Tuesday, February 19, 2013

Kanker payudara (Carcinoma mammae)


Kanker payudara (Carcinoma mammae) merupakan suatu penyakit yang ganas dan berasal dari kelompok parencgyma. Kanker payudara ini merupakan salah satu jenis tumor ganas yang telah tumbuh dalam jaringan payudara. Sedangkan pengobatan yang tersedia saat ini adalah kemoterapi yang mempunyai efek samping yang cukup banyak, tindakan pengobatan harus dilakukan petugas kesehatan dan jenis obat yang banyak sehingga wanita penderita kanker payudara kurang mampu memahami sepenuhnya tentang pengobatan kemoterapi.
Kemoterapi adalah penggunaan preparat anti neoplasma,sebagai upaya untuk membunuh sel-sel tumor dengan mengganggu fungsi reproduksi seluler.Biasanya kemoterapi dilakukan pada beberapa penyakit kanker  yang spesifik seperti kaker payudara,kanker rahim,kanker paru ,leukemia tetapi  selalu ada laporan baru tentang neoplasma yang sebelumnya tidak dapat diatasi sekarang sensitif terhadap kemoterapi.
Obat kemoterapi digunakan untuk membunuh dan menghambat perkembangan sel kanker payudara. Obat kemoterapi sengat efektif ketika sel-sel sedang membelah, namun obat ini tidak dapat membedakan sel sehat yang sedang membelah seperti folikel rambut yang dapat mengakibatkan efek samping  rambut rontok, sel-sel normal dapat pulih kembali dalam waktu yang singkat, namun sel-sel kanker kanker payudara yang rusak biasanya tidak dapat pulih kembali. (Gale,2000).
Menurut Organisasi (WHO) Pada tahun 2005 penyakit kanker payudara mencapai angka  20% dari seluruh penyakit kanker, setiap tahun penderita kanker payudara bertambah sekitar tujuh juta orang, sedangkan survey terakhir menunjukkan tiap tiga manit ditemukan penderita kanker payudara dan setiap 11 menit ditemukan seorang wanita meninggal akibat kanker payudara. Di Indonesia  kanker payudara menempati angka kejadian tertinggi  kedua dan rata-rata kanker payudara adalah 10 dari 100 ribu wanita. Penderita kanker payudara umumnya wanita, dengan rentang usia paling sering menderita adalah 48 tahun, (Kardinah, 2006)
Dari data Medikal record Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, jumlah pasien yang berobat di Poli Bedah Bagian Onkologi Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan selama bulan Januari sampai Agustus (2010) adalah 421 orang, yang terdiagnosa kanker payudara 320 orang  dan yang dirawat kurang lebih 101 orang penderita yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Dari tingginya angka kejadian tersebut peneliti merasa tertarik untuk meneliti bagaimana pengetahuan wanita penderita kanker payudara  tentang pengobatan kemoterapi.
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.

 
SEO Stats powered by MyPagerank.Net
My Ping in TotalPing.com