Definisi
Operasional
Definisi operasional bertujuan untuk
melihat sejauh mana variasi dari suatu faktor berkaitan dengan variasi dari
faktor lainnya. Dalam penelitian ini ada 2 Variabel yang dikaji yaitu Kepuasan
(x) dan loyalitas sebagai variabel yang dipengaruhi (Y). Berikut dijelaskan
definisi operasinal dan indikatornya :
1. Kepuasan
pelanggan (X), yaitu kepuasan muncul setelah orang menggunakan produk atau jasa
tertentu, penggunaan produk dan jasa itu kemudian menjadi pengalaman untuk
melakukan justifikasi, apakah produk ini memuaskan dan cocok dengan kebutuhan
atau sebaliknya. Indikator kepuasan Menurut pendapat Lovelock yang dikutip
Tjiptono dalam C.S Hutasoit (2011, hal 24), ada beberapa metode untuk
mengevaluasi kepuasan, meliputi :
a. Kenerja
(Performance)
Karekteristik pokok
dari suatu produk dan merupakan kareteristik utama yang dipertimbangkan
konsumen dala membeli suatu produk
b.
Ciri-ciri atau
keistimewaan tambahan (Features)
Dari fungsi dasar,
berkaitan dengan pilihan-pilihan produk dan pengembangannya, yaitu karakteristik
skunder atau pelengkap
c.
Keandalan (Reability)
Kecilnya kemungkinan
suatu barang atau jasa rusak atau gagal fungsi dalam periode waktu tertentu dan
kondisi tertentu
d.
Kesesuaian dengan
spesifikasi (conformance to specification)
Sejauh mana
karekteristik desain dan operasi memenuhi standar yang ditetapkan sebelumny
berdasarkan keinginanan konsumen
e.
Daya tahan (durability)
Berkaitan dengan umur
teknis dan umur produk
f.
Mudah diperbaiki
(serviceability)
Meliputi kecepatan,
kompetensi, kenyamanan, mudah direparasi, serta penanganan keluhan yang
memuaskan
g.
Estetika (aesthetics)
Daya tarik produk
menurut pengindraan konsumen, misalnya model desain dan warna.
2. Loyalitas
pelanggan (Y) adalah kesetiaan pelanggan terhadap menggunakan jasa perusahaan
tertentu yang diekspresikan melaui perhatian maupun sikap untuk mengulang
penggunaan jasa secara berkala. Indikator loyalitas menurut Griffin (2005 hal
31)
a. Melakukan
pembelian produk speedy secara teratur
b. Merekomendasikan
produk speedy
c. Mempertimbangkan
perusahaan sebagai pilihan pertama
d. Membeli
produk perusahaan dimasa mendatang
Indikator
loyalitas diatas dapat dijelaskankan sebagai berikut :
a. Melakukan
pembelian secara teratur
Pelanggan
yang telah melakukan hubungan transaksi dengan perusahaan dan merasa puas
dengan apa yang di proleh akan membentuk hubungan yang erat antara pelanggan
dengan apa yang ia inginkan, sehingga pelanggan tersebut akan melakukan
pembelian secara teratur
b. Membeli
antarlini produk produk dan jasa
Pelanggan
bukan hanya membeli produk satu jenis sesudah yang lainnya, tetapi mereka
membeli aksesoris untuk produk mereka, yang dimana mungkin pelanggan menambah
item-item dari produk yang dibelinya.
c. Merekomendasikan
produk kepada orang lain (refers other)
Pelanggan
yang selalu merekomendasikan produk kepada orang lain adalah aset terbesar bagi
perusahaan, dimna pelanggan ini selain merekomendasikan akan selalu membeli
produk dan merek perusahaan, pelanggan akan menjadi juru bicara yang baik pada
pelanggan lain dan pelanggan akan marah apabila ada orang lain
menjelek-jelekkan merek perusahaan.
d. Menunjukkan
kekebalan terhadap tarikan pesaing
Para
pelanggan menolak untuk mengakui ada jenis-jenis produk lain, mereka yakin
dengan produk yang mereka gunukan saat ini, dan sulit untuk beralih ke produk
yang lain, mereka menggap produk yang digunakan saat ini adalah sudah
benar-benar sesuai dan indah, dan banyak mereka sudah percaya dengan produk
yang saat ini digunakan
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan masukkan saran, komentar saudara, dengan ikhlas saya akan meresponnya.