 

4. Penyesuaian yang buruk 
Karena sikap sosial atau perlakuan yang tidak menyenangkan bagi lanjut usia, pembentukan, pengembangan konsep diri yang tidak menyenangkan. 

Tugas Perkembangan Lanjut Usia 
Tugas perkembangan lanjut usia adalah sebagai berikut: 
  • Perbaikan dan perubahan peran 
  • Orangtua diharapkan untuk menyesuaikan diri dengan menurunya kekuatan dan menurunnya kesehatan secara bertahap. 
  • Lanjut usia perlu mempersiapkan dan menyesuaikan diri dengan peristiwa kematian suami atau istri. 
  • Lanjut usia perlu membangun ikatan dengan anggota dari keompok usia mereka untuk menghindari kesepian. 
d. Perubahan-Perubahan yang Terjadi Pada Lanjut Usia 
a. Perubahan Fisik-biologis 
Perubahan fisik pada lanjut usia ditekankan pada penurunan atau berkurangnya fungsi alat indera dan sistem saraf seperti penurunan sel dan cairan intra sel, sistem kardiovaskular, sistem pernafasan, sistem endokrin. Perubahan ini dapat dilihat ketika lanjut usia merada tidak percaya diri ketika berinteraksi dengan lingkungan. 

b. Perubahan Psikis 
Penyesuaian diri lanjut usia sulit karena ketidakinginan untuk berinteraksi dengan lingkungan ataupun pemberian batasan untuk dapat berinteraksi. Keadaan ini tentunya akan berdampak pada masalah kesehatan jiwa lanjut usia.

c. Perubahan sosial
Lanjut usia banyak melepaskan partisipasi sosial mereka. Aktivitas sosial yang banyak pada lanjut usia mempengaruhi baik buruknya kondisi fisik dan sosial lanjut usia.

terimakasih telah membaca Pengertian Lanjut Usia ini semoga bermanfaat.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com